Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.390 views

Islamophobia Dibalik Narasi 'Good Looking'

 

Oleh: Hana Rahmawati

Istilah good looking menjadi perbincangan hangat yang mewarnai jagad dunia maya beberapa hari ini. Istilah ini kini menjadi sorotan, pasalnya pada pertemuan Webinar bertajuk Strategi Menangkal Radikalisme pada ASN (02/09/2020), Menag menegaskan bahwa paham radikal masuk masjid lewat anak yang good looking. 

"Caranya masuk mereka gampang, pertama dikirimkan seorang anak yang good looking, penguasaan bahasa arabnya bagus, hafidz, mereka mulai masuk."  Kata Menag, Fachrul Razi, yang disiarkan melalui Channel Youtube, Kemenpan RB (02/09/2020).

Sontak saja pernyataan kontroversial menag tersebut kembali memantik pro kontra di kalangan umat. Pernyataan menag tersebut jelas melukai hati mayoritas penduduk di negeri ini. Pasalnya, pernyataan mengenai good looking, paham bahasa arab dengan baik yang menurut menag menjadi pintu masuknya radikalisme jelas mengarah kepada umat Islam.

Menurut Ustadz Fatih Karim (Founder Cinta Qur'an Centre) dalam wawancara di Channel Fokus Khilafah (06/09/2020), bagaimana bisa seorang da'i yang berpenampilan bersih dikatakan sebagai seorang yang radikal hanya karena mengajak umat untuk menerapkan syari'at secara kaffah serta mengamalkan Alquran. Hal ini jelas merupakan tuduhan tidak berdasar dan bertentangan dengan keimanan.

Hal senada disampaikan oleh wakil ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, ia menyayangkan menteri agama Fahrul Razi kembali membuat pernyataan yang meresahkan umat, menggambarkan phobia kepada hafidz (penghafal Alquran), anak muda good looking, mampu berbahasa arab dengan baik yang disebut sebagai pintu masuknya radikalisme di masjid-masjid. Menurut HNW, pernyataan seperti ini tidaklah diperlukan ditengah semakin meningkatnya korban COVID19 dan makin banyaknya kasus moral ditengah masyarakat.  Masih menurut HNW, seharusnya menteri agama berterimakasih kepada anak-anak muda tersebut. Menyambut positif tren mereka dalam berhijrah, mampu berbahasa arab terlebih lagi hafidz quran yang mau memakmurkan masjid. (suaraislam.id, 04/09/2020).

Islam memang mengajarkan kepada umatnya untuk berpenampilan good looking, berkepribadian Islami yang baik, menjaga kebersihan dan kesucian diri juga kejernihan berpikir dan kejernihan aqidah. Adapun aspek kepribadian Islam itu mencakup pola pikir dan pola sikapnya. Jadi tatkala seorang muslim menjadikan Islam sebagai standar pola pikir dan pola sikapnya, tentunya ia telah memiliki kepribadian yang Islami. Dengan memiliki kepribadian yang islami, maka ia telah menjelma menjadi sosok yang good looking. Bahkan kepribadian Islam yang dimilikinya lebih mulia daripada tampilan fisik wajah yang ganteng maupun cantik.

Muslim yang good looking itu mempunyai karakter sebagai ibadur rahman. Menebarkan kebaikan, menunjukkan jalan Islam pada manusia dan berlomba-lomba meraih ridho Allah. Akhlaq dan adabnya mulia. Tentu saja sosok yang sedemikian sangat tidak layak untuk dicurigai.

Menteri Agama yang Penuh Kontroversi

Menag Fahrul Razi  yang sejak awal menjabat tidak pernah sepi dari sorotan umat. Berbagai narasi kontroversi di lontarkannya. Pada tahun 2019, Fachrul Razi sempat berencana untuk melarang penggunaan cadar dengan alasan keamanan dari radikalisme. Usulan ini diterapkan bagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat saat itu. Selain cadar, celana cingkrang pun turut di permasalahkan. Saat itu, Fachrul bilang ada tren mengaitkan penggunaan cadar dan celana cingkrang dengan tingkat ketakwaan. Selain itu, ia juga menyinggung alasan keamanan.

Selanjutnya Fachrul menggagas sertifikasi penceramah guna merespons gerakan radikalisme yang sudah masuk ke mimbar-mimbar masjid. Menurutnya, saat ini banyak penceramah yang membodohi umat dengan menggunakan dalil-dalil agama. Kemudian Menag menerbitkan Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. Aturan itu mengharuskan pendaftaran majelis di kantor Kementerian Agama untuk dapat Surat Keterangan Terdaftar.

Menjadi hal yang memprihatinkan jika menteri agama yang seharusnya mengurus permasalahan Aqidah umat Islam agar semakin kuat, kini seolah menakuti rakyatnya menggunakan label pemahaman agama dan atributnya.  Sesungguhnya masih banyak hal tentang moral bangsa yang harus mendapat perhatian khusus dari sekedar terus menerus membuat kebijakan kontroversial yang selalu melukai perasaan umat Islam.

Sebagai contoh degradasi moral bangsa kita saat ini, salah satunya jumlah kasus narkoba yang masih menunjukkan tren kenaikan tiap tahunnya. Belum lagi kerusakan moral remaja akibat pergaulan bebas yang semakin marak. Dilansir dari liputan6.com, 19/07/2019, ditemukan data bahwa 33% remaja di Indonesia melakukan seks di luar nikah, ini terdiri dari remaja usia 18 sampai 20 tahun. Kemudian kasus-kasus korupsi di Indonesia yang belum juga terhenti. Ini disebabkan terkikisnya bahkan hilangnya keimanan dalam diri masing-masing individu.

Narasi Islamophobia seakan terus dihembuskan rezim ini kepada umat. Namun, di saat bersamaan geliat keislaman sedang tumbuh pesat di berbagai kalangan rakyat Indonesia. Dari artis hingga anak punk di jalanan, dari rakyat kecil hingga pemilik perusahaan. Seharusnya pemerintah berterimakasih kepada anak-anak muda dan da'i good looking  yang terus menyebarkan semangat keislaman ke tengah-tengah umat, membebaskan umat dari kebodohan dan buta Alquran, mengubah sifat kebinatangan menjadi manusia yang mulia, memakmurkan masjid dan merawatnya. Semua itu layak mendapat apresiasi dari menteri agama negeri ini, bukan malah menyematkan stigma negatif kepada para pengemban dakwah, muslim yang good looking.

Jika narasi Islamophobia terus dihembuskan pemerintah, maka jangan salahkan umat jika mereka akan berpikir bahwa rezim ini anti Islam dan berusaha memadamkan cahaya Islam. Sudah saat nya umat menyatukan hati dan perasaan untuk sama-sama meninggikan agama mulia ini. Karena sesungguhnya Islam itu tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya. Kemudian bersama menyadarkan pemerintah untuk kembali kepada penerapan syariah serta memahami ajaran Islam yang sempurna dan paripurna ini. Semoga Allah memadamkan setiap usaha yang ingin meredupkan cahaya Islam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Wallahu A'lam Bi Ash-shawab

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Bertambah Takwa Pasca Ramadhan

Bertambah Takwa Pasca Ramadhan

Selasa, 11 May 2021 22:46

Korban Tewas Meningkat Jadi 26 Akibat Serangan Zionis Israel Di Jalur Gaza

Korban Tewas Meningkat Jadi 26 Akibat Serangan Zionis Israel Di Jalur Gaza

Selasa, 11 May 2021 22:35

Anakku Investasi Akhiratku

Anakku Investasi Akhiratku

Selasa, 11 May 2021 22:32

Pastor Katholik Palestina Desak Umat Kristen Lindungi Al-Aqsa Dari Agresi Israel

Pastor Katholik Palestina Desak Umat Kristen Lindungi Al-Aqsa Dari Agresi Israel

Selasa, 11 May 2021 22:20

Tengku Zulkarnain, Adikku dan Harapanku

Tengku Zulkarnain, Adikku dan Harapanku

Selasa, 11 May 2021 22:19

Amnesty: Israel Gunakan Kekuatan Kejam dan Tanpa Alasan Terhadap Demonstran Palestina

Amnesty: Israel Gunakan Kekuatan Kejam dan Tanpa Alasan Terhadap Demonstran Palestina

Selasa, 11 May 2021 22:05

Kebijakan yang Membuat Kelabakan

Kebijakan yang Membuat Kelabakan

Selasa, 11 May 2021 22:05

HNW Ingatkan Pentingnya Jokowi Hadirkan Langkah Kongkret untuk Palestina

HNW Ingatkan Pentingnya Jokowi Hadirkan Langkah Kongkret untuk Palestina

Selasa, 11 May 2021 21:58

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh pada 13 Mei 2021

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh pada 13 Mei 2021

Selasa, 11 May 2021 21:47

Hamas Bersumpah Lanjutkan Serangan Roket Jika Israel Tidak Hentikan Agresi Di Yerusalem Dan Al-Aqsa

Hamas Bersumpah Lanjutkan Serangan Roket Jika Israel Tidak Hentikan Agresi Di Yerusalem Dan Al-Aqsa

Selasa, 11 May 2021 21:45

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Selasa, 11 May 2021 21:43

Kabar Duka dan Proyek Regenerasi Ulama

Kabar Duka dan Proyek Regenerasi Ulama

Selasa, 11 May 2021 21:11

Israel Serang Masjid Al Aqsha, Ini Pernyataan Sikap DSKS

Israel Serang Masjid Al Aqsha, Ini Pernyataan Sikap DSKS

Selasa, 11 May 2021 17:01

Sikap Wahdah Islamiyah Atas Penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsha

Sikap Wahdah Islamiyah Atas Penyerangan Israel ke Masjid Al Aqsha

Selasa, 11 May 2021 16:57

Ditjen Bimas Islam: Ustaz Tengku Zulkarnain Pegiat Dakwah yang Gigih dan Berkarakter

Ditjen Bimas Islam: Ustaz Tengku Zulkarnain Pegiat Dakwah yang Gigih dan Berkarakter

Selasa, 11 May 2021 16:45

WNA Cina Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Muhaimin: Pemerintah Harus Peka

WNA Cina Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Muhaimin: Pemerintah Harus Peka

Selasa, 11 May 2021 16:39

Anis: Rencana Kenaikan PPN Cederai Rasa Keadilan Masyarakat

Anis: Rencana Kenaikan PPN Cederai Rasa Keadilan Masyarakat

Selasa, 11 May 2021 16:24

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Masjid JIC Gelar Shalat Id dengan Prokes Ketat

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Masjid JIC Gelar Shalat Id dengan Prokes Ketat

Selasa, 11 May 2021 16:11

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Partai Ummat Mengajak Umat Islam Bersatu

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Partai Ummat Mengajak Umat Islam Bersatu

Selasa, 11 May 2021 16:08

Aksi Solidaritas Umat Muslim Indonesia untuk Palestina dan Bela Masjid Al-Aqsa

Aksi Solidaritas Umat Muslim Indonesia untuk Palestina dan Bela Masjid Al-Aqsa

Selasa, 11 May 2021 12:38


MUI

Must Read!
X