Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.875 views

Inilah 10 Tips Anti Baper dalam Menghadapi Masalah

 

Oleh: Erika Kartini

 

Kehidupan manusia tak pernah sepi dari yang namanya masalah. Tidak ada manusia yang hidup tanpa masalah. Mati pun masih tetap bermasalah karena harus menghadapi hari penghisaban, menghadiri pengadilan Allah yang sesungguhnya. Ketika menjadi penghuni surga barulah selesai masalah kita. Maka surga adalah sebaik-baik tempat kembali dan beristirahat.

Lantas bagaimana caranya agar bisa menghadapi segala permasalahan? Bagaimana agar tidak baper dan justru menjadikan masalah itu sebagai sarana untuk mencapai surga?

Berikut 10 tips yang bisa diterapkan ketika mendapatkan masalah:

1. Hadapi dan selesaikan

Jangan pernah lari dari permasalahan. Hadapi dan jangan menghindar. Masalah tidak akan hilang dengan kita menjauhinya. Meski sesaat bisa terlupakan, namun akan tetap ada jika tidak diselesaikan. Tidak lari dari masalah dan mencoba menyelesaikannya adalah tindakan yang tepat. Jika bertekad kuat untuk menyelesaikan insyaallah akan ada jalan.

2. Konsultasi serta minta bantuan orang lain

Datanglah kepada orang yang tepat yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan anda. Dengarkan nasihatnya serta laksanakan arahannya. Jika tidak kuat menanggung sendiri permasalahan, mintalah pertolongan kepada orang lain; pasangan, keluarga atau sahabat bisa dimintai bantuan.

3. Jangan menyalahkan orang lain

Ketika kita mendapatkan masalah tidak perlu marah kepada orang lain. Menyalah-nyalahkan orang lain bukan solusi justru akan semakin menambah ruwet permasalahan. Tidak sedikit tipe orang seperti ini. Ketika dia mendapat masalah, orang lain yang menjadi sasaran. Padahal jelas-jelas permasalahan muncul akibat kekeliruannya sendiri.

4. Tidak berputus asa

Jangan pernah berputus asa ketika tertimpa musibah. Tetaplah optimis bahwa akan ada jalan keluar. Tidak boleh berputus asa dari rahmat Allah Swt., karena keputusasaan akan membuat kita lemah.

5. Sabar

Sabar juga diperlukan dalam menghadapi segala masalah yang mendera. Kesabaran adalah cahaya. Ia akan menerangi. Menunjukkan jalan keluarnya. Sabar juga menenangkan hati dan pikiran sehingga kita bisa memikirkan solusinya.

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji`ûn”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (TQS. al-Baqarah [2]: 155-157)

6. Introspeksi diri

Merenunglah sejenak. Bisa jadi segala permasalahan datang karena kesalahan kita, kketidaktaatan kita kepada Allah Swt. Mungkin selama ini kita jauh dari Allah. Jarang berdoa dan memohon kepada-Nya. Ibadahnya masih sedikit. Atau kita telah banyak melakukan kemaksiatan. Karena memang pada dasarnya taat membawa rahmat sedang maksiat membawa celaka.

7. Taat kepada hukum syara

Permasalahan yang mendera tidak lantas membuat kita jauh dari Allah Swt. Justru permasalahan itu harus diselesaikan sesuai dengan hukum yang telah Allah turunkan. Jika tidak menggunakan solusi Islam maka kita akan menyelesaikan masalah dengan masalah, sehingga menjadi dobel permasalahannya. Sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Ketika ekonomi sulit, maka solusinya dengan hutang riba. Ini adalah contoh menyelesaikan masalah dengan masalah baru. Sudah nggak punya uang, punya hutang, terjerat bunga hutang pula. Sudah miskin semakin tambah tercekik. Itulah hasil pelanggaran hukum syara, seperti yang banyak terjadi saat ini.

8. Positive thinking

Berpikir positif akan membuat kita menjadi semangat dalam menghadapi masalah. Ingat bahwa segala permasalahan adalah ujian dari Allah Swt, yang akan menaikkan derajat kita jika berhasil melewatinya. Ini sebagaimana anak sekolah yang menghadapi ujian kenaikan kelas. Energi positif akan menyebar di sekeliling kita dan memudahkan jalan penyelesaian. Tidak sedih atau merasa marah kepada Allah. Karena kita yakin Allah akan memberikan kemudahan. Ingat bahwa bersama kesulitan ada kemudahan.

Hadits dari Abû Hurairah dan Abû Sa’id, dari Nabi saw., bersabda:

'Setiap musibah yang menimpa seorang mukmin, berupa sakit yang berterusan, sakit yang biasa, kebingungan, kesedihan, kegundahan hingga duri yang menusuknya, maka pasti musibah itu akan menjadi penghapus bagi kesalahan-kesalahannya. (Mutafaq ‘alaih)

9. Berdoa

Mintalah pertolongan kepada Allah Swt. Jangan pernah berhenti berdoa. Menangislah dalam memohon kepada Allah Swt. Ada kekuatan dalam doa. Karena Allah akan senantiasa mengabulkan permohonan hamba-hamba-Nya. Jika tidak dikabulkan di dunia mungkin akan dikabulkan di akhirat atau akan dijauhkan dari keburukan yang serupa.

10. Jangan melihat ke atas

Bersyukurlah selalu kepada Allah Swt. Lihatlah orang-orang yang lebih sulit daripada kita. Ingatlah bahwa permasalahan kita lebih kecil dibanding mereka. Hal ini akan membuat kita semakin bersyukur. Berterima kasih kepada Allah dalam segala kondisi. Jangan pernah melihat ke atas karena akan semakin membuat frustasi. Masalah tidak selesai justru kebaperan semakin menjadi-jadi. Sedih sesedih sedihnya. Merasa menjadi orang termalang sedunia. Merasa masalahnya adalah masalah yang paling besar sedunia.

"Sungguh mengagumkan urusan orang yang beriman, karena seluruh urusannya merupakan kebaikan baginya. Jika mendapatkan kesenangan ia bersyukur, maka syukur adalah kebaikan baginya. Jika ditimpa kesulitan ia bersabar, maka sabar itu merupakan kebaikan baginya. Hal seperti ini tidak akan didapati pada seseorang kecuali orang yang beriman." (HR  Muslim)

Wa'allahu a'lam bisshowwab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Bertambah Takwa Pasca Ramadhan

Bertambah Takwa Pasca Ramadhan

Selasa, 11 May 2021 22:46

Korban Tewas Meningkat Jadi 26 Akibat Serangan Zionis Israel Di Jalur Gaza

Korban Tewas Meningkat Jadi 26 Akibat Serangan Zionis Israel Di Jalur Gaza

Selasa, 11 May 2021 22:35

Anakku Investasi Akhiratku

Anakku Investasi Akhiratku

Selasa, 11 May 2021 22:32

Pastor Katholik Palestina Desak Umat Kristen Lindungi Al-Aqsa Dari Agresi Israel

Pastor Katholik Palestina Desak Umat Kristen Lindungi Al-Aqsa Dari Agresi Israel

Selasa, 11 May 2021 22:20

Tengku Zulkarnain, Adikku dan Harapanku

Tengku Zulkarnain, Adikku dan Harapanku

Selasa, 11 May 2021 22:19

Amnesty: Israel Gunakan Kekuatan Kejam dan Tanpa Alasan Terhadap Demonstran Palestina

Amnesty: Israel Gunakan Kekuatan Kejam dan Tanpa Alasan Terhadap Demonstran Palestina

Selasa, 11 May 2021 22:05

Kebijakan yang Membuat Kelabakan

Kebijakan yang Membuat Kelabakan

Selasa, 11 May 2021 22:05

HNW Ingatkan Pentingnya Jokowi Hadirkan Langkah Kongkret untuk Palestina

HNW Ingatkan Pentingnya Jokowi Hadirkan Langkah Kongkret untuk Palestina

Selasa, 11 May 2021 21:58

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh pada 13 Mei 2021

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh pada 13 Mei 2021

Selasa, 11 May 2021 21:47

Hamas Bersumpah Lanjutkan Serangan Roket Jika Israel Tidak Hentikan Agresi Di Yerusalem Dan Al-Aqsa

Hamas Bersumpah Lanjutkan Serangan Roket Jika Israel Tidak Hentikan Agresi Di Yerusalem Dan Al-Aqsa

Selasa, 11 May 2021 21:45

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Selasa, 11 May 2021 21:43

Kabar Duka dan Proyek Regenerasi Ulama

Kabar Duka dan Proyek Regenerasi Ulama

Selasa, 11 May 2021 21:11

Israel Serang Masjid Al Aqsha, Ini Pernyataan Sikap DSKS

Israel Serang Masjid Al Aqsha, Ini Pernyataan Sikap DSKS

Selasa, 11 May 2021 17:01

Sikap Wahdah Islamiyah Atas Penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsha

Sikap Wahdah Islamiyah Atas Penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsha

Selasa, 11 May 2021 16:57

Ditjen Bimas Islam: Ustaz Tengku Zulkarnain Pegiat Dakwah yang Gigih dan Berkarakter

Ditjen Bimas Islam: Ustaz Tengku Zulkarnain Pegiat Dakwah yang Gigih dan Berkarakter

Selasa, 11 May 2021 16:45

WNA Cina Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Muhaimin: Pemerintah Harus Peka

WNA Cina Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Muhaimin: Pemerintah Harus Peka

Selasa, 11 May 2021 16:39

Anis: Rencana Kenaikan PPN Cederai Rasa Keadilan Masyarakat

Anis: Rencana Kenaikan PPN Cederai Rasa Keadilan Masyarakat

Selasa, 11 May 2021 16:24

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Masjid JIC Gelar Shalat Id dengan Prokes Ketat

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Masjid JIC Gelar Shalat Id dengan Prokes Ketat

Selasa, 11 May 2021 16:11

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Partai Ummat Mengajak Umat Islam Bersatu

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Partai Ummat Mengajak Umat Islam Bersatu

Selasa, 11 May 2021 16:08

Aksi Solidaritas Umat Muslim Indonesia untuk Palestina dan Bela Masjid Al-Aqsa

Aksi Solidaritas Umat Muslim Indonesia untuk Palestina dan Bela Masjid Al-Aqsa

Selasa, 11 May 2021 12:38


MUI

Must Read!
X