Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.409 views

Lockdown Maksiat dan Perbanyak Taat

 

 

Oleh:

KH Bachtiar Nasir

 

PADA tulisan ini, akan dibahas mengenai tadabbur surah Al-Mu’minun Ayat 76. Ayat ini membicarakan tentang apa yang harus dilakukan ketika sedang turun wabah atau pandemi sebagaimana yang terjadi saat ini.

Allah berfirman:

وَلَقَدْ أَخَذْنَاهُمْ بِالْعَذَابِ فَمَا اسْتَكَانُوا لِرَبِّهِمْ وَمَا يَتَضَرَّعُونَ

“Dan sesungguhnya Kami telah pernah menimpakan azab kepada mereka , maka mereka tidak tunduk kepada Tuhan mereka, dan (juga) tidak memohon (kepada-Nya) dengan merendahkan diri.” (QS. Al-Mu`minun [23]: 76).

Di sini ada dua poin penting. Pertama, saat ditimpa azab, mereka tidak tunduk kepada Allah. Malah bermaksiat kepada-Nya. Perhatikan quote (petikan kata) menarik dari ulama, khususnya Nu’man bin Basyir Radhiyallahu ‘anhu. Kata beliau:

إِنَّ الْهَلَكَةَ كُلَّ الْهَلَكَةِ أَنْ تَعْمَلَ عَمَلَ السَّوْءِ فِي زَمَانِ الْبَلَاءِ

“Sungguh merupakan kehancuran yang dasyat jika kamu melakukan kemaksiatan (kepada Allah) di saat ada bencana.” (R. Ibnu Abi Syaibah)

Kedua, kita bermohon kepada-Nya dengan penuh kehinaan dengan penuh merendahkan diri. Jadi yang harus kita lakukan adalah memperbanyak ketaatan, perbuatan-perbuatan baik mulai dari yang paling penting seperti: menjaga hati dari berbagai macam maksiat khususnya maksiat tersembunyi di dalam hati.

Di antara contoh maksiat tersembunyi yang terkadang tidak kita rasakan adalah pengingkaran terhadap takdir saat terjadi pandemi seperti saat ini yang bersifat global. Apalagi jika takdir itu menimpa diri kita sendiri.

Dalam situasi seperti ini, yang harus kita lakukan pertama kali adalah meridai setiap takdir-takdir Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Apapun itu, walaupun menurut kita ini sangat menyakitkan dan rasanya membawa bencana. Tetapi, yang harus kita lakukan pertama kali adalah meridai semua takdir-takdir Allah Subhanahu Wa Ta'ala sampai kepada bentuk ekspresi.

Jangan sampai ada unsur penentangan terhadap takdir ini. Baik itu dengan kata-kata, apalagi dengan perbuatan yang menantang misalnya banyak di antara kita yang mengatakan: “Saya tidak takut kepada pandemi ini, Saya takut hanya kepada Allah.” Benar tidak salah. Tetapi jangan sampai ada kesombongan di dalam hati saat mengatakan itu dan dalam perilaku juga jangan tunjukkan bahwa kita sedang menentang adanya pandemi ini.

Sebagai contoh, dalam kondisi seperti ini harusnya kita tidak berkumpul dalam bentuk masal atau berkerumun banyak orang. Meskipun itu dalam bentuk ibadah atau bentuk pengajian. Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang memberikan aturan-aturan lewat lisan Rasul-Nya sebagaimana riwayat yang masyur yang sudah kita dengar bahwa:

الطَّاعُونُ آيَةُ الرِّجْزِ، ابْتَلَى الله عَزَّ وَجَلَّ بِهِ نَاسًا مِنْ عِبَادِهِ، فَإِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ، فَلَا تَدْخُلُوا عَلَيْهِ، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا، فَلَا تَفِرُّوا مِنْهُ

“Tha'un (penyakit menular atau wabah) adalah suatu peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya." Dan Hadits Qutaibah seperti itu juga.” (HR. Muslim).

Jadi, ketika kita berada di wilayah pandemic, jangan keluar lari dari wilayah itu dan yang masih di luar Jangan pula masuk. Tentu ini kaitan tentang isolasi. Begitu juga bahwa ketika kita berada di wilayah pandemi. 

Dalam sejarah, disebutkan bahwa para sahabat yang bertakwa juga wafat gara-gara terdampak wabah. Bahkan diriwayatkan di antaranya Panglima Besar Islam yaitu Abu Ubaidah Al-Jarrah. Beliau pada akhirnya wafat terserang sakit akibat pandemi dan meninggal dunia di Syam.

Karena itulah, kita tidak bisa mengatakan bahwa kalau ada orang wafat akibat pandemi berarti bermaksiat. Sebagai mana para sahabat yang wafat pada saat itu dan sebagaimana ketika Bilal bin Rabah bersama Abu Bakar juga terserang pandemi demam di Madinah ketika berhijrah pada saat itu.

Oleh karena itu, jangan terlalu cepat menyimpulkan dan bukan kemudian kalau ada orang yang sehat berarti dia baik belum tentu Allah punya cara dalam menyiksa orang-orang yang sombong. Biasanya diberikan kesempatan dengan semua kesombongannya tapi puncaknya dia akan dibuat putus asa oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Jadi, di saat seperti –berdasarkan inspirasi ayat di atas—yang perlu dilakukan terutama saat pandemi adalah tunduk kepada Allah, merendahkan diri kepada-Nya, lockdown maksiat, jangan sombong dan perbanyak berbuat taat.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X