Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.802 views

Angkatan Bersenjata Mesir Gulingkan Mursi dari Kursi Presiden

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Angkatan bersenjata Mesir pada Rabu (3/7/2013) akhirnya menggulingkan Muhammad Mursi dari kursi Presiden Mesir yang telah ia jabat selama setahun terakhir.

Presiden Muhammad Mursi saat ini berada di sebuah barak Garda Republik dikelilingi oleh kawat berduri, hambatan dan pasukan militer, tetapi tidak jelas apakah ia berada dalam tahanan. Surat kabar pemerintah Al-Ahram mengatakan tentara mengatakan kepadanya pukul 7 malam yang masa jabatannya telah berakhir.

Mursi telah diasingkan setelah mengecam sebuah "kudeta militer" yang menanggalkan kekuasaan yang berusia setahun. Ketika tank dan pasukan militer berhasil menguasai daerah itu, puluhan ribu pendukungnya dari Ikhwanul Muslimin mengadanya pawai didekatnya untuk di dekatnya untuk memprotes penggulingan Mursi.

Penggulingan dramatis Mursi setelah satu tahun bertugas sebagai presiden pertama Mesir yang dipilih secara bebas menandai putaran lain dalam gejolak yang melanda negara yang paling padat penduduknya di dunia Arab dalam dua tahun sejak jatuhnya Hosni Mubarak.

Kepala angkatan bersenjata Mesir Jenderal Abdel Fattah al-Sisi yang mengklaim mandat dari rakyat dalam pidato di televisi mengatakan Mursi telah gagal memenuhi tuntutan untuk persatuan nasional.

"Mereka yang ikut dalam pertemuan telah menyepakati peta jalan untuk masa depan yang mencakup langkah-langkah awal untuk mencapai pembangunan masyarakat Mesir yang kuat yang kohesif dan tidak mengecualikan siapa pun dan berakhirnya keadaan ketegangan dan perpecahan," kata Sisi dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi negara.

Ia mengatakan pasukan keamanan akan menjaga ketertiban. Ada bentrokan antara faksi-faksi saingan yang tersebar di seluruh negeri tetapi sejauh ini tidak ada peningkatan skala kekerasan di mana lebih dari 40 orang telah tewas dan ratusan terluka dalam beberapa pekan terakhir.

Sumber-sumber keamanan mengatakan sedikitnya empat orang tewas pada hari Rabu.

Abdel Fattah al-Sisi mengumumkan penghentian segera konstitusi baru Islam yang di buat selama pemeritahan Musri dan sebuah peta jalan untuk kembali ke pemerintahan demokratis di bawah buku aturan yang direvisi.

Presiden Mahkamah Konstitusi akan menggantikan Mursi. Sebuah pemerintahan teknokratis akan memerintah sampai pemilihan presiden dan parlemen baru diadakan - tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan.

Konstitusi akan ditinjau oleh perwakilan panel semua lapisan masyarakat di negara Arab terbesar tersebut.

Muhammad Mursi adalah yang pertama dari para pemimpin besar Islam yang telah mengambil kekuasaan di Mesir sejak pemberontakan Musim Semi Arab terhadap para pemimpin otokratik dimana dia juga digulingkan pada akhirnya. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X