Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.500 views

Peringati 31 Tahun Intifada Pertama, Hamas Berjanji untuk Lanjutkan Perjuangan Bersenjata

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Gerakan perlawanan Palestina Hamas telah menandai peringatan ke-31 Intifada pertama dengan janji untuk melanjutkan "perjuangan bersenjata" dan menegur para pemimpin Arab karena berusaha menormalkan hubungan dengan Israel.

"Perjuangan bersenjata adalah pilihan strategis untuk melindungi Palestina dan memulihkan hak-hak nasional Palestina," kata Hamas dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu (8/12/2018).

Intifada pertama meletus pada 1987 setelah empat pemuda Palestina tewas oleh tentara Israel di sebuah pos pemeriksaan di Gaza serta penembakan mati seorang bocah berusia 17 tahun selama protes tanpa senjata.

Intifada adalah kata bahasa Arab yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "bergetar". Ini telah digunakan untuk merujuk pada cara-cara perlawanan yang sah melawan penindasan di Timur Tengah selama beberapa dekade. Dalam konflik Arab-Israel, itu berarti upaya Palestina bersama untuk melepaskan penjajahan Israel dan memperoleh kemerdekaan.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu, Hamas mengatakan "perlawanan adalah hak sah yang dijamin oleh hukum dan konvensi internasional."

Dikatakan 31 tahun setelah letusan pemberontakan, yang juga dikenal sebagai Intifada batu, orang Palestina masih membutuhkan persatuan, kemitraan, dan rekonstruksi proyek nasional mereka.

Intifada kedua dimulai pada tahun 2000 dan dikenal sebagai Intifadah al-Aqsa. Itu dipicu oleh kunjungan perdana menteri Israel Ariel Sharon ke kompleks Masjid al-Aqsha.

Peringatan itu datang di tengah kemarahan dunia atas relokasi AS terhadap kedutaannya ke Yerusalem al-Quds dari Tel Aviv dan pengakuan kota itu sebagai ibu kota Israel.

Israel mencaplok Timur al-Quds dalam Perang Enam Hari 1967 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui secara internasional. Rezim pendudukan mengklaim seluruh kota sebagai ibukotanya. Palestina juga menginginkannya sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Kontrol terhadap kota yang sangat sensitif tetap menjadi salah satu penghalang utama dalam kesepakatan Israel-Palestina.

Pada hari Sabtu, Hamas menggunakan kesempatan itu untuk mengulangi penolakannya terhadap rencana Presiden AS Donald Trump untuk "perdamaian" di Timur Tengah, yang disebut sebagai "kesepakatan abad ini".

Rencana tersebut, gerakan itu mengatakan, bertujuan untuk “melikuidasi masalah Palestina dan melemahkan hak-hak orang Palestina.

Hamas juga mengecam negara-negara Arab karena upaya mereka untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, mengatakan upaya tersebut "ditakdirkan untuk gagal."

"Orang-orang kami akan menentang mereka yang mempromosikan normalisasi terlepas dari pengorbanan," katanya.

Arab Saudi adalah jantung dari dorongan baru untuk menjalin hubungan normal dengan Israel, dengan laporan pertukaran kunjungan oleh menteri dan politisi Arab dan Israel menjadi hal biasa.

Di Tepi Barat yang diduduki, faksi Fatah yang berkuasa pimpinan Otorita Palestina Mahmoud Abbas juga bersumpah untuk "melanjutkan perjuangan untuk mengakhiri semua bentuk pendudukan Israel," meskipun itu tidak menentukan sifatnya.

Orang Palestina, kata Fatah, akan mengejar perjuangan mereka dengan "tekad yang lebih besar sampai hak pengembalian bagi para pengungsi tercapai, serta hak untuk menentukan nasib sendiri dan pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat di perbatasan 1967 dengan Timur Al-Quds sebagai ibukotanya. "

Fatah juga menyuarakan dukungan penuh untuk Abbas dalam penolakannya terhadap "kesepakatan abad ini" dan keputusan Trump untuk mengakui Yerusalem al-Quds sebagai "ibu kota" Israel dan memindahkan kedutaan AS di sana dari Tel Aviv. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X