Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
25.199 views

Ini 4 Metode Mendidik Anak yang Dikenal Dalam Islam

Sahabat Muslimah...

Memiliki anak yang bisa dibanggakan orang tua pastilah keinginan semua orang tua. Memiliki anak yang bisa menjadi sandaran dihari tua pun dambaan semua orang tua. Keinginan ini bisa dirasakan bukanlah seperti membuat mie instan. Namun tentunya membutuhkan proses panjang yang akan mendidik dan menempa buah hati kita akan menjadi seorang muslim Kamil yang mampu menghadapi hidup ini seterang cahaya keimanan.

Sesungguhnya Islam telah memancarkan cahaya dalam pendidikan. Pendidikan secara islami memiliki keistimewaan, yaitu menjadi bekal hidup sepanjang masa baik di dunia maupun diakherat. Metode pendidikan yang berlandaskan Alquran dan sunnah ini sangat penting. Pendidikan Islam harus ditanamkam sejak dini bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Karena kehidupan ini harus selalu selaras dengan ilmu dan hukum Islam. Ada beberapa metode yang diperlukan dalam mendidik buah hati

Pertama: Pendidikan Dengan Observasi

Bentuk pendidikan secara observasi merupakan pendidikan yang mendasar, dimana orang tua selalau menyertai anak-anaknya dalam pembentukan aqidah dan akhlak yang terbentuk dalam diri anak. Orang tua disyari'atkan mengamati atas apa yang terjadi dengan anak-anaknya. Dengan mendampingi buah hati bukan hanya untuk memantau atau menjaga buah hati saja, namun sebenarnya dengan bersandingnya orang tua akan mengasah rasa kasih sayang yang terpancar dari orang tua. Karena orang tua melarang ataupun memerintah selalu dengan penuh kasih sayang dan kelembutan hati. Rosululloh bersabda:


قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ نُحْلًا أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ

Artinya: Orang tua tidak bisa memberi pemberian kepada anaknya yang lebih utama daripada adab yang baik.(H.R. Ahmad)

Namun terkadang sikap pura-pura pun dibutuhkan dalam menghadapi berbagai perangai anak yang mungkin kurang disenangi orang tua. Terutama dikala anak memasuki usia satu setengah sampai tiga tahun, pada tahun ini anak biasanya cenderung untuk mencari perhatian dari orang tua maupun yang ada disekitarnya. Disaat demikian diperlukan sikap kepura-puraan, sebab apabila orang tua menanggapinya dengan keras anak akan cenderung lebih aktif lagi. Tapi sikap toleransi orang tua kepada anak juga dibutuhkan dalam kesempatan yang lain, kerena terlalu detail dalam menilai anak akan menimbulkan dampak negatif pada psikis maupun pendidikannya.

Kedua: Pendidikan dengan Pembiasaan

Pendidikan dengan cara pembiasaan sangat dibutuhkan, baik dalam segi pembiasaan ibadah maupun pembentukan akhlak. Karena dikala buah hati kita telah memiliki kebiasaan yang benar secara syar'i, maka suatu kebaikan akan otomatis menghiasi segala geraknya. Karena kebaikan itu telah menghunjam dengan bekas yang dalam bak ukiran di atas batu yang keras.

Ibnu mas'ud mengungkapkan: "Biasakanlah anak-anak untuk melakukan kebaikan, sebab kebaikan itu sebuah kebiasaan".

Dengan demikian pendidikan dengan pembiasaan bukan hanya sebatas pada hal-hal yang bersifat ibadah, namun juga pada akhlaq dan kebiasaan hidup.

Ketiga: Pendidikan dengan Nasehat

Pendidikan dengan nasehat ini harus memperhatikan dua sisi yaitu mengarahkan kepada kebenaran dengan mengingkari kemungkaran. Dikala anak telah memahami keduanya, di sinilah sesungguhnya peran nasihat sangat dibutuhkan. Karena sesungguhnya daya nalar anak masih membutuhkan bimbingan supaya tepat dalam menyimpulkan apa yang dilihatnya. Dengan nasihat inilah orang tua mendorong anak untuk memperbaiki kesalahan dengan menjelaskan akan sebab akibatnya.
Rosululloh mengungkapkan "Agama adalah nasihat".

Al Khaththabi mengatakan: Nasihat adalah sebuah kalimat yang luas cakupan maknanya. Maknanya adalah menghendaki kebaikan bagi orang yang diberi nasehat.

Ibnu Shalah: Nasihat adalah kata-kata yang mencakup aktivitas seorang yang memberi nasihat kepada yang diberi nasihat dalam bentuk iradah (tekad) dan perbuatan.

Keempat: Pendidikan dengan Tarhib wa Targhib

Pendidikan dengan tarhib (ancaman) dan targhib (motivasi) merupakan salah satu cara jitu yang dibutuhkan dalam mendidik anak. Metode ini bisa membantu menumbuhkan perangai bagus dan akhlakul karimah serta nilai-nilai sosial pada diri anak. Alloh pun dalam Al Qur'an menggunakan wa'dun wal wa'id (janji dan ancaman). Alloh memberikan janji berupa surga yang penuh dengan kenikmatan tanpa cela dan memberikan ancaman neraka yang penuh dengan siksaan.

Motode tarhib, menurut penelitian di era kekinian ditemukan ternyata metode ini sangat dibutuhkan. Karena jikalau anak terlalu dilonggarkan dalam melakukan tindakan, maka akibatnya ia akan menyusahkan kedua orang tuanya. Dan dengan adanya ancaman hukuman akan mampu memperbaiki perangai dan akhlaq pada diri anak. Sebagaimana yang diajarkan Rosululloh dalam mendidik anak-anak kecil supaya tertib dalam mengerjakan sholat. Rosululloh bersabda:


قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرُوا الصَّبِيَّ بِالصَّلَاةِ إِذَا بَلَغَ سَبْعَ سِنِينَ وَإِذَا بَلَغَ عَشْرَ سِنِينَ فَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا


Artinya: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Perintahkanlah anak kecil untuk melaksanakan shalat apabila sudah mencapai umur tujuh tahun, dan apabila sudah mencapai umur sepuluh tahun maka pukullah dia apabila tidak melaksanakannya. (HR Abu Dawud).

Bagi para orang tua, jangan terlalu sering memberikan ancaman kepada anak tanpa memberikan hukuman, sebab hal itu akan menjadikan diri anak tidak terlalu mengindahkan ancaman tersebut. Namun laksanakanlah ancaman tersebut agar anak merasa jera dan tidak mengulanginya lagi. Ini sangat penting, sebagai bukti kesungguhan kita.

Begitu juga metode targhib dalam awal-awal fase kehidupan anak, terkadang anak akan merasa berat dalam mengerjakan sebuah amalan, maka hal ini membutuhkan motivasi dari kedua orang tuanya sebagai pendorong untuk melakukannya sehingga anak merasa senang dan terasa ringan dalam menjalankannya, karena ada sebuah imbalan yang dijanjikan.
Berhati-hatilah kepada orang tua didalam menggunakan metode at tarhib wat targhib ini, jangan sampai menimbulkan rasa takut pada anak yang berlebihan karena akan menjadikan anak semakin minder. Tapi tanamkanlah rasa takut kepada Alloh dan siksa-siksa-Nya baik di dunia maupun di akherat kelak.

Sahabat Muslimah...

Inilah beberapa metode dalam mengasuh buah hati yang bisa dilakukan orang tua dalam menuju tercapainya generasi Islam yang sholih dan sholihah. Wallohu a'lam bisshowab. [ukhwatuna/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X