Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.043 views

Dark Joke, Humor Gelap yang Berlagak Openminded?

 

Oleh: Alga Biru

"Gong Xi Fa Cai !! Apakah di tiongkok pas angpao dibuka isi nya Virus Corona?" tulis Coki Pardede di akun Twitter miliknya @pardedereza.

Pada awal pandemi tahun lalu, Coki Pardede sempat-sempatnya bikin dark joke di tengah wabah korona yang bikin banyak orang berduka. Menurut kalian gimana? Ngerasa lucu, garing atau cuma dark-nya doang?

Nah itu cerita tahun lalu ya; baru-baru ini Indonesia diliput berduka. Meski wabah korona belum selesai tetapi bangsa kita dibuat terhenyak dengan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang menelan banyak korban. Ketimbang menunjukkan sedih dan simpati, sebagain orang sempat-sempatnya bikin dark joke yang mengeruhkan situasi.

“Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak pasti pilotnya kang ghosting nih,” tulis akun Twitter @milkitasoklat. Cuitan ini mendapat banyak kritikan sebab menjadikan tragedi jadi bahan candaan.  Pembicaraan tragedi masa lalu aja bikin nggak enak kalau diungkit-ungkit, apalagi ngebecandain bencana yang lagi hangat-hangatnya. Benarlah, malah terkesan nggak ada akhlak. Ternyata orang yang sengaja menyebar dark joke begini nggak sendirian, segelintir seolah merasa keren dengan bikin candaan kontroversial  Misalnya saja bunyi cuitan berikut ini :

"Cukup Sriwijaya SJ 182 aja yang jatuh, hati aku sama kamu jangan ya", tulis salah satu netizen yang bikin dark joke gombal campur garing. Menurut kalian?

Humor Gelap

Setelah menyimak sekelumit dark joke tadi, sebenarnya apa sih dark joke itu? Mengutip Wikipedia, komedi gelap atau komedi hitam adalah sebuah gaya komedi yang membuat sorotan terhadap subyek-subyek yang umumnya dianggap serius atau tabu. Humor ini biasanya dibumbui dengan sarkasme, satire sembari memainkan domain yang sensitif seperti kematian, wabah, kemiskinan dan semisalnya.

Terlepas bahwa humor memiliki banyak genre dan selera, humor tetaplah humor, yang mana esensi becanda harusnya bernilai candaan. Singkatnya, humor selayaknya menghibur orang lain, bikin segar dan bukan sebaliknya. Kalau selepas dengar dark joke malah bikin  sedih, miris, dan gelap hati, ngapain juga dibecandain?

Orang-orang yang mati itu tragedi, nggak ada lucu-lucunya. Logikanya, yang perlu dimunculkan adalah rasa empati. Kita nggak butuh lucu-lucuan dalam situasi ini. Setidaknya ada 3 aspek yang perlu diperhatikan sebelum membuat candaan.

Pertama, subjek atau pelaku yang membuat humor. Kita bakal ketawa kalau ada orang bodoh sedang menertawakan kebodohannya. Ketika orang pintar menertawakan orang bodoh justruvakan menimbulkan kesan penghinaan, bukannya lucu.

Kedua, perkiraan waktu. Sesuatu tragedi bisa terasa lucu setelah menjadi masa lalu. Misal, kita akan lebih merasa lucu jika mengingat masa kecil kita yang pernah kencing di celana.

Ketiga, tergantung target pendengarnya. Jangan melempar dark joke kepada sembarang orang apalagi ruang publik. Sesuatu itu bernilai lucu atau tidak tergantung pengalaman masing-masing orang. Karena sejak awal humor ditujukan untuk hiburan, maka lemparkan candaan tertentu pada orang tertentu pula. Jangan berlagak sok asik, tapi ujung-ujungnya menyakiti hati orang.

Para pelaku dark joke sering membela diri bahwa mereka hanya ingin bersikap openminded, woles dan menunjukkan humor. Kalau akal pikirannya lurus, harusnya sih bisa dong cari bahan lain untuk dijadikan candaan? Kenapa harus mengumbar tragedi yang tidak dia rasakan untuk mengemis pemakluman orang lain di balik kata "openminded"?

Pada akhirnya, bercanda itu nggak perlu dipaksakan dan dibela-belain supaya terlihat lucu. Kalau dasarnya lucu ya lucu aja, nggak usah nyerempetin kepedihan orang biar ada lawaknya. Kita masih bisa menikmati hidup tanpa mengumbar komedi gelap. Lemparkan humor seperlunya sesuai situasi dan substansi. Terlalu banyak ketawa pun tidak dianjurkan, karena dapat mengakibatkan efek samping serius.

“Janganlah kalian banyak tertawa karena banyak tertawa akan mematikan hati” , pesan  Rasulullah. Barangkali pengumbar dark joke itu memang sudah mati hatinya sehingga dengan gampang menertawakan kepedihan orang lain. Wallahu'alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Latest News
Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-350)

Kamis, 25 Feb 2021 13:26

Yuk Bikin Logo atau Brosur Keren Infaq Seikhlasnya

Yuk Bikin Logo atau Brosur Keren Infaq Seikhlasnya

Kamis, 25 Feb 2021 12:42

Tolak Zuhairi Misrawi

Tolak Zuhairi Misrawi

Kamis, 25 Feb 2021 11:20

Pimpinan Majelis Tafsir Al-Qur'an Ustadz Ahmad Sukina Meninggal Dunia

Pimpinan Majelis Tafsir Al-Qur'an Ustadz Ahmad Sukina Meninggal Dunia

Kamis, 25 Feb 2021 11:15

Wajah Cerah dengan Face Mist Halal Berbahan Saffron Afghanistan

Wajah Cerah dengan Face Mist Halal Berbahan Saffron Afghanistan

Kamis, 25 Feb 2021 08:54

Kekeliruan Paradigma Emosi

Kekeliruan Paradigma Emosi

Rabu, 24 Feb 2021 23:00

Pendangkalan Aqidah Generasi Dampak Moderasi

Pendangkalan Aqidah Generasi Dampak Moderasi

Rabu, 24 Feb 2021 22:44

Bekerja untuk Akhirat

Bekerja untuk Akhirat

Rabu, 24 Feb 2021 22:12

Kerumunan Jokowi di Maumere, PKS: Apa Artinya Segala Upaya Penanggulangan Covid-19?

Kerumunan Jokowi di Maumere, PKS: Apa Artinya Segala Upaya Penanggulangan Covid-19?

Rabu, 24 Feb 2021 21:39

Perda Syariat Digugat, Dimana Hak Umat untuk Taat?

Perda Syariat Digugat, Dimana Hak Umat untuk Taat?

Rabu, 24 Feb 2021 21:38

Belajar dari Kisah Ashabul Kahfi: Ikhlas dalam Beribadah

Belajar dari Kisah Ashabul Kahfi: Ikhlas dalam Beribadah

Rabu, 24 Feb 2021 21:17

Jilbab Dihambat, Perda Syariat Digugat

Jilbab Dihambat, Perda Syariat Digugat

Rabu, 24 Feb 2021 20:51

Menjaga Keluarga dari Gerusan Kapitalisme

Menjaga Keluarga dari Gerusan Kapitalisme

Rabu, 24 Feb 2021 20:50

Akhiri Ketidakpastian Hukum, Partai Gelora Dorong Penerbitan Perppu dan Pengesahan RUU KUHP

Akhiri Ketidakpastian Hukum, Partai Gelora Dorong Penerbitan Perppu dan Pengesahan RUU KUHP

Rabu, 24 Feb 2021 20:43

Generasi, Akankah Jadi Tumbal Moderasi Beragama?

Generasi, Akankah Jadi Tumbal Moderasi Beragama?

Rabu, 24 Feb 2021 20:24

Manajemen Marah

Manajemen Marah

Rabu, 24 Feb 2021 20:05

Perang Lawan Rentenir, Legislator Ini Dorong Program Ibu Berdaya

Perang Lawan Rentenir, Legislator Ini Dorong Program Ibu Berdaya

Rabu, 24 Feb 2021 19:59

Jika Varian Baru Corona Masuk Ke Indonesia, Bagaimana Nasib Kita?

Jika Varian Baru Corona Masuk Ke Indonesia, Bagaimana Nasib Kita?

Rabu, 24 Feb 2021 19:47

Islam Solusi Kekerasan Seksual pada Perempuan

Islam Solusi Kekerasan Seksual pada Perempuan

Rabu, 24 Feb 2021 19:30

Sinergi ACT-Korps Marinir Bantu Korban Banjir Kabupaten Bekasi

Sinergi ACT-Korps Marinir Bantu Korban Banjir Kabupaten Bekasi

Rabu, 24 Feb 2021 19:29


MUI

Must Read!
X