Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.640 views

AS: Turki Akan Kehilanan F-35 Jika Tetap Melanjutkan Pembelian Rudal S-400 Rusia

BRUSSELS, BELGIA  (Reuters) - Amerika Serikat akan menghentikan pasukan Turki terbang dan mengembangkan pesawat siluman F-35 jika Ankara meneruskan pembelian sistem pertahanan udara Rusia, kata utusan AS ke NATO, Selasa (25/6/2019).

Washington dan sekutu-sekutunya telah mendesak sesama anggota NATO Turki untuk tidak menginstal sistem S-400, dengan mengatakan itu akan membiarkan teknologi tersebut belajar bagaimana mengenali F-35, yang dibangun untuk menghindari pelacakan oleh radar musuh dan sensor panas.

Tetapi Presiden Turki Tayyip Erdogan bersumpah lagi pada hari Selasa untuk melanjutkan pembelian S-400 terlepas dari kekhawatiran sekutu.

"Kami berharap akan mulai menerima sistem S-400 yang kami beli dari Rusia bulan depan," kata Erdogan kepada anggota Partai AK-nya di parlemen. “Turki bukanlah negara yang perlu meminta izin atau tunduk pada tekanan. S-400 secara langsung terkait dengan kedaulatan kami dan kami tidak akan mengambil langkah mundur. "

Turki mengatakan kesepakatan S-400 dengan Rusia adalah final, memperburuk keretakan diplomatik dengan Amerika Serikat yang telah meluas karena strategi yang saling bertentangan di Suriah, sanksi Iran dan penahanan staf konsuler AS.

"Semuanya menunjukkan bahwa Rusia akan mengirimkan sistem tersebut ke Turki dan itu akan memiliki konsekuensi," Kay Bailey Hutchison, duta besar AS untuk NATO, mengatakan di Brussels.

"Akan ada disosiasi dengan sistem F-35, kita tidak bisa membuat F-35 terpengaruh atau tidak stabil dengan memiliki sistem Rusia ini dalam aliansi," katanya kepada wartawan.

Amerika Serikat mengatakan jet-jet buatan Lockheed Martin Corp memberi pasukan NATO sejumlah keunggulan teknologi di udara, termasuk kemampuan untuk mengganggu jaringan komunikasi musuh dan sinyal navigasi.

Turki memproduksi bagian-bagian dari pesawat F-35, perlengkapan pendaratan dan tampilan kokpit. Hutchison mengatakan Ankara adalah mitra penting dalam produksi itu tetapi kekhawatiran keamanan tentang Rusia adalah yang terpenting.

"Begitu banyak dari kita telah mencoba untuk mencegah Turki," katanya.

Masalah dengan alternatif

Amerika Serikat menawarkan kepada Turki sistem pertahanan anti-rudal Patriot yang lebih mahal, dan kemudian dengan diskon, tetapi ada masalah dengan kemampuan AS untuk mengirimkan Patriot dengan cepat. Turki juga mengatakan bahwa sekutu-sekutu NATO tidak membantunya selama masa-masa meningkatnya kekhawatiran keamanan, dan karena itu harus mencari alternatif, dan Rusia masuk ke dalam gambaran.

Jerman dan Amerika Serikat menempatkan baterai rudal darat-ke-udara Patriot di Turki untuk sementara pada tahun 2013 tetapi memindahkannya pada tahun 2015, dengan alasan permintaan aset di tempat lain.

Washington juga memperingatkan Ankara bahwa mereka akan menghadapi sanksi AS atas perjanjian dengan Moskow, sebuah langkah yang dapat memberikan pukulan signifikan bagi perekonomian Turki yang sedang sakit dan industri pertahanannya.

Turki telah menolak peringatan AS, mengatakan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari komplikasi, dan mengusulkan untuk membentuk kelompok kerja bersama dengan Washington untuk menilai kekhawatiran. Dikatakan pejabat AS belum menanggapi tawaran itu.

Pentagon telah berhenti melatih pilot Turki menerbangkan jet tersebut.

Erdogan diperkirakan akan membahas masalah ini dengan Presiden AS Donald Trump pada KTT G20 di Jepang akhir pekan ini. Seorang diplomat senior NATO mengatakan bahwa itu mungkin kesempatan terakhir untuk menemukan solusi.

Para menteri pertahanan NATO, yang bertemu selama dua hari di Brussels sejak Rabu, tidak berencana untuk secara resmi mengangkat masalah ini, tetapi mungkin ada beberapa diplomasi dalam pertemuan-pertemuan informal, kata para diplomat.

"Ini belum berakhir sampai selesai, tetapi sejauh ini Turki belum tampak menarik diri dari penjualan tersebut," Hutchison. "Konsekuensinya akan terjadi, kami tidak merasa ada pilihan dalam hal itu." (st/reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X