Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.472 views

Tidak Puas, Demonstran Irak Lanjutkan Protes Meski PM Adel Abdel Mahdi Mengundurkan Diri

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Rakyat Irak melanjutkan protes anti-pemerintah di Baghdad dan di selatan pada hari Sabtu (30/11/2019), tidak puas dengan rencana pengunduran diri perdana menteri dan bersikeras "semua orang yang korup" harus mundur.

Perdana Menteri Adel Abdel Mahdi mengumumkan pada hari Jum'at bahwa ia berencana untuk mengajukan pengunduran dirinya ke parlemen tetapi hari berikutnya, protes masih berlangsung di tempat kelahirannya Nasiriyah, di selatan Irak.

Demonstran membakar ban di tiga jembatan yang membentang di Sungai Efrat ketika ratusan lainnya berkumpul di kamp protes utama di pusat kota yang menjadi titik nyala, menurut koresponden AFP.

Demonstrasi baru mereka terjadi meskipun tindakan keras berdarah oleh pasukan keamanan yang menewaskan lebih dari 40 pengunjuk rasa selama dua hari terakhir di kota.

Kekerasan itu dilepaskan setelah pengunjuk rasa menyerbu dan membakar konsulat Iran di kota suci Syi'ah Najaf, menuduh tetangga Irak itu mendukung pemerintah Baghdad.

Kota itu, juga, melihat pasukan keamanan Syi'ah Irak dan orang-orang bersenjata dalam pakaian sipil mencoba menghentikan demonstrasi setelah konsulat terbakar, menyebabkan lebih dari 20 demonstran tewas, kata petugas medis kepada AFP.

Lima dari mereka ditembak mati oleh pria berpakaian sipil yang menembaki pemrotes muda yang mendekati makam-makam Syi'ah atau markas partai politik.

Kota Najaf relatif tenang pada hari Sabtu, menurut koresponden AFP, tetapi protes di sana biasanya membengkak pada sore dan malam hari.

Kota suci Syi'ah kedua Irak, Karbala diguncang oleh bentrokan semalam antara demonstran muda dan pasukan keamanan yang saling lempar bom api hingga dini hari.

Dan di Diwaniyah, ribuan orang turun ke jalan lebih awal untuk menuntut "kejatuhan rezim."

"Kami akan melanjutkan gerakan ini. Pengunduran diri Abdel Mahdi hanyalah langkah pertama, dan sekarang semua figur korupsi harus dihapus dan dihakimi," kata seorang pengunjuk rasa kepada AFP.

Selama berminggu-minggu, Sistani menyerukan agar menahan diri dalam berurusan dengan demonstran dan mendesak partai-partai politik untuk "serius" tentang reformasi, tetapi ia meningkatkan tuntutan pada hari Jum'at.

"Parlemen, dari mana pemerintah saat ini diambil, diminta untuk mempertimbangkan kembali pilihannya dalam hal ini," katanya dalam pidato Jum'at yang disampaikan oleh seorang perwakilan.

Dalam beberapa menit, anggota parlemen dan mantan perdana menteri Haider al-Abadi meminta anggota parlemen untuk bersidang Sabtu untuk "sesi khusus untuk pemungutan suara tidak percaya diri dan untuk membentuk pemerintahan independen baru".

Dan jaringan paramiliter Syi'ah yang kuat lagi brutal, Hashed al-Shaabi, yang telah mendukung pemerintah, juga tampaknya mengubah arah.

Blok parlementernya, Fatah, menyerukan "perubahan yang diperlukan untuk kepentingan Irak".

Dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Jum'at, Abdel Mahdi mengatakan dia akan mengirimkan surat resmi kepada parlemen "meminta pengunduran diri saya" sesuai dengan keinginan ulama Syi'ah terkemuka negara itu, Ayatola Ali Sistani.

Sang perdana menteri tidak mengatakan memberikan rincian lebih lanjut tetapi parlemen akan bertemu pada hari Ahad.

Pernyataan tertulis Adel Abdul Mahdi disambut dengan sorak-sorai dan musik yang menggelegar di Lapangan Tahrir (Pembebasan) yang ikonis di Baghdad, tempat kerumunan orang berkumpul sejak awal Oktober melawan kelas penguasa yang dianggap korup dan tidak efisien.

"Saya akan menyerahkan surat resmi kepada parlemen yang terhormat yang meminta pengunduran diri saya dari jabatan perdana menteri," tulis Abdul Mahdi, hanya beberapa jam setelah Grand Ayatollah Ali Sistani menyerukan pidato mingguannya di parlemen untuk mengganti kabinet.

Pidato itu memicu longsoran pernyataan dari tokoh-tokoh politik untuk mendukung pemungutan suara tidak percaya pada pemerintah, sebelum pengumuman perdana menteri.

Perayaan pecah di Tahrir, tempat para pemrotes muda menjatuhkan batu-batu yang mereka persiapkan untuk dilemparkan ke polisi anti huru hara dan mulai menari, kata seorang fotografer AFP.

Gerakan akar rumput adalah yang terbesar di Irak telah terjadi dalam beberapa dasawarsa dan juga yang paling mematikan, dengan lebih dari 420 orang tewas dan 15.000 lainnya luka-luka di Baghdad dan di selatan yang mayoritas Syi'a, menurut hitungan AFP.

Meningkatnya kematian telah memicu kritik global, dengan PBB mengatakan kematian itu "tidak dapat ditoleransi" dan kementerian luar negeri Prancis mengatakan "sangat mengutuk penggunaan kekuatan yang berlebihan dan tidak proporsional terhadap pengunjuk rasa".

Irak adalah produsen minyak mentah terbesar kedua OPEC, tetapi satu dari lima warga Irak hidup dalam kemiskinan dan pengangguran kaum muda mencapai 25 persen, menurut Bank Dunia.

Demonstran juga telah menyebut tetangga Irak di bagian timur, Iran, menuduhnya melakukan penjangkauan politik, ekonomi dan militer.

Komandan penting Iran Qasem Soleimani bulan lalu meyakinkan faksi-faksi politik untuk mendukung pemerintah, termasuk ulama Syi'ah penghasut Moqtada Sadr, yang menyerukan sang perdana menteri untuk mundur.

Tetapi ketika gelombang tampaknya berbalik lagi, Sadr muncul kembali pada hari Kamis, mengatakan itu akan "menjadi awal dari akhir bagi Irak" jika pemerintah tidak mundur. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Latest News
Pemimpin yang Dibenci Rakyat

Pemimpin yang Dibenci Rakyat

Selasa, 22 Sep 2020 18:19

Pasangan Didin Hafidhuddin dan Adian Husaini Pimpin Dewan Dakwah

Pasangan Didin Hafidhuddin dan Adian Husaini Pimpin Dewan Dakwah

Selasa, 22 Sep 2020 18:07

Ikhwanul Muslimin Akan Ambil Bagian Dalam Pemilu di Yordania

Ikhwanul Muslimin Akan Ambil Bagian Dalam Pemilu di Yordania

Selasa, 22 Sep 2020 17:45

Gara-Gara ''New Normal'', Indonesia Gak Kunjung Normal

Gara-Gara ''New Normal'', Indonesia Gak Kunjung Normal

Selasa, 22 Sep 2020 16:18

Wah, Ada Ngabaliniyah

Wah, Ada Ngabaliniyah

Selasa, 22 Sep 2020 14:00

Pernyataan Pers PP Muhammadiyah tentang Penanganan Covid-19

Pernyataan Pers PP Muhammadiyah tentang Penanganan Covid-19

Selasa, 22 Sep 2020 09:57

Kasus Positif Harian Tembus 4.000, Anggota Komisi IX Minta Pilkada Serentak 2020 Ditunda

Kasus Positif Harian Tembus 4.000, Anggota Komisi IX Minta Pilkada Serentak 2020 Ditunda

Selasa, 22 Sep 2020 08:50

Legislator: Pemerintah Lamban Soal Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan

Legislator: Pemerintah Lamban Soal Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan

Selasa, 22 Sep 2020 07:47

Banyak Desakan Pilkada Serentak Ditunda, KPU Diminta Lakukan Analisis Serius

Banyak Desakan Pilkada Serentak Ditunda, KPU Diminta Lakukan Analisis Serius

Selasa, 22 Sep 2020 06:57

Bedah Buku 'Bau Amis Komunis' Karya Rizal Fadillah

Bedah Buku 'Bau Amis Komunis' Karya Rizal Fadillah

Selasa, 22 Sep 2020 06:35

Polisi Tuki Tahan 14 Warga Negara Asing Yang Diduga Terkait Islamic State

Polisi Tuki Tahan 14 Warga Negara Asing Yang Diduga Terkait Islamic State

Senin, 21 Sep 2020 21:20

Protes Menentang Pemerintahan Abdel Fattah Al-Sisi Terjadi di Seluruh Mesir

Protes Menentang Pemerintahan Abdel Fattah Al-Sisi Terjadi di Seluruh Mesir

Senin, 21 Sep 2020 18:45

Honduras Akan Relokasi Kedutaan Besar Mereka Ke Yerusalem Sebelum Akhir Tahun

Honduras Akan Relokasi Kedutaan Besar Mereka Ke Yerusalem Sebelum Akhir Tahun

Senin, 21 Sep 2020 17:45

Covid 19 Mengganas, Saatnya Berserah Diri kepada Allah

Covid 19 Mengganas, Saatnya Berserah Diri kepada Allah

Senin, 21 Sep 2020 16:37

Kerusuhan Pecah di Penjara Ghouiran Suriah Yang Menampung Tahanan Islamic State

Kerusuhan Pecah di Penjara Ghouiran Suriah Yang Menampung Tahanan Islamic State

Senin, 21 Sep 2020 14:45

Menag Positif Covid-19, Akses Masuk Kantor Kemenag Dibatasi

Menag Positif Covid-19, Akses Masuk Kantor Kemenag Dibatasi

Senin, 21 Sep 2020 12:50

Menteri Agama Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menteri Agama Terkonfirmasi Positif Covid-19

Senin, 21 Sep 2020 11:59

Mati Rasa Demokrasi, Mencari Alternatif Sistem Pengganti

Mati Rasa Demokrasi, Mencari Alternatif Sistem Pengganti

Ahad, 20 Sep 2020 22:22

Peran Ibu dalam Pendidikan Anak, Sisi Lain dari Drama Korea Flower of Evil

Peran Ibu dalam Pendidikan Anak, Sisi Lain dari Drama Korea Flower of Evil

Ahad, 20 Sep 2020 21:53

Otoritas AS Cegah Amplop Berisi Racun Yang Ditujukkan Kepada Donald Trump

Otoritas AS Cegah Amplop Berisi Racun Yang Ditujukkan Kepada Donald Trump

Ahad, 20 Sep 2020 21:25


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X