Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Vatikan Terlibat Rantai Kriminal Korup – Mafia?

Berita Terkait

2.540 views

Vatikan Terlibat Rantai Kriminal Korup – Mafia?

Vatikan Terlibat Rantai Kriminal Korup – Mafia?

ROMA (Berita SuaraMedia) – Vatikan sengaja meresmikan undang-undang anti-pencucian uang demi menyembunyikan kepemilikan uang mafia, kata para jaksa penuntut di sebuah persidangan di Italia.

Dokumen-dokumen hukum baru tersebut juga mengindikasikan bahwa para agamawan Vatikan bertindak sebagai tameng bagi sejumlah pengusaha korup yang menjalin hubungan dengan mafia.

Tuntutan tersebut merupakan yang terbaru dalam serangkaian tindakan hukum terhadap Vatikan terkait tuduhan pencucian uang dan mafia dan membuat aparat menyita uang senilai $35 juta.

Vatikan menyebut penyitaan aset-aset tersebut sebagai sebuah "kesalahpahaman" dan optimis bahwa hal itu akan segera beres. Tapi, dokumen-dokumen pengadilan yang terbaru menunjukkan para jaksa penuntut menyebut Bank Vatikan sengaja memunculkan undang-undang antipencucian uang. Tujuannya, "Menyembunyikan kepemilikan, tujuan, serta asal uang."

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan dua buah transaksi yang belum pernah dilaporkan sebelumnya. Salah satunya pada tahun 2009, melibatkan penggunaan nama palsu, sementara yang lainnya terjadi pada tahun 2010 saat Bank Vatikan menarik dana sebesar €650.000 dari sebuah rekening bank di Italia, namun mengabaikan permintaan bank yang ingin tahu ke mana uang tersebut ditujukan.

Tuduhan-tuduhan baru mengenai penyimpangan keuangan tersebut muncul di saat yang tidak tepat dan membuat Vatikan semakin terpuruk. Seperti diketahui, Vatikan sebelumnya sudah terkena aib kala terungkap bahwa mereka melindungi para pastor pedofil.

Kasus korupsi tersebut memberikan harapan baru kepada para korban selamat Holocaust yang tidak berhasil melayangkan tuntutan di Amerika Serikat. Mereka menuding bahwa harta jarahan Nazi disimpan di Bank Vatikan.

Skandal tersebut bukan yang pertama kalinya menimpa bank itu. Bank Vatikan sudah terpisah dari bank-bank lainnya mengingat mesin-mesin penarik uangnya hanya berbahasa Latin dan para pastor menggunakan izin masuk pribadi.

Pada tahun 1986, seorang penasihat keuangan Vatikan meninggal setelah meminum kopi bercampur racun sianida di dalam penjara.

Satu orang lainnya, Roberto Calvi, ditemukan tewas tergantung di sebuah tali di bawah Jembatan Blackfriars, London, pada tahun 1982. Kantong-kantongnya dijejali uang dan batu.

Peristiwa itu semakin memperkelam reputasi bank tersebut dan semakin memperbesar kecurigaan bahwa bank tersebut menjalin hubungan dengan mafia, sebuah hal yang mengakibatkan Vatikan menanggung biaya ratusan juta dolar dalam upaya hukum melawan aparat Italia.

Pada 21 September silam, polisi khusus keuangan menyita aset-aset dari sebuah rekening Bank Vatikan.

Para penyidik mengatakan bahwa Vatikan tidak mampu memberikan keterangan mengenai asal atau tujuan dari dana, sebuah hal yang diwajibkan dalam hukum di Italia.

Dana tersebut ditujukan ke sebuah cabang bank JP Morgan di Frankfurt, Jerman, sementara sisanya ditujukan ke Banca del Fucino, sebuah bank Italia.

Para jaksa menuding Vatikan telah mengabaikan regulasi yang mengharuskan bank-bank asing berkomunikasi dengan pihak berwenang dalam bidang keuangan di Italia tempat uang mereka berasal.

Semua bank menolak memberikan komentar mengenai hal ini. (dn/nr/bt) www.suaramedia.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Suara Media lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X