Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.674 views

Shaum Yang Begitu Indah Bagi Kehidupan

Depok (voa-islam.com) Al-Qur’an menyatakan: “kutiba ‘alaikumushiyam” Telah diwajibkan atas kamu berpuasa. Para ahli tafsir menyatakan berdasarkan ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa berpuasa itu diwajibkan bagi setiap bagian tubuh.

Allah berfirman,

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (Al-A’raf: 179)

Dengan demikian makna puasa lidah adalah menjauhi kebohongan. Berkata yang baik atau diam. “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya berkata baik atau diam”. Demikian hadits Rasulullah SAW.

Pilihan pertama adalah: “fal yakul khairan” “Berkata baik” semua kata yang terucap didasari niat yang baik, cara yang baik (kalimat yang baik) dan tujuannya adalah mencari kebenaran.

Al-haqqu min robbika. Kebenaran (yang haq) itu berasal dari Rabbmu. “Fala takunana minal mumtarin” Maka janganlah engkau termasuk orang-orang yang ragu.” Berapa banyak di antara kita ketika berbicara menggunakan lidah yang dikaruniakan Allah kepada kita berdasarkan “Syahwatul kalam”, nuansanya tidak lagi mencari kebenaran melainkan kemenangan pendapat.

Kita bisa melihat dalam acara debat, dalam acara kampanye, dalam urusan bisnis, dalam masalah poligami, dalam masalah kenegaraan juga dalam masalah rumah tangga.

Mari dalam masalah apapun, gunakan lidah kita dengan nuansa shaum, yaitu mengembalikan semua potensi berkata-kata untuk mengajak manusia pada al-haq. Sebagaimana para rasul diutus oleh Allah SWT. Mengajak manusia kembali ke jalan Allah.

Makna puasa telinga berarti tidak mendengarkan hal-hal yang maksiat. Bagi muslimah suara adalah aurat. Kenapa sampai seperti itu. Banyak di sekitar kita laki-laki yang memiliki penyakit hati.

Janganlah karena kita tidak bisa mengatur nada suara, mengatur irama kesedihan sehingga kita curahkan dan akhirnya membuat telinga orang yang mendengarkan suara kita menjadi sumber maksiat. Lebih baik menghindari mudhorot daripada mencari manfaat.

Berhati-hatilah bahkan di tempat-tempat yang mulia, di tempat orang yang sholeh sedang berda’wah pun bila seorang muslimah tidak pandai menjaga hatinya setiap alunan da’wah yang mengandung kebenaran bisa berubah menjadi alunan setan dalam bentuk kekaguman, keterpesonaan.

Berawal pada suasana diskusi, konsultasi, terdengar oleh telinga kita bagai sesuatu yang mempesona. Mulailah bergeser fungsi telinga kita yang seharusnya mendengarkan kalimat-kalimat yang haq bergeser secara halus perlahan dan pasti memasuki hati menjadi penggoda hati.

Waspadalah dengan telinga dan berbagai berita atau ilmu atau sekalipun berada dalam nuansa kemuliaan atau di masjid atau di mimbar-mimbar da’wah, dsb. Tetap jagalah hati agar telinga selamat di akhirat.

Puasa mata berarti tidak melihat semua bentuk kemaksiatan atau dosa. “Pandangan pertama adalah rahmat, pandangan kedua laknat, dan pandangan ketiga berasal dari iblis atau setan”.

Wahai muslimah yang sholihah kita harus sadar, menjaga pandangan hanya bisa berhasil dilaksanakan oleh orang-orang yang kuat imannya. Mungkin kita sebagai muslimah yang berhijab mampu mengamalkan hal itu.

Tapi dapatkah kehadiran kita yang kadang penuh pesona, bisa membuat semua laki-laki yang melintas di sekitar kita menundukkan pandangan.

Berkacalah, kenapa? Dari ujung rambut sampai ujung kaki sesungguhnya seorang muslimah sangat menarik. Dia pandai menundukkan mata, tapi dia tidak pandai menjaga tampilannya agar membuat orang lain yang bukan muhrim agar juga menundukkan pandangannya.

Jaga tampilanmu di ruang-ruang terbuka. Jangan sampai busana muslimah yang kita gunakan justru membuat kita menjadi semakin menarik dan indah dipandang sehingga membuat orang lain akhirnya terperangkat pada pesona mata.

Kita bisa lihat betapa banyaknya foto-foto wanita cantik tersebar dimana-mana, sekalipun berjilbab, tapi tetap senyum cantik mempesona. Doakanlah agar setiap laki-laki yang memandang, barangkali suami kita tetap istiqomah dalam keimanannya.

Puasa diri berarti membebaskan diri dari hawa nafsu. Ingatlah sesungguhnya hawa nafsu itu selalu mengajak kepada kebinasaan. Dalam bulan Ramadhan, suami istri yang sah saja tetap dilatih mengendalikan hawa nafsunya di siang hari.

Allah mendidik kita mengendalikan diri terhadap sesuatu yang dihalalkan. Apalagi terhadap yang jelas-jelas keharamannya. Janganlah kita termasuk orang-orang yang tunduk patuh pada perintah hawa nafsu.

Jangan kita seperti orang-orang yang mempertuhankan hawa nafsunya. Nafsu itu bermacam-macam. Ada nafsul muthmainnah, nafsul lawamah. Nafsul muthmainnah itulah yang harus kita ikuti, yaitu semua keinginan untuk melakukan fastabiqul khoirat (berlomba-lomba dalam kebaikan).

Puasa hati berarti membuang kecintaan terhadap benda-benda dunia. Yakinlah apapun yang kita miliki saat ini akan binasa. Tubuh kita akan kembali menjadi tanah. Benda apapun yang kita miliki tidak akan dibawa mati. Bayangkan indahnya keabadian surga.

Berpikirlah, bagaimana kita akan mendirikan bangunan di surga. Sebagaimana doa Siti Asiah, pasangan Fir’aun dalam doanya: “Ya Rabbi, dirikan untukku sebuah rumah disisimu di surga, dan lindungi aku dari kezholiman Fir’aun”

Itulah hakikat kecintaan terhadap dunia. Siti Asiah pasangan Fir’aun sadar bahwa istananya yang megah di tepi sungai nil adalah fana, yang abadi adalah surga-Nya.

Puasa pikiran berarti menjauhkan pikiran dari selain Allah. Adapun orang-orang yang beriman, mereka mengingat Allah baik dalam keadaan berdiri, duduk atau berbaring.

Allah sangat senang dengan dzikir kita. Bila dalam keadaan senang kita selalu ingat kepada Allah. Insya Allah bila kita dalam keadaan susah, dalam keadaan musibah, Allah akan ingat kita dan selalu memberi pertolongan kepada kita.

Wahai muslimah yang sholihah, jadikan shaum kita indah di mata Allah. Amin ya Robbal ‘alamin. Ratna Mulyana

Depok, 10 Juli 2013

1 Ramadhan 1434 H

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Wakil Pemimpin Hamas Sebut Kelompoknya Belum Gunakan 'Aset Utama' Untuk Melawan Agresi Israel

Wakil Pemimpin Hamas Sebut Kelompoknya Belum Gunakan 'Aset Utama' Untuk Melawan Agresi Israel

Kamis, 13 May 2021 18:15

Jet Tempur Israel Bom Kantor Kelompok Bantuan Kemanusiaan Turki Di Gaza

Jet Tempur Israel Bom Kantor Kelompok Bantuan Kemanusiaan Turki Di Gaza

Kamis, 13 May 2021 17:45

Polisi Prancis Bubarkan Demonstrasi Untuk Mendukung Palestina Di Paris

Polisi Prancis Bubarkan Demonstrasi Untuk Mendukung Palestina Di Paris

Kamis, 13 May 2021 17:21

Euforia Ramadhan vs Lebaran

Euforia Ramadhan vs Lebaran

Kamis, 13 May 2021 10:19

Jadi Panitia Zakat Fitrah, PD PII Kabupaten Bekasi Dapat Apresiasi

Jadi Panitia Zakat Fitrah, PD PII Kabupaten Bekasi Dapat Apresiasi

Kamis, 13 May 2021 10:09

Taliban Rebut Distrik Utama Di Provinsi Wardak Dari Pasukan Afghanistan

Taliban Rebut Distrik Utama Di Provinsi Wardak Dari Pasukan Afghanistan

Rabu, 12 May 2021 21:25

Kelompok Perlawanan Palestina Tembakan 1000 Lebih Roket Sebagai Tanggapan Agresi Israel Di Gaza

Kelompok Perlawanan Palestina Tembakan 1000 Lebih Roket Sebagai Tanggapan Agresi Israel Di Gaza

Rabu, 12 May 2021 21:10

48 Orang, 14 Di Antaranya Anak-anak Tewas Akibat Serangan Israel Yang Sedang Berlangsung Di Gaza

48 Orang, 14 Di Antaranya Anak-anak Tewas Akibat Serangan Israel Yang Sedang Berlangsung Di Gaza

Rabu, 12 May 2021 20:46

Menimbang Kepekaan Sosial antara Larangan Mudik Vs Masuknya WN China

Menimbang Kepekaan Sosial antara Larangan Mudik Vs Masuknya WN China

Rabu, 12 May 2021 20:34

Rakyat Resah dan Gelisah Soal TKA Cina

Rakyat Resah dan Gelisah Soal TKA Cina

Rabu, 12 May 2021 18:32

Khutbah Idul Fitri: Lebaran dengan Covid-19

Khutbah Idul Fitri: Lebaran dengan Covid-19

Rabu, 12 May 2021 18:28

Fahri Hamzah Menyeru Presiden Bantu Hentikan Agresi Israel terhadap Rakyat Palestina

Fahri Hamzah Menyeru Presiden Bantu Hentikan Agresi Israel terhadap Rakyat Palestina

Rabu, 12 May 2021 18:18

KIBBM: Penyerangan Zionis Israel kepada Masjid Al-Aqsha Mencoreng Perdamaian Dunia

KIBBM: Penyerangan Zionis Israel kepada Masjid Al-Aqsha Mencoreng Perdamaian Dunia

Rabu, 12 May 2021 18:01

Putusan MA Bak Oase di Tengah Kering-Kerontangnya Rasa Keadilan

Putusan MA Bak Oase di Tengah Kering-Kerontangnya Rasa Keadilan

Rabu, 12 May 2021 16:30

Catatan 100 Hari Kapolri: Minim Perbaikan dan Melanggengkan Kekerasan

Catatan 100 Hari Kapolri: Minim Perbaikan dan Melanggengkan Kekerasan

Rabu, 12 May 2021 15:12

Mathla’ul Anwar Berduka Atas Wafatnya KH Tengku Zulkarnaen

Mathla’ul Anwar Berduka Atas Wafatnya KH Tengku Zulkarnaen

Rabu, 12 May 2021 15:00

Mudik Bukan Pergerakan Teroris Tapi Kebahagiaan Rakyat

Mudik Bukan Pergerakan Teroris Tapi Kebahagiaan Rakyat

Rabu, 12 May 2021 12:36

Tes Wawasan Kebangsaan dan Pelemahan Pemberantasan Korupsi

Tes Wawasan Kebangsaan dan Pelemahan Pemberantasan Korupsi

Rabu, 12 May 2021 12:09

Tatkala Jalan Tikus pun Ditutup

Tatkala Jalan Tikus pun Ditutup

Rabu, 12 May 2021 11:26

Pelajar Kabupaten Bekasi Berbagi 50 Paket Sembako

Pelajar Kabupaten Bekasi Berbagi 50 Paket Sembako

Rabu, 12 May 2021 10:38


MUI

Must Read!
X