Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.328 views

Voa-Islamic Parenting (32): Tips Dikala Terjadi Perbedaan dengan Belahan Jiwa

Sahabat Muslimah VOA-Islam yang Shalihah...

Dambaan dikala kita berumah tangga adalah ingin memiliki keluarga yang sakinah, mawaddah wa rohmah. Keluarga yang penuh ketaatan dalam berislam, yang penuh ketenangan dan jauh dari konflik serta senantiasa mendapatkan kebaikan di sisi Alloh. Namun pada kenyataannya dikala kita ingin mencari rujukan sebuah keluarga yang tidak pernah memiliki konflik, seolah-olah seperti mencari butiran emas di antara pasir.

Seolah-olah di dunia ini tidak ada keluarga yang tidak pernah mengalami ujian di dalamnya. Bahkan banyak keluarga dikala diterjang badai tidak mampu menghadapinya, sehingga luluh lantak tak mampu diselamatkan.

Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, kita harus menyadari betul bahwa pasangan kita sebelumnya bukanlah siapa-siapa kita. Tidak ada hubungan apapun apalagi hubungan sedarah. Sehingga pantaslah bila antara suami istri terjadi beberapa perbedaan dan gesekan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Perbedaan dalam beberapa hal antara suami-istri memang tidaklah bisa dihindarkan. Maka kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapinya. Justru seharusnya kita harus mampu memanfaatkan perbedaan tersebut menjadi kekuatan, karena saling melengkapi akan kekurangan dan kelebihan. Alloh berfirman:

(اللذى خلق الموت و الحياة ليبلوكم ايكم احسن عملا وهو العزيز الغفور(الملك:  ٢

Artinya: (Alloh) Yang telah menciptakan mati dan hidup untuk mengujimu,siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia maha perkasa lagi maha pengampun. (Q.S Al Mulk: 2).

Harusnya kita mampu dengan bijak dikala menghadapi perbedaan pendapat. Pasangan suami-istri tidaklah harus memiliki kesamaan, justru dengan ketidak samaan itu kita jadikan kekuatan untuk saling melengkapi. Maka dari itu kita harus sebisa mungkin mengantisipasi terjadinya pertikaian dalam rumah tangga dengan memperhatikan beberapa hal:

 

1. Tidak Saling Menyinggung Hal-hal yang Tidak Disenangi Pasangannya

Suami istri haruslah mengetahui hal-hal yang tidak disenangi oleh pasangannya. Hal-hal yang bisa menimbulkan kemarahan harusnya diperhatikan. Misal tidak saling mengungkit kesalahan-kesalahan yang telah lalu. Hal ini harus difahami bersama. Seorang istri  dalam bertingkah laku maupun mengucapkan sebuah kalimat jangan sampai lebih mengedepankan hawa nafsu dari  hati dan fikirannya. Ia harus lebih memahami bahwa dirinya bisa mengajukan pendapat untuk kemaslahatan keluarga. Namun keputusan terakhir yang menentukan adalah seorang suami yang merupakan pimpinan tertinggi dalam rumah tangga.

Terutama seorang istri memang harus pandai betul dalam memilih momen terbaik dikala ingin membahas suatu masalah. Untaian kata harus tertata dengan baik, rangkaian kalimat harus tersusun dengan rapi. Dan yang terpenting, waktu dalam membahasnya pun harus diperhatikan. Para istri harus memahami, bahwa kebanyakan sikap lelaki cenderung tidak banyak bicara, namun pandai memendam rasa.

 

2. Menghindari Diskusi Disaat Emosi

Setiap penyakit pasti ada obatnya dan setiap obat pasti ada takaran dan cara meminumnya. Begitu pula dengan masalah, setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan untuk menuntaskan masalah membutuhkan waktu. Sebagaimana dikala kita meminum obat, harus diminum berulang dengan penuh kesabaran. Semua tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Dalam menyelesaikan permasalahan tidak bisa kita lakukan ketika dalam keadaan marah, sekalipun kita lakukan dengan segala macam argumentasi maupun persuasi. Karena dalam keadaan marah hati sebenarnya sedang dikuasai oleh hawa nafsu (syetan). Berbeda bila kita menyelesaikan masalah dalam keadaan tenang dan gembira. Insya Alloh akan dapat dipecahkan dengan sebuah isyarat ringan dan dapat menghasilkan keputusan yang gemilang. Rosululloh SAW pun telah mengisyaratkan dikala engkau marah dalam keadaan berdiri, maka duduklah. Namun dikala sudah duduk masih marah maka tidurlah. Dikala sudah berbaring masih emosi, maka ambillah air wudhu dan sholatlah dua rakaat.

 

3. Menyadari Perannya

Banyak terjadi rumah tangga pasangan bahwa istri memiliki kemampuan lebih dibanding suaminya. Mungkin istri lebih bertitel atau bahkan ada istri berpenghasilan lebih besar. Bila hal itu terjadi bukan berarti istri boleh menduduki wewenang suami. Karena bagaimanapun juga suami adalah pemimpin dalam keluarga. Alloh berfirman:

الرجال قوامون على النساء بما فضل الله بعضهم على بعض وبما انفقوا من اموالهم

Artinya:  Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Alloh telah melebihkan sebagian mereka ( laki- laki) atas sebagian yang lain ( wanita) dan karena mereka laki- laki telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. (Q.S An Nisa' : 34).

Suami harus menyadari bahwa seorang wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Bila diingatkan dengan cara yang keras maka ia akan patah dan bila dibiarkan dia akan tetap bengkok

Namun yang perlu diperhatikan seorang suami tidak boleh sewenang-wenang terhadap istri. Karena sesungguhnya sebaik-baik suami adalah yang mampu bersikap terbaik terhadap istrinya. Suami harus menyadari bahwa seorang wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Bila diingatkan dengan cara yang keras maka ia akan patah dan bila dibiarkan dia akan tetap bengkok. Maka nasehatilah wanita tentang kebenaran dengan penuh cinta dan kasih sayang. Rosululloh SAW bersabda:

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَإِذَا شَهِدَ أَمْرًا فَلْيَتَكَلَّمْ بِخَيْرٍ أَوْ لِيَسْكُتْ وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, kemudian dia menyaksikan suatu peristiwa, hendaklah dia berbicara dengan baik atau diam, dan berwasiatlah kepada wanita dengan kebaikan, karena sesungguhnya dia diciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas, jika kamu berusaha untuk meluruskannya, niscaya akan patah, jika kamu membiarkannya, dia akan senantiasa bengkok, maka berwasiatlah terhadap wanita dengan kebaikan. (H.R. Muslim).

sebaik-baik istri adalah yang akan segera mendekati suaminya dikala terjadi permasalahan dan segera memohon maaf dan mengharap keridhoan suaminya

Sebagai penyeimbang di sisi lain pun seorang istri harus mampu lebih mengalah terhadap suaminya. Karena suami adalah pemimpinnya dan sebaik-baik istri adalah yang akan segera mendekati suaminya dikala terjadi permasalahan dan segera memohon maaf dan mengharap keridhoan suaminya.

Sahabat Muslimah VOA-Islam...

Karena masalah sesungguhnya merupakan sunatulloh. Marilah kita mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan yang ada dalam mengarungi rumah tangga. Yakinlah seberat apapun ujian yang Alloh berikan, pasti ada jalan keluarnya dan masalah itupun telah Alloh sesuaikan dengan kadar kemampuan kita. Tetap semangat! [ukhwatuna/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Senin, 20 Sep 2021 22:20

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Senin, 20 Sep 2021 22:12

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Senin, 20 Sep 2021 20:30

PBB Kecam Keras Pemberontak Syi'ah Houtsi Karena Eksekusi 9 Warga Sipil

PBB Kecam Keras Pemberontak Syi'ah Houtsi Karena Eksekusi 9 Warga Sipil

Senin, 20 Sep 2021 17:45

Tablig Akbar Wahdah Islamiyah Bahas Tema Bakti dan Setia untuk NKRI

Tablig Akbar Wahdah Islamiyah Bahas Tema Bakti dan Setia untuk NKRI

Senin, 20 Sep 2021 15:52

Jaminan Pangan Halal

Jaminan Pangan Halal

Senin, 20 Sep 2021 14:08

Politisi PKS: Pemerintah Jangan Gegabah Mengumbar Tuduhan Radikal

Politisi PKS: Pemerintah Jangan Gegabah Mengumbar Tuduhan Radikal

Senin, 20 Sep 2021 13:00

Taliban Sebut Anak Perempuan Dapat Kembali Bersekolah Setelah Lingkungan Aman

Taliban Sebut Anak Perempuan Dapat Kembali Bersekolah Setelah Lingkungan Aman

Senin, 20 Sep 2021 12:55

Kecam Penyerangan Tokoh Agama di Tangerang dan Makassar, Legislator Desak Polri Tangkap Pelaku

Kecam Penyerangan Tokoh Agama di Tangerang dan Makassar, Legislator Desak Polri Tangkap Pelaku

Senin, 20 Sep 2021 12:27

Fahira Idris Dukung Langkah Pemprov DKI Jalankan Putusan Pengadilan Soal Polusi Udara

Fahira Idris Dukung Langkah Pemprov DKI Jalankan Putusan Pengadilan Soal Polusi Udara

Senin, 20 Sep 2021 11:58

Laporan: Mossad Bunuh Ahli Nuklir terkemuka Iran Dengan 'Robot Pembunuh'

Laporan: Mossad Bunuh Ahli Nuklir terkemuka Iran Dengan 'Robot Pembunuh'

Ahad, 19 Sep 2021 21:00

ISIS Nyatakan Tanggung Jawab Atas Pemboman Pipa Gas Alam Utama Di Tenggara Suriah

ISIS Nyatakan Tanggung Jawab Atas Pemboman Pipa Gas Alam Utama Di Tenggara Suriah

Ahad, 19 Sep 2021 20:35

Israel Klaim Tangkap Kembali 2 Pejuang Palestina Tersisa Yang Kabur Dari Penjara Gilboa

Israel Klaim Tangkap Kembali 2 Pejuang Palestina Tersisa Yang Kabur Dari Penjara Gilboa

Ahad, 19 Sep 2021 20:06

Bekali UMKM, Yayasan Amaliah Astra Gelar Workshop 'Usaha Moncer di Masa Pandemi'

Bekali UMKM, Yayasan Amaliah Astra Gelar Workshop 'Usaha Moncer di Masa Pandemi'

Ahad, 19 Sep 2021 19:53

Hadiri Tablig Akbar Wahdah Islamiyah, Ini Pesan Menparekraf Sandiaga Uno

Hadiri Tablig Akbar Wahdah Islamiyah, Ini Pesan Menparekraf Sandiaga Uno

Ahad, 19 Sep 2021 15:35

Senin – Rabu, Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Shafar 1443 H

Senin – Rabu, Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Shafar 1443 H

Ahad, 19 Sep 2021 14:30

Over Kapasitas Lapas, Apa Solusinya?

Over Kapasitas Lapas, Apa Solusinya?

Ahad, 19 Sep 2021 11:46

Mengurai Akar Permasalahan Literasi Media dalam World View Islam

Mengurai Akar Permasalahan Literasi Media dalam World View Islam

Ahad, 19 Sep 2021 09:18

Ustaz di Tangerang Ditembak OTK Setelah Shalat Magrib Jamaah di Mushala

Ustaz di Tangerang Ditembak OTK Setelah Shalat Magrib Jamaah di Mushala

Ahad, 19 Sep 2021 08:20

Diet Pikiran & Perasaan adalah kunci 'SEHAT TANPA OBAT'

Diet Pikiran & Perasaan adalah kunci 'SEHAT TANPA OBAT'

Sabtu, 18 Sep 2021 21:31


MUI

Must Read!
X