Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.853 views

Filipina Akan Tuntut dan Deportasi Wanita Indonesia Yang Berencana Lakukan Pemboman Jibaku di Jolo

MANILA, FILIPINA (voa-islam.com) - Pihak berwenang Filipina berencana untuk menuntut dan mendeportasi seorang wanita muda Indonesia yang diduga dipersiapkan sebagai pelaku bom jibaku, kata para pejabat saat polisi pada Senin (12/10/2020) mengumumkan penangkapan tambahan terhadap tersangka jihadis.

Wartawan belum diberi akses ke Rezky Fantasya Rullie (alias Cici dan Nana Isirani), yang diidentifikasi sebagai putri pasangan Indonesia yang meledakkan diri di sebuah gereja di selatan Pulau Jolo tahun lalu. Dia ditangkap Sabtu di Jolo bersama dua warga Filipina yang dicurigai mempersiapkan misi jibaku dan diyakini menikah dengan anggota Kelompok Abu Sayyaf yang pro-Islamic State (IS).

"Kasus deportasi telah direkomendasikan untuk diajukan terhadap Rullie atas tuduhan terorisme, menjadi pendatang ilegal, dan karena tidak diinginkan, terlepas dari tuntutan pidana yang dia hadapi," kata Melody Gonzales, kepala Kelompok Tugas Intelijen Mindanao Biro Imigrasi, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari Ahad.

Jenderal Camilo Cascolan, kepala Kepolisian Nasional Filipina, mengatakan Rullie diyakini hamil lima bulan dan berencana melancarkan serangan bom setelah melahirkan, menurut Kantor Berita Filipina, Senin.

Itulah informasinya. Kami beruntung dan beruntung kami bisa menangkap (dia), ”kata Cascolan. “Dia masih di Sulu. Kami masih harus mendapatkan hasil penyelidikan tentang kewarganegaraannya dan pada saat yang sama kami masih harus mengambil beberapa informasi karena itu bagian dari prosedur dan kami harus menjaga kesehatan fisiknya. "

Cascolan, yang berada di Filipina selatan pada akhir pekan dalam perjalanan penilaian keamanan, mengatakan penangkapan Rullie dan rekan-rekannya kemungkinan besar mencegah serangan bom lagi dan menyelamatkan puluhan nyawa.

Gonzalez mengatakan Rullie ditangkap setelah berbulan-bulan diawasi karena dia diduga merencanakan serangannya di Jolo, pulau utama di rantai Sulu yang merupakan sarang aktivitas Abu Sayyaf. Ditangkap di sampingnya adalah Inda Nurhaina dan Fatima Sandra Jimlani, keduanya istri dari anggota Abu Sayyaf, kata para pejabat.

“Sebuah rompi jibaku, bom, dan komponen pembuat alat peledak improvisasi lainnya ditemukan dari ketiganya,” kata Gonzales, menambahkan bahwa Rullie adalah “target bernilai tinggi” dalam perang pemerintah melawan jihadis.

Penyelidik mengidentifikasi Rullie, yang mungkin berusia akhir belasan atau awal 20-an, sebagai putri dari pasangan yang menewaskan 21 orang dan diri mereka sendiri dalam serangan jibaku pada Januari 2019.

Orang tua Rullie, Rullie Rian Zeke dan Ulfah Handayani Saleh, melakukan pemboman kembar di gereja Our Lady of Mount Carmel di Jolo, juru bicara Kepolisian Nasional Indonesia Awi Setiyono membenarkan pada hari Senin, tetapi dia tidak dapat segera mengatakan bahwa dia adalah wanita dalam tahanan Filipina tersebut.

“Kami belum menerima informasinya,” kata Awi kepada BenarNews.

Dia mengatakan keluarganya mencoba bergabung dengan Islamic State di Suriah tetapi pihak berwenang Turki telah menolak mereka pada awal 2017.

“Mereka kemudian secara ilegal masuk ke Filipina selatan melalui Malaysia dengan bantuan Andi Baso pada 2018,” ujarnya.

Agen intelijen Filipina mengidentifikasi Rullie sebagai istri Baso, seorang pembom jibaku Indonesia yang sedang menjalani pelatihan yang diyakini telah dibunuh oleh militer pada 29 Agustus. Tubuhnya belum ditemukan.

Rullie dan Baso diyakini berada di bawah sayap Mundi Sawadjaan, seorang pembuat bom yang mendalangi serangan bom jibaku ganda, juga di Jolo, yang menewaskan 15 orang pada Agustus. Mundi adalah keponakan dari Hatib Hajan Sawadjaan, komandan IS Filipina dan pemimpin senior Abu Sayyaf.

Pasangan itu mencoba meloloskan diri dari provinsi Sulu dengan Mundi Sawadjaan beberapa hari setelah pemboman 24 Agustus, tetapi gagal, Badan Koordinasi Intelijen Nasional melaporkan sebelumnya. (BN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X