Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.624 views

Muhasabah dan Rukun pada Diri Sendiri

 
Oleh Hafis Azhari
 
(Penulis Novel Pikiran Orang Indonesia dan Perasaan Orang Banten)

“Perjalanan hidup yang dialami generasi sahabat Nabi dan para tabi’in, akan sangat menarik bila dikemas dengan gaya sastra, dalam konteks kekinian dan keindonesiaan. Sebuah peristiwa penting akan menjadi kering manakala tidak sanggup mengemasnya dengan bahasa menarik, lantaran sang penulis belum mampu menangkap hikmah yang terkandung di dalamnya.”

Ada target dan sasaran penting yang ingin dicapai kaum politisi, di antaranya kekuasaan, kekayaan dan popularitas duniawi. Dalam Alquran (al-An’am: 43-44) dinyatakan secara eksplisit bagi mereka yang mengejar target keuntungan duniawi, ketika hati-hati mereka telah mengeras, setan akan menampakkan kebagusan dari apa-apa yang mereka kerjakan. Pada saat mereka lupa-diri, Allah akan membukakan pintu-pintu kesenangan dan kemegahan untuk sementara waktu. Kemudian, ketika mereka sedang menikmati apa yang mereka raih, dicabutlah segala kenikmatan itu seketika, hingga mereka menjadi putus-asa.
 
Hasrat penguasa untuk mengukir sejarah dapat musnah seketika. Karena memang, apa yang menjadi rencana manusia, dan apa yang dianggap baik oleh manusia, tidak selamanya baik dalam pandangan Allah. Bahkan Rasulullah sendiri pernah ditegur langsung, ketika sedang berdakwah di hadapan para pembesar Qurays, sementara seorang buta yang menghampirinya (Abdullah bin Umi Maktum), diperlakukannya dengan bermuka masam.
 
Teguran tersebut telah diabadikan dalam surat ‘Abasa (cemberut), bahwa tidak ada jaminan dakwah dapat mengena sasaran bila tanpa disertai kelembutan dan kesantunan, meskipun di hadapan puluhan dan ratusan pembesar dan penguasa Arab sekalipun.
 
Juga tidak ada kewenangan manusia untuk memberi hidayah pada pihak yang didakwahi, sekeras dan seambisius apapun dakwah itu disampaikan. Sebaliknya, sudah dijamin pahala kebaikan dari Allah, bagi setiap amal-amal yang disampaikan dengan kesantunan, tulus ikhlas, terlepas apakah orang yang didakwahi mau menerima ataukah menolak.
 
Dalam hitung-hitungan politik, tentu saja tausiyah yang disampaikan di hadapan puluhan pembesar dan para kepala suku Arab, akan sangat bermanfaat bagi perubahan dan pembaharuan. Namun, perlakuan baik di hadapan mereka tidak harus mengorbankan seorang buta yang butuh pengajaran atas persoalan yang diajukannya.
 
Dengan kehadiran Ibnu Maktum yang jauh-jauh hari sudah mempersiapkan pertanyaan yang akan diajukan kepada Rasulullah, perlakuan dan pelayanan baik kepadanya, bisa jadi akan membukakan pintu-pintu langit di mana Allah memerintahkan para malaikat agar memberi petunjuk kepada khalayak pembesar Qurays tersebut.
 
Namun, sekuat apapun ambisi, agitasi maupun propaganda untuk menciptakan transformasi dan perubahan peradaban Indonesia, selagi pintu-pintu langit masih tertutup, dan para malaikat tidak diperintahkan untuk turun menyemaikan benih-benih petunjuk dan hidayah, niscaya perubahan yang diidam-idamkan suatu bangsa, tidak mungkin terwujud dan tercapai dengan sebaik-baiknya.
 
Sepenggal kisah sederhana yang dialami cendikiawan dan ulama sufi terkenal, Imam Ghazali dalam kitab “Nashaa ihul-‘Ibad”, menggambarkan karakter dan kepribadian seorang ulama sufi yang sudah rukun terhadap dirinya sendiri. Allah memberikan tamsil dan teguran kepada manusia, bahwa bukanlah banyaknya amal seseorang yang menjadi ukuran dan prioritas. Juga bukan ibadah mahdlah yang terus-menerus dilakukan siang dan malam, melainkan sikap yang rukun terhadap dirinya, hingga kemudian memancarkan kerukunan kepada manusia dan makhluk di sekitarnya.
 
Melihat kearifan dan kelembutan hati Imam Ghazali, suatu kali salah seorang sahabat menegurnya, “Apakah yang telah Allah perbuat kepadamu, Wahai Al Ghazali?” Dengan tatapan menerawang, sang ulama sufi itu menjawab, “Aku pernah mimpi berjumpa dan berdialog langsung dengan Allah, kemudian Dia Yang Maha Pengasih bertanya kepadaku, ‘Wahai Ghazali, amalan apakah yang paling utama akan kau pertanggungjawabkan di hadapan-Ku?”
 
Imam Ghazali menguraikan panjang-lebar mengenai usaha dan jerih payahnya selama ini, sebagai seorang pendakwah, penulis kitab, penyebar misi Islam yang menjunjung tinggi kredo “Tauhid”. Namun kemudian Allah pun berfirman, “Bukan itu semua amalan yang Aku maksudkan, wahai Ghazali. Tapi ketika pada suatu hari seekor lalat kehausan mencari-cari air, kemudian hinggap di ujung penamu, lalu kamu hentikan tulisanmu dan membiarkan lalat itu meminum tinta dari ujung penamu. Kamu lakukan itu dengan tulus, karena rasa kasih sayangmu pada sesama makhluk hidup. Oleh karena rasa cinta-kasih itulah maka akan Kumasukkan kamu bersama para ahli sorga.”
 
Subhanallah. Tidak ada jaminan bagi kalangan intelektual maupun akademisi yang mengacu dari pakar intelektualisme barat maupun timur. Bahkan yang sudah menulis puluhan buku ilmiah sekalipun, bila tidak disertai kepekaan hati, kepedulian dan imajinasi yang memancarkan cinta-kasih kepada pembacanya. Teguran yang menimpa Al-Ghazali melalui mimpinya, menunjukkan bahwa misi Islam dan panji-panji Tauhid, hanya mungkin didakwahkan dengan mengandung unsur harmoni antara kebenaran, kesabaran dan cinta kasih. Hal tersebut mengandung pesan-pesan universal bahwa nilai-nilai kebenaran tak mungkin dapat bersatu dengan ambisi-ambisi politik yang disertai dendam dan angkara murka.
 
Di sisi lain, tabiat para politisi dan penguasa seringkali mengangkat dirinya terlampau tinggi, sambil berdalih seakan-akan tampilnya di panggung politik semata-mata karena dicalonkan. Dengan lantang mereka menyatakan bahwa keberadaan dirinya hanya semata-mata diminta dan didukung oleh partai. “Saya ini ibaratnya hanya menjalankan tugas, hanya menuruti amanah. Nanti kalau saya menang, kalian sebagai konstituen tentu akan ikut merasa bangga, dan akan kami posisikan sebagai kader-kader yang berada di baris depan!”
 
Ungkapan yang bijak dan religius dari Imam Ali bin Abi Thalib, dengan telak menggugat fenomena perpolitikan yang membangun pencitraan diri secara langsung maupun tidak langsung. Menurut Imam Ali, manusia tidak sepantasnya mengangkat popularitas diri dan kelompoknya secara berlebihan, karena dikhawatirkan Allah akan membuka rahasia tentang hakikat dirinya yang sebenar-benarnya.
 
Melalui tulisan ini, saya ingin memberi wasiat kepada pembaca dan kepada diri saya sendiri. Bayangkan, seandainya hakikat hidup kita dibuka secara transparan di tengah masyarakat umum. Ketika segala tabir dosa dan kesalahan disingkap oleh Allah, baik yang dilakukan secara sembunyi maupun terang-terangan. Astaghfirullah, siapakah hakikat diri kita ini, jika segala aib dan cela dipertunjukkan ibarat pita-pita video tentang sejarah hidup yang diputar kembali, serta dipertontonkan  di hadapan publik. Bukankah kita yang sedang mengalami kelapangan hidup, badan sehat, hidup mulia, justru oleh karena Allah masih sayang, serta menutupi aib dan kesalahan kita selama ini?
 
Berikut ini saya ingin kemukakan sebuah kisah teladan dari kehidupan para sahabat Nabi, terutama mengenai pengalaman hidup yang dialami Abdullah bin Amr bin Ash. Dalam beragam versi, kisah ini telah banyak dimodifikasi oleh para penulis dan intelektual muslim. Namun, saya ingin menampilkan esensi dari kisah tersebut berkaitan dengan fenomena perpolitikan Indonesia, hingga nampak gambaran yang sangat ironis, terutama dengan segala hasrat dan ambisi politik duniawi akhir-akhir ini.
 
Saat itu, ketika Rasul sedang duduk-duduk bersama para sahabat, tiba-tiba beliau berkata sambil berbisik, “Sebentar lagi akan datang di antara kalian seorang ahli sorga.”
 
Sontak para sahabat bertanya-tanya siapakah gerangan di antara mereka yang dimaksudkan sebagai “ahli sorga”. Ketika muncul seorang lelaki yang dimaksud, nyaris sebagian sahabat tidak menduganya. Karena lelaki itu bukanlah seorang tokoh penting di antara para sahabat Nabi. Dia bukan seorang ahli ibadah, juga bukan seorang jenius yang ahli dalam strategi dan siasat politik dan pertempuran.
 
Abdullah bin Amr bin Ash ingin menyelidiki kehidupan sehari-hari lelaki itu, apakah kebiasaan yang ia lakukan di rumahnya. Ternyata benar apa yang dibicarakan banyak orang selama ini. Lelaki itu tidak tergolong ahli ibadah yang tekun semalam suntuk bermunajat. Di siang hari, ia pun bukan tergolong orang yang rajin melakukan ibadah puasa. Lantas, apa keistimewaan yang dimiliki hingga Rasulullah beberapa kali menyatakan kepada para sahabat, “Sebentar lagi akan datang di antara kalian seorang ahli sorga.”
 
Rasa penasaran Abdullah membuatnya harus berterus-terang menanyakan kepada lelaki tersebut, setelah berhari-hari ia berusaha menyelidikinya. Namun kemudian, beginilah jawabnya, “Saya sendiri kurang tahu apa yang dimaksudkan Rasul terhadapku, wahai Abdullah.” Dengan pandangan menerawang lelaki itu mengingat-ingat perihal amalan apa yang dilakukannya hingga Rasul menilainya sebagai suatu keistimewaan baginya.
 
“Coba kau ingat dengan seksama, amalan apa yang membuat Rasul memandangmu begitu istimewa di antara kami?
 
Lelaki itu menghela nafas dalam-dalam, dan dengan suaranya yang lembut ia berkata, “Wahai Abdullah, saya punya kebiasaan berdoa menjelang tidur, agar Allah senantiasa menghilangkan rasa dendam dan iri hati dalam kalbu saya. Sebaliknya, saya pun berdoa sekiranya ada orang yang mendendam dan membenciku selama ini, agar senantiasa Allah memberinya kesadaran serta petunjuk di jalan yang benar.”
 
Kini terbukalah rahasia yang selama ini menyelimuti benak dan pikiran Abdullah bin Amr bin Ash dan para sahabat lainnya. Betapa sulitnya manusia bersikap rukun (toleran) terhadap sesamanya, sebelum ia sanggup bersikap rukun terhadap dirinya sendiri. Seandainya para politisi dan penguasa menampilkan dirinya sebagai orang yang rukun terhadap warganya, sebelum ia mampu berbuat rukun terhadap dirinya, dapat dipastikan bahwa kerukunan itu hanyalah polesan kemasan, pencitraan, atau lips service belaka.
 
Kita mengambil teladan dari jejak-langkah kehidupan Rasul dan para sahabat, untuk menjadi solusi bagi kehidupan bangsa ini. Kita mengambil pelajaran yang baik dari umat yang memiliki kualitas moral terluhur dalam sepanjang sejarah kemanusiaan di muka bumi ini. Allah Maha Adil, tak mungkin Ia membiarkan suatu bangsa terlunta-lunta selama puluhan tahun, sulit mencapai kemajuannya, tanpa adanya hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik oleh mereka. Hanya masalahnya, bangsa ini mau membiarkan dirinya terlunta-lunta, ataukah sanggup memetik hikmah dari pelajaran yang disodorkan di tengah-tengah kita.
 
Melakukan rekonsiliasi dan introspeksi diri, memaafkan orang yang pernah berbuat salah dan menyakiti hati kita, adalah pekerjaan yang teramat berat, apalagi oleh bangsa yang pernah mengalami trauma dari stigma politik pasca 1965, ketika semua pihak merasa dirinya telah terzalimi.
 
Namun, apabila kita ikhlas dan mampu memaafkan orang yang kita musuhi, bahkan mendoakan kebaikan baginya, sifat mulia itu tergolong amalan istimewa yang dipandang baik oleh Rasulullah, serta dijamin keselamatan hidup bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat. Subhanallah. 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
IOF Derita Puluhan Korban Luka Baru Di Gaza, Total Jadi 3.757 Orang

IOF Derita Puluhan Korban Luka Baru Di Gaza, Total Jadi 3.757 Orang

Jum'at, 29 Mar 2024 21:45

Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Jum'at, 29 Mar 2024 21:12

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X