Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.980 views

Kelompok Muslim Turki di Prancis Tolak Tandatangani RUU Kontroversial Anti-Islam

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Kelompok Muslim Turki di Prancis telah menolak untuk menandatangani RUU kontroversial yang dipaksakan oleh Presiden Emmanuel Macron, media Turki melaporkan pada hari Rabu (10/2/2021).

Konfederasi Islamique Milli Gorus Prancis yang baru mengatakan mereka tidak akan menandatangani "piagam prinsip" Islam sampai amandemen dibuat.

Ketua kelompok, Fatih Sarikir, menuntut perubahan mendasar pada RUU tersebut sebelum dia menandatanganinya, menurut kantor berita Turki Anadolu Agency.

"Dinyatakan sebagai 'Islam Prancis' jadi isinya diatur sesuai. Sekarang sasarannya bukan hanya para imam tapi juga umat Islam," katanya.

"Kami akan menjaga perilaku konstruktif kami. Kami tidak memiliki masalah dengan hukum Prancis. Satu-satunya perhatian kami adalah bahwa Muslim dapat menjalankan agama mereka."

Sarikir juga menekankan pentingnya melibatkan tokoh Islam dalam upaya perubahan RUU tersebut, yang menurutnya menimbulkan "tekanan psikologis" pada kelompok tersebut setelah menolak menandatanganinya.

Kepala Komite Koordinasi Muslim Turki di Prancis, Ibrahim Alci, mengatakan dia juga menginginkan perubahan pada beberapa pasal dalam RUU tersebut, yang bertujuan untuk memberikan kerangka kerja bagi Dewan Nasional baru para Imam yang akan bertanggung jawab untuk memeriksa para imam yang berpraktik di negara.

"Enam ratus hingga 700 masjid dan asosiasi mendukung kami. Ada hampir 2.500 masjid di Prancis," katanya, seraya menambahkan bahwa RUU tersebut berisi pasal-pasal yang mungkin bertentangan dengan kepentingan umat Islam.

Alci mengatakan dia "sedih" atas bagaimana penolakan mereka untuk menandatangani RUU tersebut digambarkan di media Prancis: "Mereka melihat kami sebagai Islamis dan teroris."

Piagam itu menawarkan "klarifikasi tentang bagaimana komunitas Muslim diorganisir," kata Macron setelah pertemuan dengan perwakilan Dewan Kepercayaan Muslim Prancis (CFCM), kata kantornya.

"Ini adalah komitmen yang jelas, tegas dan tepat untuk mendukung republik," klaim Macron, memuji "teks yang benar-benar mendasar untuk hubungan antara negara dan Islam di Prancis."

Macron telah mendesak dewan untuk bertindak melawan "politik Islam" pada November, setelah pembunuhan Samuel Paty, seorang guru yang dipenggal kepalanya di luar sekolahnya setelah menayangkan kartun kontroversial Nabi Muhammad sebagai bagian dari pelajaran kebebasan berbicara.

Serangan itu memicu tindakan keras terhadap masjid dan asosiasi Islamis, bersama dengan pertahanan sekularisme Prancis yang kuat.

Ia juga secara eksplisit menolak rasisme dan anti-Semitisme, dan memperingatkan bahwa masjid "tidak diciptakan untuk menyebarkan pidato nasionalis yang membela rezim asing".

Macron juga mengatakan bahwa pihak berwenang berencana untuk mengusir sekitar 300 imam di Prancis yang dikirim untuk mengajar dari Turki, Maroko, dan Aljazair.

Kesepakatan piagam itu muncul ketika komisi parlemen memulai perdebatan mengenai rancangan undang-undang baru yang tampaknya untuk melawan "radikalisme" Islam yang "merusak" dengan langkah-langkah untuk memastikan pemisahan ketat Prancis atas badan-badan agama dan negara di ruang publik.

Undang-undang tersebut akan memperketat aturan tentang masalah-masalah mulai dari pendidikan berbasis agama hingga poligami, meskipun Macron bersikeras mengklaim bahwa tujuannya adalah untuk melindungi semua warga negara Prancis tanpa menstigmatisasi sekitar empat hingga lima juta Muslim di negara itu, yang merupakan jumlah terbesar di Eropa.  (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X