Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.909 views

Serangan Udara Israel Di Jalur GazaBerlanjut Untuk Hari Ketiga

JALUR GAZA, PALERTINA (voa-islam.com) - Serangan udara Israel terhadap sasaran di Jalur Gaza berlanjut untuk hari ketiga pada Jum'at (12/5/2023). Korban tewas Palestina naik menjadi 30, kata pihak berwenang, ketika mediator asing terus maju dengan upaya untuk mencapai gencatan senjata.

Militer Israel mengatakan pesawat tempurnya menyerang peluncur roket Jihad Islam yang mereka klaim digunakan kelompok perlawanan Palestina menembakkan roket jarak jauh ke Israel pada hari Kamis - mengirim pecahan peluru menembus apartemen yang menewaskan satu orang.

Sementara itu penduduk Gaza melaporkan ledakan di pertanian dekat kota selatan Rafah. Tidak ada laporan segera tentang korban.

Terlepas dari serangan Israel yang sporadis itu, situasi Jum'at pagi relatif tenang. Jihad Islam menahan tembakan roketnya dalam semalam, meningkatkan harapan bahwa Mesir, Qatar, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dapat menengahi gencatan senjata.

Baku tembak lintas batas minggu ini telah mengadu Israel dengan Jihad Islam, kelompok perlawanan terbesar kedua di Gaza setelah penguasa wilayah Hamas. Sejak Selasa, Israel mengklaim serangannya telah menewaskan lima tokoh senior Jihad Islam. Jihad Islam telah membalas dengan lebih dari 800 tembakan roket ke bagian padat penduduk Israel. Pada waktu itu, militer Israel mengatakan telah menggunakan serangan udara untuk mencapai setidaknya 215 sasaran di Gaza, termasuk lokasi peluncuran roket dan mortir serta para pejuang perlawanan Palestina yang bersiap untuk menggunakannya.

Sedikitnya 30 warga Palestina di Jalur Gaza tewas dalam pertempuran itu, termasuk tujuh anak dan empat wanita, menurut kantor kemanusiaan PBB. Lebih dari 90 warga Palestina terluka, Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan.

Kematian warga sipil telah menuai kecaman dari dunia Arab dan keprihatinan dari Amerika Serikat dan Eropa. Dalam empat perang terakhirnya melawan Hamas, Israel telah berulang kali melakukan kejahatan perang karena tingginya jumlah korban sipil dan penggunaan senjata berat terhadap daerah kantong yang padat itu. Israel, yang tidak mau mengakui perbuatannya, justru menyalahkan para pejuang Palestina, menuduh mereka menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia dengan berperang di tengah-tengah mereka.

Hamas, pemerintah sipil de facto dengan sekitar 30.000 tentara di Gaza, telah berusaha untuk mempertahankan gencatan senjatanya dengan Israel sambil berusaha menjaga kondisi kehidupan yang buruk di daerah kantong yang diblokade itu sejak perang 11 hari yang menghancurkan pada tahun 2021 yang menewaskan lebih dari 260 orang Palestina. Kelompok tersebut, yang menguasai Gaza pada tahun 2007, telah menghentikan putaran pertempuran ini – seperti yang terjadi pada ledakan kekerasan serupa musim panas lalu. Sebagai tanda pengekangan, Israel telah membatasi serangan udaranya ke target Jihad Islam.

Kedua belah pihak tampaknya berada di ambang gencatan senjata sebelum meletusnya kekerasan hari Kamis. Keheningan yang relatif pada hari Jum'at meningkatkan harapan akan kemajuan.

Pejabat Hamas mengatakan kepada media lokal Jum'at pagi bahwa Mesir meningkatkan upaya diplomatiknya untuk menghentikan pertempuran melalui "kontak intensif" dengan Hamas dan Jihad Islam.

Tokoh Jihad Islam telah mengirimkan sinyal beragam tentang pembicaraan gencatan senjata. Pejabat senior Ihasan Attaya mengeluh pada Jum'at pagi bahwa para mediator “tidak dapat memberi kami jaminan apa pun.” Poin penting adalah tuntutan Jihad Islam agar Israel menghentikan kebijakan pembunuhan yang ditargetkan, kata Attaya.

Pertempuran minggu ini dimulai ketika Israel pada hari Selasa,meluncurkan serangan udara serentak yang menewaskan tiga komandan Jihad Islam bersama dengan beberapa istri dan anak mereka saat mereka tidur di rumah mereka. Israel mengklaim pihaknya membalas serangan roket yang diluncurkan pekan lalu oleh Jihad Islam menyusul kematian salah satu anggotanya di Tepi Barat, Khader Adnan, yang melakukan mogok makan saat berada dalam tahanan Israel.

Anggota biro politik Jihad Islam Mohamad al-Hindi terdengar lebih optimis. Dari Kairo, di mana dia melakukan perjalanan Kamis untuk membahas rincian kemungkinan gencatan senjata, dia mengatakan kepada media bahwa dia berharap kedua belah pihak “akan mencapai kesepakatan gencatan senjata dan menjalankannya hari ini.”

Serangan udara dan roket minggu ini telah mengalihkan fokus konflik kembali ke Gaza setelah berbulan-bulan kekerasan melonjak di Tepi Barat yang diduduki di bawah pemerintahan paling kanan Israel dalam sejarah.

Israel telah melakukan serangan penangkapan hampir setiap malam di Tepi Barat yang telah menewaskan 109 warga Palestina sepanjang tahun ini—jumlah kematian tertinggi dalam dua dekade. Setidaknya setengah dari korban tewas berafiliasi dengan kelompok perlawanan, menurut penghitungan oleh The Associated Press. Setidaknya 20 orang telah tewas dalam serangan Palestina yang menargetkan Israel selama waktu itu. (Aby/Ab)
.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 28/05/2024 07:30

Marak PHK Massal, Para Pekerja bisa Apa?