Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.163 views

WHO Nyatakan Darurat Global Terkait Virus Corona Baru yang Telah Menewaskan 213 Orang di Cina

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan keadaan darurat global terkait virus Corona baru, ketika Cina melaporkan Jum'at (31/1/2020) bahwa jumlah kematian telah meningkat menjadi 213 dengan hampir 10.000 infeksi.

Badan kesehatan PBB yang berbasis di Jenewa pada awalnya meremehkan ancaman yang ditimbulkan oleh penyakit itu, tetapi merevisi penilaian risikonya setelah pembicaraan krisis.

"Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah," kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi di Jenewa, Kamis.

"Kita semua harus bertindak bersama sekarang untuk membatasi penyebaran lebih lanjut ... Kita hanya bisa menghentikannya bersama."

Namun Tedros mengatakan pembatasan perjalanan dan perdagangan dengan China tidak perlu untuk membendung penyebaran virus, yang telah menyebar ke lebih dari 15 negara lain.

Banyak negara telah mendesak warganya untuk tidak mengunjungi Cina, sementara beberapa telah melarang masuk bagi wisatawan dari kota Wuhan di Cina tengah, tempat virus itu pertama kali muncul.

AS melaporkan kasus pertama seseorang yang tertular virus tersebut dari orang lain di tanah Amerika - seorang pria di Chicago yang tertular penyakit dari istrinya, yang telah melakukan perjalanan ke Wuhan.

Maskapai mulai membatalkan penerbangan yang melayani Cina pada hari Rabu, dan lebih banyak lagi yang mengikuti pada hari Kamis.

Israel melarang semua penerbangan dari Cina, sementara Rusia mengatakan akan menutup perbatasan timur jauh dengan Cina karena wabah itu.

Lebih dari 6.000 wisatawan untuk sementara dikunci di atas kapal pesiar di pelabuhan Italia setelah dua penumpang Cina diisolasi karena khawatir mereka mungkin membawa virus. Mereka kemudian dites negatif untuk penyakitnya.

- Hari paling mematikan -

Beijing telah mengambil langkah ekstrem untuk menghentikan penyebaran virus, termasuk mengkarantina lebih dari 50 juta orang secara efektif di Wuhan dan sekitar provinsi Hubei.

Pemerintah pada hari Kamis melaporkan 38 kematian baru dalam 24 jam sebelumnya, total satu hari tertinggi sejak virus terdeteksi akhir tahun lalu.

Pada hari Jum'at, pemerintah melaporkan 43 kematian baru, sehingga total menjadi 213.

Semua kecuali dua kematian yang dikonfirmasi pada hari Kamis dan Jum'at berada di Hubei.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan ada 1.982 kasus baru yang dikonfirmasi, sehingga totalnya hanya di bawah 10.000.

102.000 orang lainnya berada di bawah pengamatan medis dengan kemungkinan gejala penyakit pernapasan.

Patogen itu diyakini telah muncul di pasar yang menjual hewan liar, dan menyebar selama musim liburan Tahun Baru Imlek di mana ratusan juta orang China bepergian di dalam negeri atau di luar negeri.

- 'Situasi yang benar-benar baru' -

Ribuan orang asing telah terperangkap di Wuhan sejak ditutup pekan lalu.

Jepang dan Amerika Serikat pada hari Rabu menjadi negara pertama yang mengatur penerbangan dari Wuhan untuk warganya. Penerbangan AS kedua direncanakan dalam beberapa hari mendatang.

Inggris sedang merencanakan evakuasi sekitar 200 warganya Jum'at pagi, setelah menerima izin yang diperlukan dari Beijing.

Sebuah pesawat Prancis juga meninggalkan Wuhan pada hari Jumat, menurut seorang wartawan AFP di pesawat.

Australia dan Selandia Baru antara lain mengorganisir operasi serupa.

Tokyo pada hari Kamis melaporkan bahwa tiga orang yang berada dalam penerbangan evakuasi pertama telah dites positif terkena virus setelah kembali ke Jepang.

Dua dari tiga penumpang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala, menggarisbawahi kesulitan mendeteksi coronavirus.

Ketakutan yang meningkat, Jepang mengizinkan kedatangan - lebih dari 400 telah dipulangkan setelah penerbangan kedua pada hari Kamis - untuk "karantina sendiri".

Sebaliknya, negara-negara lain yang menyelenggarakan evakuasi mengatakan mereka semua berencana untuk karantina.

- Mengambil tindakan -

Virus ini mirip dengan patogen Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS). Wabah itu juga dimulai di Cina dan akhirnya membunuh hampir 800 orang di seluruh dunia pada 2002-2003.

Maskapai besar yang menangguhkan atau mengurangi layanan ke Cina termasuk British Airways, maskapai berbendera Jerman Lufthansa, American Airlines, KLM dan United.

Upaya Cina untuk menghentikan virus telah termasuk penangguhan kelas nasional dan perpanjangan liburan Tahun Baru Imlek.

Semua pertandingan sepak bola di seluruh negeri juga akan ditunda, Asosiasi Sepak Bola Cina mengatakan pada hari Kamis, termasuk pertandingan di Liga Super Cina papan atas.

- Kekhawatiran ekonomi -

Pasar saham dunia jatuh lagi pada Kamis di tengah kekhawatiran bahwa masalah di "pabrik dunia" akan mengganggu rantai pasokan global dan mengurangi laba.

Toyota, IKEA, Starbucks, Tesla, McDonald's dan raksasa teknologi Foxconn termasuk di antara perusahaan raksasa yang sementara membekukan produksi atau menutup sejumlah besar outlet di Cina.

Volkswagen hari Kamis mengumumkan pabrik patungan Cina tidak akan memulai produksi lagi sebelum 9 Februari.

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan virus Corona menimbulkan risiko baru bagi perekonomian dunia.

Di seluruh Cina, tanda-tanda paranoia berlipat ganda, dengan penduduk dari beberapa kompleks perumahan Beijing membangun penghalang sementara di tempat mereka.

Dalam salah satu dari banyak foto serupa yang diposting secara online, seorang pria mengenakan topeng bedah dan mengacungkan senjata bela diri tradisional berjongkok di barikade di luar desa Cina, di dekat sebuah tanda peringatan yang berbunyi: "Orang luar dilarang masuk".

Krisis telah menyebabkan harga pangan melonjak, dan pemerintah pusat pada hari Kamis menyalahkan ini sebagian karena langkah-langkah pencegahan yang terlalu bersemangat, mengeluarkan arahan yang melarang semua penghalang jalan atau hambatan lain untuk pengiriman makanan. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X