Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.472 views

Pakar PBB: Kelompok Islamic State Masih JadiAncaman Serius Di Suriah, Irak dan Afghanistan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Kelompok Islamic State masih memimpin antara 5.000 hingga 7.000 anggota di bekas kubunya di Suriah dan Irak dan para pejuangnya menjadi ancaman paling serius di Afghanistan hari ini, para ahli PBB mengklaim dalam sebuah laporan yang diedarkan pada hari Senin (14/8/2023).

Para ahli yang memantau sanksi terhadap kelompok Islamic State, juga dikenal dengan akronim Arabnya Daesh, mengatakan bahwa selama paruh pertama tahun 2023, ancaman yang ditimbulkan oleh IS tetap “kebanyakan tinggi di zona konflik dan rendah di wilayah non-konflik”.

Namun panel tersebut mengatakan dalam sebuah laporan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa "situasi keseluruhan bersifat dinamis" dan meskipun kehilangan kepemimpinan kelompok yang signifikan dan berkurangnya aktivitas di Suriah dan Irak, risiko kebangkitannya tetap ada.

“Kelompok itu telah mengadaptasi strateginya, menyatukan dirinya dengan penduduk lokal, dan telah berhati-hati dalam memilih pertempuran yang kemungkinan akan mengakibatkan kerugian terbatas, sambil membangun kembali dan merekrut dari kamp-kamp di timur laut Republik Arab Suriah dan dari komunitas-komunitas yang rentan, termasuk di negara tetangga," kata para ahli.

Kelompok Islamic State mendeklarasikan kekhalifahan mereka di sebagian besar wilayah di Suriah dan Irak yang direbutnya pada 2014. Kelompok itu dinyatakan kalah di Irak pada 2017 setelah pertempuran tiga tahun yang menewaskan puluhan ribu orang dan kota-kota. dalam reruntuhan, tetapi sel tidurnya tetap ada di kedua negara.

Meskipun operasi kontra-terorisme berkelanjutan, Islamic State terus memimpin antara 5.000 hingga 7.000 anggota di seluruh Irak dan Suriah, "kebanyakan dari mereka adalah pejuang", meskipun sengaja mengurangi serangannya "untuk memfasilitasi perekrutan dan reorganisasi", kata para ahli.

Di timur laut Suriah, sekitar 11.000 tersangka pejuang IS ditahan di fasilitas pasukan Tentara Demokratik Suriah pimpinan Kurdi, yang telah memainkan peran penting dalam perang melawan Islamic State, kata panel tersebut. Para pejuang termasuk lebih dari 3.500 warga Irak dan sekitar 2.000 dari hampir 70 negara, katanya.

Suriah Timur Laut juga merupakan lokasi dua kamp tertutup - al-Hol dan Roj - di mana para ahli mengatakan sekitar 55.000 orang yang diduga memiliki hubungan atau ikatan keluarga dengan Islamic State hidup dalam kondisi "mengerikan" dan "kesulitan kemanusiaan yang signifikan".

Sekitar dua pertiga dari populasi adalah anak-anak termasuk lebih dari 11.800 orang Irak, hampir 16.000 orang Suriah dan lebih dari 6.700 anak muda dari lebih dari 60 negara lain, kata para ahli.

Panel tersebut mengutip satu negara yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa IS telah mempertahankan program “Cubs of the Khilafah”, merekrut anak-anak di kamp al-Hol yang penuh sesak. Selain itu, lebih dari 850 anak laki-laki, sebagian berusia 10 tahun, berada di pusat penahanan dan rehabilitasi di timur laut, kata para ahli.

Di Afghanistan, panel mengatakan anggota PBB menilai kelompok Islamic State merupakan ancaman teroris paling serius bagi negara dan kawasan yang lebih luas. IS dilaporkan telah meningkatkan kemampuan operasionalnya dan sekarang memiliki sekitar 4.000 hingga 6.000 petempur dan anggota keluarga di Afghanistan, katanya.

Di Afrika, para ahli mengklaim pengerahan pasukan regional di provinsi Cabo Delgado Mozambik mengganggu afiliasi IS, dan negara-negara regional memperkirakan sekarang memiliki 180-220 pejuang laki-laki dengan pengalaman medan perang, turun dari 280 sebelumnya.

Di timur, para ahli mengatakan beberapa negara menyatakan keprihatinan bahwa kelompok seperti Islamic State dapat mengeksploitasi kekerasan politik dan ketidakstabilan di Sudan yang dilanda konflik.

Dan beberapa negara menilai bahwa afiliasi Daesh di Sahel Afrika "menjadi semakin otonom dan telah memainkan peran penting dalam eskalasi kekerasan di wilayah tersebut, bersama dengan kelompok jihadis lainnya", kata mereka, merujuk pada meningkatnya serangan Islamic State di beberapa front di Mali. dan pada tingkat yang lebih rendah di Burkina Faso dan Niger. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X