Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.494 views

Voa-Islamic Parenting (15): Anak adalah Cermin Diri

“Saya heran, anak saya yang kedua itu pelitnya setengah ampun. Bila memunyai sesuatu, dia nggak mau bagi-bagi dengan kakak dan adiknya. Sudah saya nasehati tapi tetap saja, sulit sekali berubah.”

“Duh...saya sedih sekali, anak saya itu sekali mengambil barang milik orang lain terutama uang temannya. Saya sudah nasehati, bahkan menghukumnya juga. Itu kan perbuatan mencuri. Malu sekali rasanya, padahal tidak ada yang menjadi maling loh di keluarga kami.”“Anak saya itu sangat malas membaca. Capek saya menyuruhnya membaca. Pelajaran sekarang kan makin sulit, maunya mainan aja. Kalau nggak gitu tidur, nonton TV atau sibuk sama HP. Gimana sih membuat anak saya itu berubah?”

Bunda, ketiga ilustrasi di atas adalah sedikit dari curhatan ibu-ibu yang pernah saya terima. Sebagaimana judul tulisan ini ‘Anak adalah Cermin Diri’, adakalanya orang tua lupa bahwa perilaku anak adalah mengimitasi atau meniru perilaku lingkungannya. Dan lingkungan terdekat anak adalah orang tua.

Sering sekali orang tua susah untuk mengakui bahwa karakter negatif anak yang menurutnya buruk itu adalah meniru orang tuanya. Ketika nasehat, perintah, larangan, bahkan hukuman sudah tak mempan diberikan, cobalah berintrospeksi.

Sering sekali orang tua susah untuk mengakui bahwa karakter negatif anak yang menurutnya buruk itu adalah meniru orang tuanya. Ketika nasehat, perintah, larangan, bahkan hukuman sudah tak mempan diberikan, cobalah berintrospeksi. Lihatlah ke dalam diri mengapa anak berperilakuk demikian.

Bisa jadi, orang tua pernah makan sesuatu tanpa menawarkan ke anak. Atau mungkin, bahkan tega makan sesuatu menunggu anaknya lengah yaitu ketika tidur, bermain atau sekolah agar tak perlu membaginya dengan mereka. Jangan salah, ada tipe orang tua yang seperti ini. Ia merasa kenikmatannya dalam menikmati makanan kesukaannya akan terganggu bila harus berbagi dengan anak. Maka, ia pun mengambil momen dengan sembunyi-sembunyi di saat anak dianggapnya tidak tahu.

Begitu juga ketika anak suka mengambil milik orang lain khususnya uang. Si ibu lupa bahwa dia pernah melakukan hal demikian ketika suami sedang tidak di rumah. Dengan diam-diam ia berusaha mengambil uang di dompet suami yang ketinggalan.

Anak yang malas membaca akan mencontoh siapa bila bukan orang tuanya sendiri. Orang tua main perintah ke anak agar rajin membaca, padahal di saat yang sama mereka sendiri memilih duduk ngobrol nggak penting. Salah-salah malah menggunjing. Bila tidak begitu, orang tua sendiri memilih duduk manis di depan TV atau tiduran sambil malas-malasan.

Bunda, semua perilaku di atas tanpa sadar dilakukan oleh orang tua yang mengeluhkan perilaku buruk anaknya tadi. Jangan sampai buruk muka cermin dibelah. Dalam hal ini, kelakuan sendiri yang buruk dan itu ditiru oleh anak, beban kesalahan pun ditimpakan pada si anak saja. Orang tua lupa bahwa apapun kondisi anak, itu adalah cermin diri mereka. Seharusnya orang tua menjadi sadar diri bahwa ada yang salah dalam perilaku mereka yang itu akhirnya ditiru oleh si anak.

Mudah sebetulnya untuk mengubah perilaku anak di usia yang masih dini. Ubah dulu perilaku orang tua, maka anak akan mengikutinya. Mengeluh dan menyalahkan anak tidak memberi solusi, bahkan mengakibatkan anak rendah diri karena menjadi pihak yang selalu disalahkan. Selain nasihat yang terus diberikan tanpa nada menggurui, orang tua harus punya niat dan itikad baik untuk mengubah diri menjadi lebih baik pula. Langkah ini harus segera diambil sebelum akhirnya perilaku buruk ini menjadi karakter anak yang itu semua sebetulnya mencontoh dari oang tuanya.

Tentu tak ada orang tua yang ingin melihat anaknya kelak tumbuh menjadi pribadi yang pelit berbagi, menjadi pencuri dan juga malas membaca kan? Wallahu alam. (riafariana)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X