Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.725 views

Mesir Larang Niqab Di Sekolah, Bolehkan Jilbab 'Dengan Syarat'

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Pemerintah Mesir telah melarang penggunaan niqab (cadar yang menutupi seluruh wajah) di sekolah-sekolah negeri dan swasta mulai tahun ajaran baru yang jatuh tempo pada tanggal 30 September, sebuah tindakan yang memicu kemarahan kelompok Muslim konservatif di negara Afrika Utara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Senin (11/9/2023) dan dikutip oleh outlet berita lokal, Menteri Pendidikan Reda Hegazy mengatakan bahwa siswa perempuan memiliki hak “opsional” untuk menutupi rambut mereka dengan jilbab di sekolah atau tidak, tetapi tanpa menutupi wajah mereka.

Sedangkan Hegazy memperbolehkan hijab dengan syarat siswa tersebut tidak dipaksa untuk memakainya dan setelah mendapat persetujuan dari wali yang sah, biasanya ayah atau ibu, jika dia tidak hadir.

“Keputusan ini demi kesejahteraan pelajar Mesir, membatasi segala kemungkinan kecurangan, pencurian identitas, dan kemungkinan kejahatan lainnya,” klaim sumber kementerian pendidikan kepada The New Arab tanpa menyebut nama.

“Anda tidak bisa dengan mudah mengenali siapa pelajar yang menutup wajahnya. Dulu, kejanggalan yang dilakukan oleh mereka yang memakai cadar tidak bisa diketahui tepat waktu, seperti pelajar yang menggantikan siswa lain dalam ujian atau laki-laki yang menyamar sebagai perempuan bercadar di dalam ruangan. tempat khusus perempuan," sumber itu menambahkan.

Niqab telah lama dianjurkan oleh kelompok Muslim konservatif dan para syaikh Salafi, meskipun itu diketahui tidak menjadi aturan berpakaian wajib dalam Islam.

Beberapa ulama sering berargumentasi bahwa perempuan harus memperlihatkan wajah mereka saat shalat dan haji sesuai dengan ajaran Al-Qur'an, yang semakin membuktikan argumen mereka bahwa itu adalah pilihan.

Tata cara berpakaian wanita Mesir selalu menjadi bahan perdebatan di masyarakat Mesir selama beberapa dekade terakhir.

Pada tahun 2020, pengadilan Mesir memutuskan bahwa hal tersebut dilarang di kalangan staf akademik di Universitas Kairo.

Beberapa bulan kemudian, pada tahun yang sama, presenter TV yang kontroversial, Radwan El-Sherbini, memicu perdebatan sengit dengan mengatakan bahwa "wanita yang tidak mengenakan jilbab memiliki setan di dalam diri mereka".

Meskipun popularitasnya tersebar luas, investigasi BBC Arab tahun lalu mengungkapkan bahwa perempuan berhijab telah didiskriminasi di Mesir.

Penyelidikan mengungkapkan beberapa perusahaan kelas atas di Kairo, ibu kota Mesir, menolak masuknya perempuan berjilbab. Jilbab bahkan menghalangi sebagian perempuan dan keluarga untuk membeli properti di resor mewah.

Jilbab menjadi lebih umum di Mesir pada akhir tahun 1970an dan awal tahun 1980an ketika banyak orang Mesir bermigrasi ke negara-negara Teluk – terutama Arab Saudi – untuk mencari pekerjaan, dan beberapa diantaranya dipengaruhi oleh doktrin Wahabi. (ANT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X