Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
74.892 views

Wahai Para Ukhti, Cinta Sejati Ternyata Tak Cuma Sekali

Sahabat Muslimah VOA-Islam yang Shalihah...

Cinta tidak cuma sekali, tapi bisa dua kali, tiga kali, empat kali atau berkali-kali. Sering kita mendengar kata-kata sok romantis berisi: kita hidup sekali, mati sekali, dan memunyai cinta sejati pun juga sekali.

Ya...kita memang dibesarkan dalam lingkungan yang gemar sekali hidup bertaburkan roman picisan ala putri dalam dongeng. Novel-novel pun juga berisi tentang kisah cinta sejati yang seolah-olah cuma dia yang ditakdirkan untuk hidup bersama. Rasanya cuma dia yang bisa mencintai dan dicintai dengan begitu dalam dan tulus. Tak mungkin ada seseorang yang  bisa menggantikannya, baik untuk dicintai maupun mencintai dengan sepenuh hati. Bila sosok ini pergi atau mati, maka cinta sejati itu ikut terkubur bersama jasad sang kekasih hati.

Benarkah begitu adanya? Ternyata semua teori tentang roman sehidup semati itu tak berlaku dalam Islam. Paling tidak Ummu Salamah membuktikannya sendiri. Bukan hanya satu cinta sejati yang hadir dalam hidupnya, tapi dua!

Ummu Salamah menikah dengan Abdullah bin Abdul As’ad atau yang biasa dipanggil dengan Abu Salamah adalah laki-laki yang memberinya keturunan. Dia adalah ayah dari anak yang dilahirkan oleh Umm Salamah. Mereka berdua adalah generasi awal yang menerima Islam dan berhijrah ke Abyssinia atau Ethiopia. Meskipun pada kesempatan hijrah berikutnya ke Madinah mereka terpaksa harus berpisah, tapi itu tak mengurangi rasa cinta yang begitu kuat dan dalam pada diri kedua insan ini untuk kembali bersatu. Hingga akhirnya maut juga yang memisahkan keduanya ketika Abu Salamah meninggal akibat luka yang didapatnya di medan jihad.

Di pembaringannya menjelang sakratul maut, Ummu Salamah dengan berurai airmata berkata pada suaminya, “Ketika seorang suami meninggal dan masuk surga, kemudian istrinya pun meninggal tanpa pernah menikah lagi, Allah akan menyatukan keduanya di surga. Aku berjanji aku tak akan pernah menikah lagi setelahmu!”

Dengan tenang, Abu Salamah bertanya, “Istriku, maukah kamu memenuhi permintaanku, apapun itu adanya?”

Mendengar itu, sebagai istri yang patuh pada suami Ummu Salamah menjawab tanpa ragu, “Tentu saja!”

Abu Salamah memandang istrinya dengan penuh cinta dan berkata, “ Berjanjilah padaku, saat aku mati nanti kamu akan menikah lagi.”

Jelas Ummu Salamah kaget dengan perkataan yang tak diduganya ini. Belum pulih dari keterkejutannya, Abu Salamah telah memanjatkan doa dan memohon pada Allah dengan kata-kata indah ini, “Ya Allah, anugerahilah Umm Salamah suami yang jauh lebih baik daripada saya.”

Tak lama kemudian, maut benar-benar menjemput Abu Salamah. Selama masa iddah, Ummu Salamah tak kuasa menghentikan perasaan duka yang teramat dalam karena kehilangan suami yang dicinta. Betapa kenangan akan kelembutannya, kebaikannya, keberanian dan kesabarannya semakin membuat Ummu Salamah susah melupakan Abu Salamah.

Terlebih ketika Ummu Salamah menimang bayi yang baru dilahirkannya, hatinya makin pilu ketika menyadari bahwa laki-laki yang dicintainya itu tak memunyai kesempatan untuk membesarkan buah cinta mereka. Mana ada laki-laki selain suaminya itu yang akan mau menikah dengan dirinya dan mencintai anak yang bukan anak kandungnya sendiri? Ingatannya melayang kepada ucapan Abu Salamah menjelang kematiannya. “Siapakah laki-laki yang lebih baik dari Abu Salamah?” batinnya pilu.

Jawaban dari pertanyaan ini datang tak lama kemudian yaitu setelah masa iddahnya selesai seiring dengan lahirnya Zainab. Laki-laki yang lebih baik daripada Abu Salamah, atau suaminya itu adalah Rasulullah SAW. Laki-laki mulia ini datang pada Ummu Salamah dengan niat ingin melamarnya.

Setengah tak percaya, Ummu Salamah menjawab, “Aku adalah perempuan yang sudah tua dan memunyai anak dari suamiku terdahulu. Lagipula aku ini adalah perempuan pencemburu.”

Dengan perangainya yang lemah lembut, Rasulullah SAW pun menjawab, “Aku ini lebih tua daripada kamu. Allah yang akan menghilangkan cemburu dari hatimu. Dan aku akan membesarkan serta mencintai anak-anakmu sebagaimana aku memperlakukan anak-anakku sendiri.”

Keraguan di hati Ummu Salamah serta rasa duka yang tersisa sejak kepergian suaminya terdahulu langsung sirna. Yang ada sekarang hanyalah perasaan tenang dan damai karena ternyata laki-laki mulia ini yang melamarnya untuk menikahinya.

Doa Abu Salamah telah dikabulkan oleh Allah dan sekali lagi Umm Salamah bisa merasakan indahnya cinta sejati untuk yang kedua kali. Masya Allah!

Ukhti yang dirahmati oleh Allah, di luar sana banyak sekali laki-laki dan perempuan yang jatuh cinta kemudian terpuruk ketika sang kekasih meninggalkannya. Kepergian itu entah berupa kematian, perceraian, atau mungkin berupa ujian tertentu yang tak pernah disangka-sangka sebelumnya. Luka yang dirasakan seolah begitu besar dan tak tertanggungkan. Bahkan tak jarang, mereka merasa tak akan mungkin bisa jatuh cinta lagi sebagaimana mereka jatuh cinta sebelumnya.

Allah yang meletakkan cinta di hati kita untuk seseorang maka Allah pula yang akan dengan mudah mengobati luka itu. Allah yang akan menggantinya dengan cinta suci lainnya – cinta suci dari seseorang yang keberadaannya tidak untuk menggantikan dia yang telah pergi

Yakinlah, konsep dan pengetahuan kita tentang cinta sangatlah terbatas. Ada Allah Yang Mahapencinta memunyai kuasa di atas segalanya.

Nabi bersabda:

“Sungguh, hati anak-anak Adam itu ada di antara dua jari Yang Mahapengasih sebagai satu kesatuan. Dia mempersatukannya kapan pun dikehendakiNya.” (HR. Muslim 2654).

Allah yang meletakkan cinta di hati kita untuk seseorang maka Allah pula yang akan dengan mudah mengobati luka itu. Allah yang akan menggantinya dengan cinta suci lainnya – cinta suci dari seseorang yang keberadaannya tidak untuk menggantikan dia yang telah pergi. Tapi cinta suci yang hadir dan memesona hati kita dengan caranya sendiri yang berbeda. Karena sesungguhnya tak ada cinta yang benar-benar sama, yang ada hanyalah cinta sejati yang bisa saja mengetuk hati kita tak cuma sekali. Maka janganlah bersedih ketika cinta yang lalu pergi dan mungkin saja menoreh luka di hati. Akan datang cinta lain yang jauh lebih baik dan mampu membawamu ke surgaNya. Insya Allah. # Bersambung # (disadur dari tulisan Zainab bint Yunus)

[riafariana/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Legislator Mengharapkan Pemerintah RI Terjunkan Pasukan Perdamaian di Palestina

Legislator Mengharapkan Pemerintah RI Terjunkan Pasukan Perdamaian di Palestina

Ahad, 16 May 2021 06:55

Sampah Hari Pertama Lebaran di Jakarta Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Sampah Hari Pertama Lebaran di Jakarta Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Ahad, 16 May 2021 06:28

Innalillahi, Ketua Umum MUI Sulsel Berpulang

Innalillahi, Ketua Umum MUI Sulsel Berpulang

Ahad, 16 May 2021 06:18

Studi Buktikan Vegetarian Punya Biomarker Lebih Sehat

Studi Buktikan Vegetarian Punya Biomarker Lebih Sehat

Sabtu, 15 May 2021 23:33

WhatsApp Mulai Pakai Kebijakan Privasi Baru Mulai 15 Mei

WhatsApp Mulai Pakai Kebijakan Privasi Baru Mulai 15 Mei

Sabtu, 15 May 2021 23:22

HNW Desak Kemendikbud Segera Koreksi Seluruh Aturan yang Ditolak MA tentang SKB Seragam

HNW Desak Kemendikbud Segera Koreksi Seluruh Aturan yang Ditolak MA tentang SKB Seragam

Sabtu, 15 May 2021 23:20

Venezuela Minta Komunitas Internasional Hentikan Serangan Israel Di Jalut Gaza

Venezuela Minta Komunitas Internasional Hentikan Serangan Israel Di Jalut Gaza

Sabtu, 15 May 2021 22:06

Roket Hamas hantam Pangkalan Udara Hatzerim Israel

Roket Hamas hantam Pangkalan Udara Hatzerim Israel

Sabtu, 15 May 2021 21:05

Serangan Udara Israel Di Kamp Pengungsi Gaza Tewaskan 8 Anak dan 2 Wanita Dari Keluarga Yang Sama

Serangan Udara Israel Di Kamp Pengungsi Gaza Tewaskan 8 Anak dan 2 Wanita Dari Keluarga Yang Sama

Sabtu, 15 May 2021 20:48

Fraksi PKS: Dunia Harus Segera Menghentikan Kebiadaban Israel!

Fraksi PKS: Dunia Harus Segera Menghentikan Kebiadaban Israel!

Sabtu, 15 May 2021 15:55

Buya Anwar Abbas Serukan Boikot Produk Berafiliasi Israel

Buya Anwar Abbas Serukan Boikot Produk Berafiliasi Israel

Sabtu, 15 May 2021 08:54

Istiqamah Setelah Ramadhan

Istiqamah Setelah Ramadhan

Sabtu, 15 May 2021 08:46

Warga Bekasi Sumbangkan Donasi untuk Rakyat Palestina

Warga Bekasi Sumbangkan Donasi untuk Rakyat Palestina

Sabtu, 15 May 2021 08:27

Band Rock Amerika Rage Against The Machine Kutuk Kekerasan Israel Di Yerusalem Dan Gaza

Band Rock Amerika Rage Against The Machine Kutuk Kekerasan Israel Di Yerusalem Dan Gaza

Jum'at, 14 May 2021 20:35

Cina Tahan 1000 Lebih Imam Dan Pemimpin Agama Islam Di Xinjiang Sejak Penumpasan 2014

Cina Tahan 1000 Lebih Imam Dan Pemimpin Agama Islam Di Xinjiang Sejak Penumpasan 2014

Jum'at, 14 May 2021 19:05

AS Tarik Personil Militer Dan Sipil Dari Israel Karena Meningkatnya Ketegangan Di Wilayah Pendudukan

AS Tarik Personil Militer Dan Sipil Dari Israel Karena Meningkatnya Ketegangan Di Wilayah Pendudukan

Jum'at, 14 May 2021 18:35

Zionis Israel Lanjutkan Kampanye Kematian Dan Penghancuran Di Gaza

Zionis Israel Lanjutkan Kampanye Kematian Dan Penghancuran Di Gaza

Jum'at, 14 May 2021 17:55

Hamas Sebut Targetkan Stasiun Irone Dome Dan Pangkalan Udara Israel Dengan Peluru Kendali

Hamas Sebut Targetkan Stasiun Irone Dome Dan Pangkalan Udara Israel Dengan Peluru Kendali

Jum'at, 14 May 2021 17:25

PAN Minta KPK Pertahankan Novel Baswedan Cs

PAN Minta KPK Pertahankan Novel Baswedan Cs

Jum'at, 14 May 2021 10:19

AHY Kecam Tindakan Anarkis Pasukan Bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa

AHY Kecam Tindakan Anarkis Pasukan Bersenjata Israel di Masjid Al-Aqsa

Jum'at, 14 May 2021 10:07


MUI

Must Read!
X