Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.640 views

Malaysia Tangkap 8 Tersangka Karena Terkait Jihadis yang Berbasis di Yaman

PERLIS, MALAYSIA (voa-islam.com) - Pihak berwenang Malaysia telah menangkap delapan tersangka karena diduga menyebarkan ajaran agama yang dapat mengancam stabilitas negara Asia Tenggara itu, kata polisi, Sabtu (6/10/2018).

Kepala polisi Mohamad Fuzi Harun mengatakan para tersangka terhubung dengan sekolah agama di Yaman yang mempromosikan ajaran yang mengizinkan pembunuhan non-Muslim serta Muslim yang tidak mengikuti cara mereka dan mencela demokrasi sebagai tidak Islami .

Dia mengatakan para orang asing itu, berusia antara 24 hingga 38 tahun, termasuk lima orang dari satu negara di Eropa, satu dari Amerika dan satu lagi dari Timur Tengah.

Fuzi mengatakan penangkapan 24 September terjadi setelah polisi menerima laporan intelijen tentang upaya oleh kelompok pejuang yang berbasis di Yaman untuk mendirikan sekolah di Asia Tenggara untuk mempromosikan ideologi Salafi Jihadi, yang disebarkan oleh kelompok-kelompok termasuk Islamic State.

Dia mengatakan kedelapan orang itu terkait dengan pusat pembelajaran Islam di negara bagian Perlis utara yang memiliki hubungan dengan sekolah Yaman, tetapi tidak memberikan rincian tentang pusat Malaysia tersebut. Dia mengklaim penyelidikan awal menunjukkan delapan orang itu menolak demokrasi dan memiliki keyakinan ekstrim.

Enam dari mereka, mahasiswa dari Perlis Center, ditahan di negara bagian itu dan diyakini memiliki hubungan dengan kelompok Islamic State atau sel-sel ekstremis di negara mereka, kata Fuzi. Pria Timur Tengah, mantan guru di Perlis Center, dijemput di Kuala Lumpur karena memberikan kajian Islam yang melanggar hukum Malaysia berupa penyebaran faham Jihad, katanya.

Seorang pengusaha Malaysia, seorang mantan mahasiswa dari Perlis center yang ingin mempromosikan pemerintahan Islam di Malaysia, ditahan di negara bagian selatan Johor katanya.

Fuzi mengatakan ini bukan pertama kalinya bahwa tersangka telah mencoba menyebarkan ajaran Jihad di Malaysia. Pada 1985, dua pemimpin kelompok Jemaah Islamiyah mendirikan sekolah di dua negara bagian Malaysia untuk mempromosikan ideologi Jihad dan merekrut anggota baru tetapi pihak berwenang berhasil menghentikannya, katanya.

Malaysia telah berjuang untuk mengekang pengaruh sel-sel militan yang terkait dengan kelompok IS. Banyak warganya telah pergi ke Timur Tengah untuk bertempur dengan kelompok Islamic State dalam beberapa tahun terakhir, sering melalui Turki. Ratusan orang yang diduga memiliki hubungan dengan IS telah ditahan di Malaysia dalam beberapa tahun terakhir. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

IDC akan menggelar santunan yatim, jompo dan lansia bertepatan dengan peresmian Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya. Mari berjihad bersama Yatim dan dhuafa, peluang masuk surga bersama Nabi sedekat...

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

Pengasuh Madrasah Diniyah Tarbiyatut Tholabah Purbalingga ini diuji Allah dengan penyakit langka. Kulit di sekujur tubuhnya mengelupas, bersisik, luka bernanah, gatal dan nyeri cekot-cekot....

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Di pekan ketiga IDC sudah serahkan donasi 29 juta rupiah untuk biaya perawatan Khaulah Kamilah. Bayi prematur anak ustadz aktivis dakwah ini masih dirawat intensif inkubator di rumah sakit Anna...

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

Alhamdulillah... Mushalla Al-Muhaimin Kasinoman korban gempa Banjarnegara, kembali berdiri dengan gagah setelah dibangun dari program Wakaf IDC sebesar 74 juta rupiah...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X