Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.333 views

Sudan Bantah Laporan PBB Mereka Memasok Pasukan Paramiliter untuk Khalifa Haftar

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Sudan membantah laporan PBB yang menuduh mereka mengirim paramiliter untuk bertempur membantu Khalifa Haftar di Libya.

Laporan rahasia, yang diungkapkan oleh AFP awal pekan ini, muncul untuk mengkonfirmasi laporan sebelumnya oleh The New Arab layanan bahasa Arab yang menuduh Jenderal Sudan Mohammad Hamdan Dagalo memasok panglima perang pemberontak Libya itu dengan milisi.

Dagalo, yang lebih dikenal dengan julukan Himedti, adalah komandan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) Sudan dan anggota dewan kedaulatan transisi negara.

Laporan rahasia PBB, yang disusun oleh panel ahli selama setahun, menemukan bahwa Yordania, Uni Emirat Arab (UEA), dan Turki telah secara teratur melanggar embargo senjata PBB yang diberlakukan terhadap Libya pada tahun 2011.

Sementara Ankara melakukannya dengan diduga memasok peralatan militer mulai dari kendaraan lapis baja ke pesawat tak berawak ke pemerintah sah Libya pimpinan Perdana Menteri Fayez al-Sarraj yang diakui PBB, Abu Dhabi dan Amman dituduh melanggar embargo untuk mendukung Haftar, seorang panglima perang yang secara teratur dituduh melakukan pelanggaran HAM, yang melancarkan ofensif pada bulan April dalam upaya untuk merebut Tripoli.

Dikirim ke Dewan Keamanan PBB pada akhir Oktober, laporan itu juga menuduh kehadiran pejuang asing Chad dan Sudan di negara itu.

Menurut laporan itu, seribu pasukan RSF dikirim ke kota timur Benghazi pada bulan Juli untuk melindungi infrastruktur minyak di sana sementara sebagian besar pasukan Haftar melanjutkan serangan mereka ke Tripoli di barat negara itu.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Sudan Brigadir Jenderal Aamer Mohamed al-Hasan menolak klaim tersebut pada hari Sabtu.

Berbicara kepada Tiba TV, ia menyebut klaim "desas-desus palsu" dan menyatakan bahwa RSF bekerja sesuai dengan konvensi internasional dan PBB.

"Tentara Sudan bukan perusahaan keamanan yang dapat disewakan seperti yang diklaim dalam laporan ini," klaim Hasan.

"Klaim ini adalah bagian dari kejahatan sistematis yang ditujukan terhadap institusi nasional Sudan."

Paramiliter RSF Himedti juga hadir di Yaman, di mana mereka berperang melawan pemberontak Syi'ah Houtsi sebagai bagian dari koalisi yang dipimpin Saudi.

Kelompok paramiliter tersebut telah dituduh oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia mengambil sejumlah besar uang dari Arab Saudi untuk merekrut para pemuda miskin - dan bahkan anak-anak - dari wilayah miskin Darfur di Sudan dan negara tetangga Chad untuk bertugas di Yaman.

RSF adalah cabang resmi dari milisi Janjaweed, terkenal karena peran mereka dalam konflik Darfur yang menghancurkan.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menuduh rezim mantan Presiden Omar al-Bashir, digulingkan awal tahun ini setelah berbulan-bulan protes populer, merekrut, mendanai dan mengorganisir Janjaweed, yang secara luas dituduh melakukan genosida, pemerkosaan massal dan kejahatan perang lainnya.

Di bawah Himedti, RSF telah berfungsi sebagai pasukan perbatasan yang dirancang untuk menghentikan para migran Afrika yang melintasi padang pasir ke Libya dan Mesir dan pasukan kontra-pemberontak yang bertempur dengan pemberontak di zona konflik Kordofan Selatan dan Nil Biru negara itu.

Di sana pasukan paramiliter telah dituduh melakukan pelanggaran HAM terhadap warga sipil.

Himedti dan RSF-nya menjadi terkenal di dunia internasional setelah jenderal itu muncul sebagai tokoh terkemuka di militer yang menggantikan Bashir.

Kelompok paramiliter itu dituduh bertanggung jawab dalam pembantaian brutal 3 Juni terhadap lebih dari 100 pemrotes di sebuah tempat protes duduk di Khartoum. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X