Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.866 views

Rakornas Salimah 2022 Serukan Budaya Hidup Halal dalam Keluarga

JAKARTA (voa-islam.com)--Ketua Umum Ormas Persaudaraan Muslimah (Salimah), Etty Pratiknyowati, menyerukan kepada lebih dari dua juta anggota Salimah untuk melaksanakan budaya hidup halal dalam keluarga. Hal ini diungkapkan Etty dalam sambutannya ketika membuka Rapat Koordinasi Nasional Salimah hari ini, Sabtu (12/3).

Rakornas Salimah yang diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu dan Ahad, tanggal 12 dan 13 Maret 2022 dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Youtube Persaudaraan Muslimah.

Sedikitnya 370 pengurus Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah di 34 provinsi Indonesia dan 1 Perwakilan Salimah Luar Negeri (PSLN) di Taiwan mengikuti acara yang digelar setiap tahun ini. Selain pengurus, acara dihadiri pula oleh undangan dari Bank Indonesia, BAZNAS, Pegadaian Syariah, KOWANI, BMIWI, DPSP, dan berbagai organisasi mitra Salimah.

Seruan Ketua Umum Salimah sejalan dengan tema yang diusung dalam rakornas kali ini, yaitu Membangun Budaya Halal dalam Keluarga Indonesia.

"Rakornas yang mengangkat tema Membangun Budaya Halal dalam Keluarga Indonesia merupakan salah satu upaya menjadikan halal sebagai budaya yang akan dilaksanakan oleh lebih dari 2 juta anggota Salimah. Salimah berharap seluruh perempuan Indonesia memperhatikan dan memiliki kesadaran untuk menuntut ilmu, mengonsumsi makanan halal dan baik, serta membangun lingkungan yang kondusif bagi terciptanya budaya halal," demikian disampaikan Etty dalam sambutannya.

Menurutnya, upaya Salimah bekerjasama dengan mitra dalam membangun budaya halal merupakan upaya yang kontributif bagi kebaikan dan keberkahan negeri. Diharapkan rakornas berjalan dengan baik dan menjadikan Salimah sebagai motor penggerak atau pelopor bagi organisasi untuk sama-sama berperan aktif demi kemajuan bangsa. 

Rakornas Salimah dibuka secara resmi oleh Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Arief Hartawan. 

Dalam keynote speechnya, Arief menyampaikan tiga pesan penting terkait implementasi budaya halal. Pertama peran literasi dan edukasi ekonomi syariah, kedua pentingnya penguatan sektor pendidikan dan peran keluarga dalam mendorong budaya halal, dan ketiga strategi kolaborasi dan sinergi. 

Menurutnya, Salimah yang memiliki lebih dari 2 juta anggota memiliki peran penting dalam meningkatkan pengetahuan ekonomi dan keuangan syariah pada masyarakat Indonesia. Karena itu, acara rakornas ini diharapkan menjadi pemicu semangat dalam upaya menjadikan penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui sektor pendidikan dan penguatan peran keluarga, khususnya dalam mendorong lifestyle halal dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

"Kami berharap rakornas ini dapat mendorong terciptanya kerangka kebijakan beserta rencana implementasi yang konkret dan didukung oleh seluruh anggota organisasi serta seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mengakselerasi pengembangan ekonomi keuangan syariah sebagai sumber pertumbuhan pemulihan ekonomi nasional," papar Arief. 

Dalam rakornas Salimah dilaksanakan pula talkshow Membangun Budaya Halal dalam Keluarga. Talkshow menghadirkan 4 pembicara, yaitu Etty Praktiknyowati (Ketua Umum Salimah & Praktisi Ekonomi), Hendratmo (Profesional & Praktisi Ekonomi Syariah Pegadaian Syariah Pusat), Muhammad Hasbi Zaenal (Direktur Kajian dan Pengembangan ZIS-DSKL, Baznas), dan Anna Setyawati (Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, Bank Indonesia). 

Saat ini Salimah telah memiliki struktur kepengirusan 34 PW, 371 PD, 1745 PC, 603 PRa, dan 1 perwakilan luar negeri di Taiwan. Ormas perempuan ini memiliki visi menjadi ormas pelopor untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak, dan keluarga Indonesia.*[Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X