Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.620 views

Pelajari Juga Tafsirnya

MENJADI muslim yang cinta Qur’an adalah salah satu hal yang sering kita ucapkan. Klaim bahwa kita mencintai kitab Allah yang diturunkan melalui rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam ini adalah klaim yang sering kita dengar dari berbagai pihak. Tidak percaya? Jika tidak percaya cobalah tanyakan kepada muslim yang sedang berada di dekat Anda, niscaya mereka menjawab bahwa mereka mencintai al-Qur’an dan segala isi yang dikandungnya.

Ini tidak salah dan memang seharusnya demikian. Kita sebagai muslim memang wajib, mesti, harus, tidak bisa tidak, … perlu untuk mencintai Qur’an. Lebih cinta kepadanya dibandingkan dengan segala kitab/buku lainnya yang pernah ditulis di muka bumi. Maka tidak masalah jika kita mengucapkan klaim bahwa kita mencintai kitabullah ini.

Yang menjadi masalah adalah, apakah kita benar-benar telah mencintainya? Benarkah kita telah berusaha untuk membaca dan memahami isinya? Jika belum bisa membacanya, maka pelajarilah cara membacanya. Jika sudah bisa membacanya tapi belum memahami isinya, maka pelajarilah tafsirnya.

Bagaimana jika belum memiliki buku tafsir atau sudah punya tapi belum memiliki kemampuan untuk membaca kitab tafsir yang rata-rata berbahasa Arab? Tenang saja, insyaAllah kini telah tersedia kumpulan berbagai tafsir mudah dan ringkas di situs TafsirWeb.

Dengan visi menjadi pusat rujukan tafsir terpercaya, maka bukan sembarang tafsir yang disediakan di website ini. Akan tetapi tafsir-tafsir yang dikeluarkan oleh lembaga terpercaya seperti yang dikeluarkan Kementrian Agama RI, dari Kementrian Agama Saudi Arabia, Tafsir al-Mukhtashar yang disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram) dan lain sebagainya.

 

Pelajari Berbagai Tafsir Surat Populer

Membaca tafsir Qur’an ringkas di situs TafsirWeb insyaaAllah sangat mudah dan cepat. Selain itu juga gratis, sehingga tidak akan memakan biaya. Akan tetapi untuk masalah waktu tentu akan tetap banyak terpakai, karenanya kami menyarankan Anda untuk membaca tafsir berbagai surat yang populer dulu agar waktu belajar Anda menjadi lebih efektif.

Adapun surat-surat yang kami rekomendasikan untuk dipelajari terlebih dahulu adalah sebagai berikut:

  1. Surah Fatihah. Tidak layak tentunya meninggalkan surat yang paling sering kita baca dalam hidup kita ini. Inilah surat yang paling pertama harus kita ketahui maknanya.

  2. Surah Yasin. Ini adalah surat pertama yang kami rekomendasikan dikarenakan sangat populer dibaca di Indonesia. Maka alangkah ruginya kalau kita hanya bisa membacanya tapi tidak mengerti makna dan arti yang dikandungnya.

  3. Surah Kahfi. Surat ini termasuk surat yang juga banyak dibaca di tanah air tercinta, dikarenakan ada hadits shahih yang menjelaskan manfaat membaca/menghapal ayat-ayat dari surat ini dalam melindungi kita dari Dajjal. Maka sangat layak dibaca tafsirya.

  4. Surah Waqiah. Banyak yang membaca surat ini dikarenakan adanya hadits yang menyatakan keutamaannya, akan tetapi sayang haditsnya palsu. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk membaca tafsirnya karena banyak pelajaran dari surat yang menarik ini.

  5. Surah Rahman. Dikenal dengan keindahan susunan ayatnya, surat ar-Rahman sering dibaca para imam dalam shalat-shalat mereka. Sudah selayaknya kita pahami artinya selain menikmati keindahannya.

  6. Surah Baqarah. Amat beragam pelajaran aqidah, ibadah juga syari’ah yang terkandung di dalam surat dengan jumlah ayat paling banyak di dalam Qur’an ini. Sayang sekali jika terlewat untuk dipelajari lebih dalam makna yang dikandungya.

  7. Surah Mulk. Kekuasaan Allah sangatlah besar dan tidak terbatas, itu adalah salah satu kandungan yang terdapat di dalam ini. Yang lainnya? Silakan baca di dalam penjelasan panjang lebar terkait surat yang mulia ini.

  8. Surah Dhuha. Mungkin hari ini Anda sudah melewati waktu dhuha. Mungkin besok Anda pun akan melewati waktu dhuha. Lalu, apa yang sudah Anda ketahui tentang waktu ini?

  9. Surah Naba. Tentang apa mereka bertanya-tanya? Tentang sebuah berita yang amat besar. Berita apakah itu? Baca selengkapnya agar tidak penasaran.

  10. Surah Yusuf. Berisikan kisah salah seorang nabi yang sangat luar biasa kesabarannya, sebuah kita yang dikatakan sebagai kisah terbaik dalam Qur’an. Bagaiman ceritanya? Bacalah agar semakin jelas dan dapat dipetik manfaatnya.

Demikian berbagai surat yang bisa Anda pelajari tafsirnya dan yang kami sarankan untuk dibaca. Bukan berarti surat yang lain tidak penting atau membatasi, akan tetap ini hanya langkah awal saja. Untuk membaca tafsir surat lainnya bahkan hingga seluruh surat dalam Qur’an tentu sangat baik bahkan itulah yang seharusnya dilakukan.* [Ril]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X