Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.973 views

Muslim di Italia Ikuti Aturan Pencegahan Virus Corona Saat Rayakan Idul Fitri

ROMA, ITALIA (voa-islam.com) - Muslim Italia berkumpul di taman dan lapangan umum untuk merayakan akhir Ramadhan, karena banyak masjid di negara itu tetap ditutup karena pandemi virus Corona.

Tempat-tempat ibadah Islam telah berjalan lambat dalam menyambut kembali jemaat, meskipun ada pengurangan dari penutupan selama berbulan-bulan, untuk menjamin jarak sosial dan langkah-langkah pencegahan lainnya yang diperlukan berdasarkan kesepakatan antara komunitas Muslim dan pemerintah.

Masjid dan ruang shalat harus mentaati aturan ketat yang sama yang telah diterapkan pada gereja-gereja Katolik. Aula harus disanitasi sebelum dan sesudah setiap shalat dan maksimum 200 orang akan diizinkan, bahkan di tempat ibadah terbesar.

Untuk sholat di luar, batas 1.000 orang telah ditetapkan dan setiap jamaah harus berjarak setidaknya satu meter dari yang berikutnya.

Mereka yang suhu di atas 37,5 derajat tidak bisa masuk. Media Italia melaporkan bahwa umat Islam berkumpul untuk melakukan shalat Ied sesuai dengan langkah-langkah anti-virus Corona.

"Selamat Idul Fitri kepada semua Muslim di Italia karena mereka memiliki dua alasan untuk merayakan," Yassine Lafram, presiden Persatuan Komunitas Islam di Italia (UCOII), mengatakan dalam sebuah pesan.

“Ini bukan satu-satunya perayaan yang menutup bulan suci Ramadhan, itu bahkan lebih penting bagi kita sepanjang tahun ini di Italia karena pada akhirnya menandai kembalinya umat kita ke masjid setelah beberapa bulan dikunci karena virus Corona.

Umat ​​Muslim di seluruh Italia sekarang berdoa kepada Allah SWT untuk menerima puasa, doa dan setiap perbuatan baik yang dilakukan selama bulan suci ini dan membawa kedamaian dan berkah ke rumah kita, sehingga fase kedua dalam perang melawan COVID-19 di Italia akan dimulai dengan cara terbaik.

"Banyak Muslim merayakan Idul Fitri di rumah dengan anggota keluarga dekat. Mereka yang memutuskan untuk bertemu dan shalat bersama di luar rumah tangga mereka melakukannya sambil "sangat menghormati" protokol kesehatan dan jarak sosial untuk menghindari risiko infeksi, kata UCOII.

Organisasi itu meminta orang-orang untuk menunjukkan "kehati-hatian dan tanggung jawab yang sama" ketika memasuki setiap tempat ibadah mulai sekarang.

Di Masjid Al-Wahid Milan, Imam Yahya Sergio Pallavicini mengatur jarak untuk 140 sajadah baru. Ada titik masuk dan keluar yang berbeda untuk pria dan wanita, bersama dengan halaman khusus. Sanitasi dilakukan secara teratur ketika deterjen, desinfektan, dan peralatan pelindung diri ditawarkan oleh pemerintah kota.

"Kami berdoa untuk kesehatan dalam dan luar dari orang-orang beriman dan orang-orang Italia," kata Pallavicini pada awal doa Iedul Fitri. Hampir 200 orang berkumpul untuk berdoa di Piazza Vittorio Emanuele Roma.

Orang-orang Muslim menyiapkan sajadah mereka dan bergerak sesuai dengan aturan jarak sosial. Poster-poster dalam bahasa Italia dan Arab memberi tahu orang-orang bahwa pelukan tidak diizinkan.

"Bahkan jika kita berada di ruang luar, tidak ada yang harus terlalu dekat," kata imam itu kepada umatnya sebelum shalat dimulai. "Ini wajib dan demi kesehatan semua orang." Ada anak-anak juga di sini, dan semua orang memakai masker. "Saya sangat senang bahwa saya akhirnya bertemu teman-teman saya untuk shalat ini, tetapi kami harus tetap berpisah," Samir yang berusia 13 tahun mengatakan kepada Arab News. "

Kami akan memiliki waktu untuk merangkul, bermain bersama di masa depan, ketika virus akan hilang." Dia mengatakan dia telah melewatkan pergi ke masjidnya, dekat stasiun Furio Camillo, selama karantina.

“Saya shalat bersama ayah saya, tentu saja kami mengikuti tuntutan shalat di YouTube dan di Facebook. Tapi itu tidak sama. Di sini saya benar-benar merasa menjadi bagian dari suatu kelompok yang membagikan iman. Senang rasanya bisa bersama lagi, ”tambahnya.

Di Piazza Re di Roma, di bagian selatan pusat kota, 250 Muslim berkumpul untuk shalat. "Kami hanya shalat bersama, dan tinggal di alun-alun hanya selama satu jam," kata Latif yang berusia 31 tahun kepada Arab News. "Perayaan akan bersama keluarga kita nanti."

Perayaan di luar ruangan berlangsung di ibukota Sisilia Palermo dengan Walikota Leoluca Orlando juga bergabung. "Kami senang untuk perayaan ini yang menandai tanda lain untuk kembali ke normalitas komunitas kami," katanya kepada Arab News.

“Mampu shalat bersama adalah salah satu kebutuhan paling penting untuk sebuah agama karena hal itu meningkatkan rasa kebersamaan. Sekarang kita bisa melakukannya lagi bersama-sama: dan itu pertanda bagus bukan hanya untuk komunitas Muslim tetapi untuk seluruh populasi Palermo. (AN) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X