Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.290 views

Syawal Menyapa, Istiqomah Tetap Menyala

Oleh : Arum Mujahidah (Lingkar Studi Perempuan dan Peradaban)

Hampir setengah bulan, ramadhan berlalu meninggalkan kita. Banyak kenangan manis yang telah kita habiskan sebulan bersama bulan yang mulia itu. Sebagai insan yang beriman, moment ramadhan pastinya dijadikan untuk memperbanyak amal kebaikan.

Karena dalam bulan ini pahala begitu dilipat gandakan dan dosa diampuni. Di bulan mulia ini kaum muslimin ditempa dengan amalan puasa , juga berbagai jenis ibadah lainnya seperti shalat  sunnah, sedekah, dan sejenisnya.

Buah dari amalan puasa selama sebulan ini tidak lain lain adalah taqwa. Seperti yang disebutkan di akhir surat Al baqarah ayat 183, “.....agar kalian bertaqwa”. Ya, taqwa sebuah  karakter yang menuntut ketaatan totalitas seorang hamba kepada Tuhannya. Ketaatan yang paripurna dalam seluruh perbuatannya.

Setidaknya, adanya ketaqwaan  ini bisa kita indikasikan dengan terus berlangsungnya amalan-amalan yang dulu pernah dilakukan dalam bulan Ramadhan. Tidak hanya ibadah wajib, ibadah sunnah juga terus dihidupkan. Terutama, dibulan Syawal terdapat ibadah puasa enam hari. Yang apabila puasa ramadhan diteruskan dengan puasa enam hari bulan Syawal pahalanya diibaratkan seperti puasa satu tahun.

Hal itu disebutkan dalam hadits Abu Ayyub Al-Anshari r.a., Nabi Saw.,

مَنْصَامَرَمَضَانَثُمَّأَتْبَعَهُسِتًّامِنْشَوَّالٍكَانَكَصِيَامِالدَّهْرِ

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim, no. 1164).

Tentu dalam menjaga ketaqwaan ini  perlu berbagai upaya. Karena jika bulan ramadhan, lingkungan seakan mendukung kita untuk berbuat ketaatan. Akan tetapi, tidak dengan bulan selain ramadhan.

Yang pertama, selalu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (Taqarrub illallah). Berusahalah selalu menjaga hubungan kita dengan Allah dalam berbagai hal. Upayakan kualitas dan kuantitas ibadah haruslah sama seperti saat Ramadhan. Jika tidak sama persis, paling tidak Istiqomah dalam melakukan ketaatan selalu dijaga baik dalam ibadah wajib maupun sunah.  Begitupun, dalam sikap dan lisan, berusahalah selalu libatkan Allah di setiap saatnya.

Kedua, memahami ilmu agama. Karena sesungguhnya jika Allah menghendaki kebaikan pada seseorang, maka akan dimudahkan baginya dalam menahami ilmu agama. Luangkanlah waktu untuk mengkaji islam, ilmu yang akan menuntun kita pada ketaatan. Jadwalkanlah dihari-hari kita untuk membaca buku Islam, menghadiri majelis ilmu atau bahkan lebih khusus mencari guru  untuk memahamkan kita tentang Islam yang sesungguhnya. Logikanya, bagaimana mungkin ketaatan akan terjaga jika kita tidak mengerti ilmunya?

Ketiga, senantiasa berkumpul dengan orang-orang soleh.  Merekalah sebaik-baik sahabat dunia dan akhirat. Karena sahabat sejati itu yang apabila bersamanya membuat kita ingat kepada Allah dan itu hanya ada pada diri orang-orang yang Soleh.

Berkumpul dengan mereka membuat kita terkondisikan untuk selalu berada pada interaksi yang disukai oleh Allah. Kesolehan yang dimiliki oleh mereka akan memancar kepada diri kita.

Oleh karenanya, ketika Syawal menyapa, taat harus tetap menyala. Karena dengan taat inilah bekal kita menuju JannahNya. Dan sebenar-benarnya ketaatan adalah ketika kita menerapkan aturanNya untuk mengatur seluruh aspek kehidupan kita.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X