Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.293 views

Pentingnya Manajemen Waktu bagi Ibu

 

Oleh: Fatimah Azzahra, S. Pd

 

"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain" (TQS. Al Insyirah ayat 7)

Beginilah Al qur'an mengajarkan kita semua untuk bersungguh-sungguh mengerjakan urusan apapun itu, termasuk menjadi ibu rumah tangga.

Agar Ibu Tidak Stress

Ibu adalah sosok yang paling sibuk di hampir setiap rumah. Bagaimana tidak? Banyak sekali yang harus dikerjakan oleh ibu setiap harinya. Mulai dari aktivitas yang berkaitan dengan kewajibannya sebagai hamba Allah, sebagai istri, ibu, anak, menantu juga bagian dari masyarakat. Tak jarang padatnya aktivitas ini membuat ibu stress bahkan burn out.

Lantas apa yang bisa ibu lakukan agar tidak stress? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kewajiban tetap bisa dijalani tapi diri tidak stress karenanya.

Pertama, luruskan niat. Berhenti sejenak untuk kembali meluruskan niat. Kita beraktivitas bukan untuk apa-apa dan siapa-siapa melainkan demi meraih Ridho Allah semata.

Kedua, tentukan prioritas. Banyak hal yang ingin kita lakukan dalam sehari. Ingin begini, ingin begitu. Tapi, faktanya, waktu dan energi kita terbatas. Maka, penting bagi kita untuk menentukan prioritas.

Prioritaskan Allah dalam semua aktivitas kita. Utamakan sholat tepat pada waktunya. Insyaallah waktu kita akan menjadi barokah.

Ketiga, less is more. Kita tak perlu sederet target dalam setiap harinya. Meminimalisir target akan meminimalisir tekanan atas diri. Dan ini pun akan meminimalisir terjadinya stress. Take your time and enjoy it.

Keempat, mindfulness. Karena target kita tak banyak maka hadirlah secara utuh dalam setiap kegiatan. Bukan fisik hadir tapi pikiran memikirkan hal yang lain. Bukan juga fisik hadir tapi fokus pada gawai. Ini akan menguras energi dan tak efektif. Hadirlah secara utuh fisik dan pikiran dalam melakukan setiap kegiatan, apalagi membersamai buah hati dan pasangan.

Kelima, manajemen waktu. Ada banyak cara yang ditawarkan untuk memanage waktu. Mulai dari podomoro, pareto, time blocking, the power hours, distraction, Carlson law dan masih banyak lagi. Intinya membuat to do list, menyiapkan waktu, energi dan fokus dalam melakukannya pada waktu yang telah ditentukan. Pilihlah teknik yang sesuai dengan kondisi kita masing-masing.

Itulah lima cara yang bisa dilakukan agar ibu tidak stress dalam menjalani aktivitasnya.

Ingat Balasan dari Allah

Lelah tentu menghampiri saat kita beraktivitas. Sebagian orang memilih untuk beristirahat atau mengambil jeda. Hal ini tentu boleh saja asal tidak meninggalkan kewajiban yang ada. Agar lelah kita menjadi lapang, timbul Ridho dan ikhlas dalam diri, ingatlah bahwa semua ini kita lakukan demi Allah, dalam rangka beribadah pada Nya. Sehingga balasan pun kita harapkan hanya dari Allah saja. Bukan dari anak, suami atau lainnya.

Ingat pula bahwa dalam ketaatan kita pada suami, termasuk taat untuk berkarya dari dalam rumah akan menghantarkan kita pada surga. Sebagaimana sabda Rasulullah saw., “Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan, menjaga dan memberkahi para ibu kaum muslim. Wallahua'lam bish shawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X