Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.556 views

MUI-Kominfo Ajak Generasi Milenial Bijak Gunakan Gadget

PALANGKARAYA (voa-islam.com) – Forum Dialog Literasi Media Sosial yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI Pusat) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kota Cantik Palangkaraya menjadi kegiatan ke-11 di tahun 2018 ini.

Mewakili MUI Provinsi Kalimantan Tengah, KH Muhammad Amin Suhaimi, mengajak para peserta untuk ikut aktif berpartisipasi dan mengikuti dengan seksama kegiatan Forum Dialog Literasi pada Sabtu lalu di Swiss-Bel Hotel, Jl. Tjilik Riwut, Palangka Raya.

“Hampir semua orang saat ini berkomunikasi dengan media sosial, perlu peran pemuda untuk mengisi media sosial dengan berbagai hal positif agar kondisi permusuhan, fitnah, adu domba, dan ujaran kebencian dapat dibendung,” kata Kiai Amin, seperti dikutip dari laman MUI Pusat.

Sejalan dengan itu, efek negatif dari sisi kesehatan dan kejiwaan, kata Selamatta Sembiring, sudah menimbulkan kasus anak yang terganggu kejiwaannya di suatu daerah.

Di usia lima tahun, lanjutnya, ketebalan otak hanya 0.5 mm, pada usia 10 tahun ketebalannya 1 mm, jika anak-anak telah terbiasa dengan berinteraksi dengan gadget sejak kecil, otak anak yang tulang tengkoraknya hanya setebal 0.5 mm akan sangat mudah terpapar radiasi dari gadget.

“Terlalu banyak interaksi dengan gadget beresiko terpapar radiasi dan menyebabkan gangguan kesehatan dan jiwa, sudah terbukti dua anak yang mengalami gangguan jiwa di Bondowoso, Jawa Timur,” jelas Selamatta.

Berdasarkan survei, sambungya, beberapa negara barat membatasi penggunaan gadget untuk anak. Penggunaan gadget yang berlebih dapat juga merubah perilaku dan sikap seorang anak.

Selain itu, Wakli Ketua Komisi Infokom MUI Pusat, Hari Usmayadi, merasa prihatin dengan minimnya tingkat litearasi remaja padahal penggunaan media sosial di Indonesia sudah sampai 70%.

“Sifat bijak seseorang anak yang memiliki media sosial dan memiliki gadget tidak seperti generasi-generasi sebelumnya, padahal Indonesia diperdiksi akan mengalami bonus demografi beberapa tahun kedepan,” kata Usma.

Negeri yang kita cintai ini, terang Usma, memiliki dua prediksi yang saling berlawanan, pertama adalah semakin maju dengan kekuatan ekonomi no 5 di dunia atau akan makin terpuruk dengan sebab banyaknya ujaran kebencian dan hoax di media sosial.

“Tahun 2030, Indonesia diperdiksi menjadi raksasa eknomi no 5 di dunia dan ditahun itu pula Indonesia diprediksi akan terbagi menjadi negara-negara kecil,” jelas Usma.

Maju atau malah hancurnya negara yang kita cintai ini adalah tergantung temen-temen generasi millenial, jika kita hanya terfokus pada saling ghibah dan saling hujat, kita akan tertinggal dengan bangsa-bangsa lain.

Namun sebaliknya, jika teman-teman generasi milenial fokus mengembangkan diri pada kemampuan dan bakat masing-masing dan menghindari penggunaan media sosial yang negatif, Indonesia akan menjadi negara besar beberapa tahun mendatang.[fq/voa-islam]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News

Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X