Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
24.434 views

Kisruh Ajaran Sesat di Gereja Bethel: Pendeta dan Jemaat Saling Lapor Polisi

BANDUNG (voa-islam.com) – Jemaat Gereja Bethel Tabernakel (GBT) Shekinah Lengkong Bandung, ramai-ramai melaporkan Pendeta Hadassah J Werner, pemimpin GBT ke Polda Jabar, dengan tuduhan mengajarkan aliran sesat. Tak terima dituding sesat, Pendeta Hadassah balik melaporkan bekas jemaatnya ke polisi dengan tuduhan melakukan pencemaran nama baik.

Jemaat Kristiani Gereja Bethel Tabernakel (GBT) Jemaat Shekinah Lengkong Bandung, ramai-ramai melaporkan Pendeta Hadassah J Werner, pemimpin GBT ke Polda Jabar. Mereka menilai Hadassah sudah mengajarkan aliran sesat kepada para jemaatnya, khususnya anak muda. Hadassah dituding menjauhkan anak dari orangtuanya lalu membentuk komunitas yang diberi nama Kingdom Movement Community.

Salah satu doktrin Hadassah, menurut Indrawati, seorang jemaat GBT, ia mengajarkan bahwa ibu kandung hanya sebagai jalan lahir saja, yang kedudukannya lebih rendah dibandingkan dengan ibu rohani, yang tiada lain dirinya. Dampak dari ajaran sesat itu, lanjut Indrawati, tak sedikit anak yang kini lebih memilih hidup bersama pendeta ketimbang dengan keluarganya atau ibu kandungnya. Jika permasalahan itu dibiarkan, ujarnya, tak menutup kemungkinan banyak anak yang keluar dari keluarganya. ”Sebelum kejadian ini menimpa anak-anak dan meresahkan orang tua, kami sepakat untuk melaporkan pendeta ke polisi,” ujarnya.

Sejumlah penyidik, Senin (23/5), mengakui adanya laporan perihal pendeta namun pihaknya belum memanggil sang pendeta tadi. “Dalam waktu dekat pendeta itu akan dipanggil untuk dimintai keterangan,” kata sejumlah penyidik di Ditreskrim Polda Jabar.

Di tempat terpisah, mantan Jemaat Gereja Lengkong, Arif (42), mengaku melaporkan Pendeta Hadassah ke polisi pada bulan November 2010. Pelapor Indrawati Soediro, di mana anaknya menjadi korban. Namun hingga polisi belum melakukan pemanggilan terhadap pendeta tadi. ”Kami mempertanyakan mengapa polisi lambat menangani kasus ini,” katanya.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan mencurigakan yang dilakukan pendeta, dikhawatirkan banyak anak yang akan hidup menyimpang karena otaknya sudah berhasil dicuci terlapor.

Lebih lanjut dijelaskan Arif, total jemaat di Lengkong mencapai 250 orang, kini sudah keluar dari gereja itu sebanyak 104 orang. ”Kami sangat prihatin karena banyak anak-anak yang masih terjebak dan dicuci otaknya oleh pendeta itu,” ujarnya.

Yang paling menyedihkan, ungkapnya, pendeta itu meminta supaya anak-anak memanggil om atau tante kepada kedua orang tuanya, sedang ke pendeta harus memanggil mama atau papah. ” Sungguh menyedihkan dan mengerikan,” katanya.

Indikasi penyimpangan Pendeta Hadassah, kata Arief, berawal dari pernyataan khotbah Hadassah di hadapan para pengikutnya yang mayoritas kaula muda. Ia mengatakan, ibu kandung adalah sebatas jalan lahir sehingga kedudukannya lebih rendah dibandingkan dirinya yang merupakan ibu rohani. Selain itu, Hadassah juga mengaku kerap bolak-balik ke surga dan berbincang dengan Jesus.

Arief menerangkan, akibat ajaran tersebut, ada anak yang memilih keluar dari rumah dan tinggal di tempat kos serta mengancam orangtuanya agar tidak mencari. Selain itu, kata Arief, ada juga suami yang mengancam mau menceraikan istrinya karena keluar dari komunitas.

Dipecat Gereja, Pendeta Hadassah Anggap SK Pemecatan Tidak Sah

Menanggapi polemik ajaran sesat dan cuciotak yang dilakukan Pendeta Hadassah, Sinode Gereja Bethel Tabernakel Bandung angkat bicara. Majelis Pekerja Daerah (MPD) Gereja Bethel Tabernakel Bandung, Pendeta Stefanus Kosasi, menyatakan bahwa Pendeta Hadassah telah dipecat tahun lalu oleh Majelis Pengurus Pusat (MPP) Sinode GBT. Dengan pemecatan itu, maka Hadassah dilarang melakukan khotbah atau melakukan pengajaran kepada jemaat, tapi Hadassah tidak mengakui keabsahan pemecatan dirinya.

“Sejak 19 Oktober keluar SK tetap pemberhentian HW (Hadassah-red) sebagai gembala jemaat GBT Shekinah. Alasannya dia telah melanggar firman Tuhan,” ujar Stefanus Kosasi kepada wartawan di Jalan Sawung Galing No 2.

Namun, kata dia, hingga kini dengan berbagai alasan Hadassah tidak mengakui SK tersebut dan tetap mengklaim dia masih bernaung dalam Sinode GBT. Hadassah menuding SK gereja tidak sah karena tidak bermaterai, meski MPP mengklaim SK ini sah dan asli.

Dituding Pendeta Sesat, Hadassah Balik Polisikan Eks Jemaatnya

Tak terima dituding sesat oleh bekas jemaatnya, Hadassah J Werner (44), balik melaporkan eks jemaatnya di Gereja Bethel Tabernakel (GBT) Jalan Lengkong Besar No 9.

Statement bekas jemaatnya di media khususnya televisi mengenai tuduhan telah mengajarkan ajaran yang menyimpang jauh dari Alkitab dilaporkan ke Polrestabes Bandung, Jumat (20/5/2011) dengan pasal pencemaran nama baik.

Dalam laporannya, Hadassah melaporkan perbuatan tidak menyenangkan dan meminta mereka bertanggungjawab atas statementnya. “Kita melaporkan pemberitaan yang ada di media. Salah satunya yang kita laporkan adalah yang memberikan statement kepada wartawan tentang sekte sesat,” ujar kuasa hukum Hadassah, Johnson Siregar, Senin (23/5/2011).

Dalam laporannya, sambung Johnson, pihaknya meminta mereka yang memberikan statement bertanggungjawab.

“Kita minta semuanya bertanggungjawab dan membuktikan omongannya. Kalau yakin (sesat), mangga (silakan - red) buktikan,” tegasnya.

Johnson menduga, ada pihak yang punya niat tidak baik pada kliennya. “Ini ada maksud tertentu untuk menghancurkan nama baik pendeta. Makanya kita lapor ke polisi agar dilakukan proses sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara eks Jemaat GBT Lengkong Besar Arief menantang dan siap dilaporkan. “Kami tidak takut, silakan saja laporkan kami,” katanya. [taz/dtk]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Alhamdulillah mushalla yang hampir roboh dan tidak layak, selesai dibangun permanen. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 66.813.500 semoga jadi amal jariyah, pahala terus mengalir tiada akhir...

Latest News
Kapitalisme Menggerus Naluri  Keibuan

Kapitalisme Menggerus Naluri Keibuan

Selasa, 19 Nov 2019 17:45

Menyoal Sertifikasi Perkawinan

Menyoal Sertifikasi Perkawinan

Selasa, 19 Nov 2019 16:39

Menakar Substansi Sertifikat Nikah

Menakar Substansi Sertifikat Nikah

Selasa, 19 Nov 2019 15:53

Bershalawat Sebelum Adzan, Adakah Dalilnya?

Bershalawat Sebelum Adzan, Adakah Dalilnya?

Selasa, 19 Nov 2019 15:00

Kampung Isinya Cuma 20 Orang, Tapi Terima Dana Desa Rp 1 Miliar

Kampung Isinya Cuma 20 Orang, Tapi Terima Dana Desa Rp 1 Miliar

Selasa, 19 Nov 2019 14:42

Fenomena Generasi Z

Fenomena Generasi Z

Selasa, 19 Nov 2019 13:24

Mengukur Integritas dan Ketegasan Anies

Mengukur Integritas dan Ketegasan Anies

Selasa, 19 Nov 2019 13:06

GPII Minta PBB Beri Sanksi Israel

GPII Minta PBB Beri Sanksi Israel

Selasa, 19 Nov 2019 12:50

3 Pilot Rezim Assad Tewas Saat Bom Barel yang Dimuat di Helikopter Meledak

3 Pilot Rezim Assad Tewas Saat Bom Barel yang Dimuat di Helikopter Meledak

Selasa, 19 Nov 2019 11:45

Politisi PDIP Minta Kasus Sukmawati Tak Diperpanjang, Wasekjen MUI: Enak Saja

Politisi PDIP Minta Kasus Sukmawati Tak Diperpanjang, Wasekjen MUI: Enak Saja

Selasa, 19 Nov 2019 11:26

Heboh Maulid Nabi di Vihara, Tokoh Kristen Papua: Itu Bukan Toleransi

Heboh Maulid Nabi di Vihara, Tokoh Kristen Papua: Itu Bukan Toleransi

Selasa, 19 Nov 2019 10:42

Mevlut Cavusoglu: Turki Akan Luncurkan Serangan ke Suriah Jika YPG Tidak Dibersihkan

Mevlut Cavusoglu: Turki Akan Luncurkan Serangan ke Suriah Jika YPG Tidak Dibersihkan

Selasa, 19 Nov 2019 10:15

Kapolda Sumut: Latihan Berkuda dan Memanah untuk Apa?

Kapolda Sumut: Latihan Berkuda dan Memanah untuk Apa?

Selasa, 19 Nov 2019 09:28

AS Nyatakan Pemukiman Israel di Tepi Barat yang Diduduki Sekarang 'Legal'

AS Nyatakan Pemukiman Israel di Tepi Barat yang Diduduki Sekarang 'Legal'

Selasa, 19 Nov 2019 09:15

Al-Shabaab Rebut Sebuah Kota di Wilayah Somaliland Untuk Pertama Kali

Al-Shabaab Rebut Sebuah Kota di Wilayah Somaliland Untuk Pertama Kali

Selasa, 19 Nov 2019 08:46

DPR Setuju Regulasi Investasi Disederhanakan

DPR Setuju Regulasi Investasi Disederhanakan

Selasa, 19 Nov 2019 08:21

Adakah Manusia yang Mampu Menandingi Nabi Muhammad?

Adakah Manusia yang Mampu Menandingi Nabi Muhammad?

Selasa, 19 Nov 2019 07:40

Dukungan kepada MUI Jatim, Cukup Satu Salam

Dukungan kepada MUI Jatim, Cukup Satu Salam

Selasa, 19 Nov 2019 02:44

Fatwa MUI Bukan Hukum Positif?

Fatwa MUI Bukan Hukum Positif?

Selasa, 19 Nov 2019 01:54

Kebijakan Publik yang Tepat untuk SDA

Kebijakan Publik yang Tepat untuk SDA

Selasa, 19 Nov 2019 00:42


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X