Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.983 views

PERSIS Apresiasi Hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI Ke-VII

JAKARTA (voa-islam.com) - Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PERSIS) menghadiri acara Ijtima Ulama ke VII Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Indonesia pada Selasa (9/11/21) sampai Kamis (11/11/21) di Hotel Sultan, Jakarta.

Acara yang bertema “Optimalisasi Fatwa untuk Kemaslahatan Bangsa” ini digelar secara hybrid.

Sekum PP PERSIS Dr. Haris Muslim yang didampingi oleh Anggota Dewan Hisbah PP PERSIS KH. Amin Muchtar turut hadir dari awal acara hingga penutupan acara tersebut memberikan apresiasi dan respons positif terhadap agenda besar MUI ini.

“Bagaimanapun, MUI merupakan rumah besar bagi umat Islam Indonesia, yang di dalamnya bergabung ormas-ormas Islam, alim ulama, dan unsur akademisi. Tentunya, apa yang dihasilkan MUI mempunyai legitimasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan, misalnya, ijtihad-ijtihad yang dilakukan lembaga-lembaga tersendiri,” hal ini dikatakan Dr. Haris Muslim pada Kamis (11/10).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, di dalam momen seperti ini, kehadiran PERSIS sebagai ormas besar di Indonesia menjadi keniscayaan. PERSIS mengirimkan setidaknya enam orang perwakilan.

Selain Sekum PERSIS Ustaz Haris yang hadir secara offline, ada pula Ustaz Amin Muchtar yang duduk di Komisi Fatwa dan Ustaz Jeje Zaenudin yang masuk unsur pimpinan MUI sebagai penyelenggara. Tiga utusan lagi hadir secara online.

“Di samping itu, banyak pula dari unsur MUI daerah yang berasal dari PERSIS. Seperti, dua perwakilan dari MUI Bali yang berasal dari PERSIS. Artinya, keterlibatan PERSIS cukup signifikan dan insyaallah keikutsertaannya dapat menjadi sumbangsing dan menambah nilai acara ini,” lanjutnya.

Diisinggung mengenai hasil dari Ijtima’ Ulama Ketujuh ini, Dr. Haris menyebutkan bahwa secara umum, spiritnya sama dengan PERSIS.

Menurutnya, masalah yang yang dibahas di sini, apabila diterapkan mengunakan metodologi yang selama ini dipergunakan oleh PERSIS, tidak ada perbedaan.

Adapun jika ada masalah yang belum dibahas dan diputuskan Dewan Hisbah PERSIS, Dr. Haris menyebutkan, sebetulnya bisa berpegang pada fatwa MUI ini, dan akan lebih kuat apabila hasil fatwa ini dibawa ke Dewan Hisbah untuk dikaji lagi. Sehingga, akan mempunyai legitimasi lebih kuat secara jamiyyah, karena dihasilkan melalui sidang Dewan Hisbah.

“Persis mengapresiasi hasil ijtima, tidak menutup kemungkinan akan dikaji lebih dalam di internal Dewan Hisbah, mudah-mudahan hasilnya dapat menguatkan. Walaupun, tidak menutup kemungkinan hasilnya akan berbeda,” pungkas Sekretaris Umum PP PERSIS Dr. Haris Muslim Lc. MA. [ril/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X