Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
76.592 views

Wahai Para Ukhti, Cinta Sejati Ternyata Tak Cuma Sekali

Sahabat Muslimah VOA-Islam yang Shalihah...

Cinta tidak cuma sekali, tapi bisa dua kali, tiga kali, empat kali atau berkali-kali. Sering kita mendengar kata-kata sok romantis berisi: kita hidup sekali, mati sekali, dan memunyai cinta sejati pun juga sekali.

Ya...kita memang dibesarkan dalam lingkungan yang gemar sekali hidup bertaburkan roman picisan ala putri dalam dongeng. Novel-novel pun juga berisi tentang kisah cinta sejati yang seolah-olah cuma dia yang ditakdirkan untuk hidup bersama. Rasanya cuma dia yang bisa mencintai dan dicintai dengan begitu dalam dan tulus. Tak mungkin ada seseorang yang  bisa menggantikannya, baik untuk dicintai maupun mencintai dengan sepenuh hati. Bila sosok ini pergi atau mati, maka cinta sejati itu ikut terkubur bersama jasad sang kekasih hati.

Benarkah begitu adanya? Ternyata semua teori tentang roman sehidup semati itu tak berlaku dalam Islam. Paling tidak Ummu Salamah membuktikannya sendiri. Bukan hanya satu cinta sejati yang hadir dalam hidupnya, tapi dua!

Ummu Salamah menikah dengan Abdullah bin Abdul As’ad atau yang biasa dipanggil dengan Abu Salamah adalah laki-laki yang memberinya keturunan. Dia adalah ayah dari anak yang dilahirkan oleh Umm Salamah. Mereka berdua adalah generasi awal yang menerima Islam dan berhijrah ke Abyssinia atau Ethiopia. Meskipun pada kesempatan hijrah berikutnya ke Madinah mereka terpaksa harus berpisah, tapi itu tak mengurangi rasa cinta yang begitu kuat dan dalam pada diri kedua insan ini untuk kembali bersatu. Hingga akhirnya maut juga yang memisahkan keduanya ketika Abu Salamah meninggal akibat luka yang didapatnya di medan jihad.

Di pembaringannya menjelang sakratul maut, Ummu Salamah dengan berurai airmata berkata pada suaminya, “Ketika seorang suami meninggal dan masuk surga, kemudian istrinya pun meninggal tanpa pernah menikah lagi, Allah akan menyatukan keduanya di surga. Aku berjanji aku tak akan pernah menikah lagi setelahmu!”

Dengan tenang, Abu Salamah bertanya, “Istriku, maukah kamu memenuhi permintaanku, apapun itu adanya?”

Mendengar itu, sebagai istri yang patuh pada suami Ummu Salamah menjawab tanpa ragu, “Tentu saja!”

Abu Salamah memandang istrinya dengan penuh cinta dan berkata, “ Berjanjilah padaku, saat aku mati nanti kamu akan menikah lagi.”

Jelas Ummu Salamah kaget dengan perkataan yang tak diduganya ini. Belum pulih dari keterkejutannya, Abu Salamah telah memanjatkan doa dan memohon pada Allah dengan kata-kata indah ini, “Ya Allah, anugerahilah Umm Salamah suami yang jauh lebih baik daripada saya.”

Tak lama kemudian, maut benar-benar menjemput Abu Salamah. Selama masa iddah, Ummu Salamah tak kuasa menghentikan perasaan duka yang teramat dalam karena kehilangan suami yang dicinta. Betapa kenangan akan kelembutannya, kebaikannya, keberanian dan kesabarannya semakin membuat Ummu Salamah susah melupakan Abu Salamah.

Terlebih ketika Ummu Salamah menimang bayi yang baru dilahirkannya, hatinya makin pilu ketika menyadari bahwa laki-laki yang dicintainya itu tak memunyai kesempatan untuk membesarkan buah cinta mereka. Mana ada laki-laki selain suaminya itu yang akan mau menikah dengan dirinya dan mencintai anak yang bukan anak kandungnya sendiri? Ingatannya melayang kepada ucapan Abu Salamah menjelang kematiannya. “Siapakah laki-laki yang lebih baik dari Abu Salamah?” batinnya pilu.

Jawaban dari pertanyaan ini datang tak lama kemudian yaitu setelah masa iddahnya selesai seiring dengan lahirnya Zainab. Laki-laki yang lebih baik daripada Abu Salamah, atau suaminya itu adalah Rasulullah SAW. Laki-laki mulia ini datang pada Ummu Salamah dengan niat ingin melamarnya.

Setengah tak percaya, Ummu Salamah menjawab, “Aku adalah perempuan yang sudah tua dan memunyai anak dari suamiku terdahulu. Lagipula aku ini adalah perempuan pencemburu.”

Dengan perangainya yang lemah lembut, Rasulullah SAW pun menjawab, “Aku ini lebih tua daripada kamu. Allah yang akan menghilangkan cemburu dari hatimu. Dan aku akan membesarkan serta mencintai anak-anakmu sebagaimana aku memperlakukan anak-anakku sendiri.”

Keraguan di hati Ummu Salamah serta rasa duka yang tersisa sejak kepergian suaminya terdahulu langsung sirna. Yang ada sekarang hanyalah perasaan tenang dan damai karena ternyata laki-laki mulia ini yang melamarnya untuk menikahinya.

Doa Abu Salamah telah dikabulkan oleh Allah dan sekali lagi Umm Salamah bisa merasakan indahnya cinta sejati untuk yang kedua kali. Masya Allah!

Ukhti yang dirahmati oleh Allah, di luar sana banyak sekali laki-laki dan perempuan yang jatuh cinta kemudian terpuruk ketika sang kekasih meninggalkannya. Kepergian itu entah berupa kematian, perceraian, atau mungkin berupa ujian tertentu yang tak pernah disangka-sangka sebelumnya. Luka yang dirasakan seolah begitu besar dan tak tertanggungkan. Bahkan tak jarang, mereka merasa tak akan mungkin bisa jatuh cinta lagi sebagaimana mereka jatuh cinta sebelumnya.

Allah yang meletakkan cinta di hati kita untuk seseorang maka Allah pula yang akan dengan mudah mengobati luka itu. Allah yang akan menggantinya dengan cinta suci lainnya – cinta suci dari seseorang yang keberadaannya tidak untuk menggantikan dia yang telah pergi

Yakinlah, konsep dan pengetahuan kita tentang cinta sangatlah terbatas. Ada Allah Yang Mahapencinta memunyai kuasa di atas segalanya.

Nabi bersabda:

“Sungguh, hati anak-anak Adam itu ada di antara dua jari Yang Mahapengasih sebagai satu kesatuan. Dia mempersatukannya kapan pun dikehendakiNya.” (HR. Muslim 2654).

Allah yang meletakkan cinta di hati kita untuk seseorang maka Allah pula yang akan dengan mudah mengobati luka itu. Allah yang akan menggantinya dengan cinta suci lainnya – cinta suci dari seseorang yang keberadaannya tidak untuk menggantikan dia yang telah pergi. Tapi cinta suci yang hadir dan memesona hati kita dengan caranya sendiri yang berbeda. Karena sesungguhnya tak ada cinta yang benar-benar sama, yang ada hanyalah cinta sejati yang bisa saja mengetuk hati kita tak cuma sekali. Maka janganlah bersedih ketika cinta yang lalu pergi dan mungkin saja menoreh luka di hati. Akan datang cinta lain yang jauh lebih baik dan mampu membawamu ke surgaNya. Insya Allah. # Bersambung # (disadur dari tulisan Zainab bint Yunus)

[riafariana/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Pejabat Hamas: Hubungan Dunia Maya Israel-Arab Akan Jadi Bencana Bagi Timur Tengah

Pejabat Hamas: Hubungan Dunia Maya Israel-Arab Akan Jadi Bencana Bagi Timur Tengah

Kamis, 02 Feb 2023 16:14

MUI: Politik Praktis Enggak Jelek, Kita Tak Bisa Hindari

MUI: Politik Praktis Enggak Jelek, Kita Tak Bisa Hindari

Kamis, 02 Feb 2023 14:35

Ukraina Tenggelamkan Lima Kapal Rusia Yang Membawa Tim Pengintai Dan Sabotase

Ukraina Tenggelamkan Lima Kapal Rusia Yang Membawa Tim Pengintai Dan Sabotase

Kamis, 02 Feb 2023 12:37

Israel Lakukan 700 Serangan Terhadap Warga Palestina Pada Bulan Januari

Israel Lakukan 700 Serangan Terhadap Warga Palestina Pada Bulan Januari

Kamis, 02 Feb 2023 11:45

Dokumen Inggris Ungkap Bush Perintahkan CIA Untuk 'Mengganti' Arafat Selama Intifada Ked

Dokumen Inggris Ungkap Bush Perintahkan CIA Untuk 'Mengganti' Arafat Selama Intifada Ked

Kamis, 02 Feb 2023 10:42

Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Rabu, 01 Feb 2023 16:03

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Rabu, 01 Feb 2023 13:36

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Rabu, 01 Feb 2023 10:25

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 31 Jan 2023 18:00

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

Selasa, 31 Jan 2023 17:13

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Selasa, 31 Jan 2023 15:30

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Selasa, 31 Jan 2023 15:00

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Selasa, 31 Jan 2023 14:46

Adab Saat Menguap

Adab Saat Menguap

Selasa, 31 Jan 2023 13:00

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Selasa, 31 Jan 2023 12:55

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Selasa, 31 Jan 2023 12:05

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

Selasa, 31 Jan 2023 11:00

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

Selasa, 31 Jan 2023 10:05

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Selasa, 31 Jan 2023 09:13

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Senin, 30 Jan 2023 19:43


MUI

Must Read!
X