Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.429 views

Video Baru Menunjukkan 2 Rudal Iran Hantam Pesawat Penumpang Ukraina

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Rekaman video baru telah muncul menunjukkan dua rudal Iran merobek langit malam dan menghantam sebuah pesawat penumpang Ukraina, mengirimkan pesawat itu jatuh terbakar dan menewaskan semua 176 penumpang dan awak di pesawat.

Proyektil-proyektil itu ditembakkan terpisah 30 detik dan menjelaskan mengapa transponder pesawat tidak berfungsi ketika meluncur ke tanah - itu dinonaktifkan oleh serangan pertama, sebelum terhantam satu detik, kata New York Times, yang menerbitkan rekaman kamera keamanan yang diverifikasi Selasa (14/1/2020).

Potongan video buram tersebut, diambil dari atap di sebuah desa empat mil dari situs militer Iran, menunjukkan pesawat yang menuju Kiev terbakar dan berputar kembali ke bandara Teheran, kata Times. Beberapa menit kemudian, pesawat meledak dan jatuh.

Iran selama berhari-hari membantah klaim Barat bahwa Boeing 737 telah jatuh oleh misilnya.

Teheran mencoba membersihkan diri pada hari Sabtu ketika komandan ruang angkasa Pengawal Revolusi Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh mengakui seorang operator rudal telah salah mengira pesawat Ukraina International Airlines sebagai rudal jelajah dan melepaskan tembakan.

Insiden itu terjadi ketika angkatan bersenjata Iran berada dalam siaga tinggi setelah meluncurkan serangan rudal di pangkalan-pangkalan Irak yang menampung pasukan Amerika Serikat sebagai balasan atas pembunuhan jenderal utama Qasem Soleimani pada 3 Januari.

Iran telah berjuang untuk mengatasi kejatuhan dalam penanganannya terhadap bencana udara dan tragedi itu yang telah menyaksikan ratusan pemrotes yang marah, sebagian besar dari mereka mahasiswa, turun ke jalan.

Video-video baru yang beredar di media sosial konon menunjukkan protes baru pada Selasa malam di universitas-universitas di Teheran, bersama dengan bentrokan antara mahasiswa dan milisi Basij, salah satu sayap IRGC yang setia pada pemerintah.

Sebelumnya, koresponden AFP mengatakan sekitar 200 siswa yang sebagian besar bertopeng berkumpul di Universitas Teheran dan terkunci dalam ketegangan dengan para pemuda dari Basij. Dipisahkan oleh pasukan keamanan, kelompok-kelompok itu akhirnya berpisah.

Sekitar 30 orang telah ditangkap dalam protes atas bencana udara itu, menurut juru bicara pengadilan Gholamhossein Esmaili.

Teheran mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan pertama atas penembakan pesawat, meskipun tidak memberikan rincian.

Protes baru-baru ini jauh lebih kecil dari demonstrasi nasional terhadap kenaikan harga bahan bakar yang berubah mematikan di bulan November.

Tetapi satu komentator mengatakan demonstrasi terbaru menunjukkan ada "keretakan nyata antara orang-orang dan pihak berwenang".

"Saya berharap (pengekangan polisi) akan berlanjut dan tidak ada nyawa yang hilang karena ini bisa menjadi katalisator untuk lebih banyak protes," Mehdi Rahmanian, direktur harian reformis Shargh, mengatakan kepada AFP.

Dalam tanda lain dari perbedaan pendapat yang berkembang, sekelompok seniman membatalkan partisipasi mereka dalam festival Fajr, yang diadakan setiap tahun pada hari peringatan Revolusi Syi'ah Iran tahun 1979, menurut surat kabar Hamshahri. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X