Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.616 views

Uskup Mesir Yohana Kalta : Ikhwan Akan Menjadi Diktator?

Cairo (voa-islam.com) Katolik dan Koptik merasa cemas dan takut dengan masa depannya hidup di Mesir. Mereka merasa tidak nyaman. Sudah ribuan diantara mereka yang meninggalkan Mesir, menuju negara-negara Barat, dan merasa tidak betah lagi hidup di Mesir, sejak Ikhwan dan Salafi menguasai negara itu.

Selama ini, Katolik dan Koptik menikmati hidup  dibawah rezim-rezim yang menjadi kaki tangan Israel dan Barat. Bahkan, diantara tokoh-tokoh Koptik ada yang menjadi tokoh-tokoh puncak di Mesir, seperti Boutros-Buotros Ghali, yang menjad menteri luar negeri Mesir, dan kemudian diangkat menjadi Sekjen PBB, jabatan yang sangat prestisius. Tetapi, sekarang mereka galau dengan munculnya kekuatan Islam.

Uskup Yohanna Kalta, pemimpin  Gereja Katolik di Mesir, menyatakan kekhawatiran bahwa kemenangan Ikhwanul Muslimin dapat berkembang menjadi rezim otokratis, ungkapnya. "Saya tidak menentang Ikhwanul Muslimin, tetapi mereka sekarang mengendalikan semua lembaga negara dan ini mungkin bisa menyebabkan munculnya bentuk kediktatoran," katanya kepada al-Hadath Al Arabiya al-Masry, Minggu.

Kalta, yang juga pemimpin dan wakil Gereja Katolik di Majelis Konstituante yang bertugas merancang konstitusi pasca-revolusi Mesir, di mana Kalta sangat kawatir dengan hadirnya kekuatan Islam, dan  akan menimbulkan ketegangan kelompok-kelompok agama di Mesir, dan menyebutnya sebagai "mentalitas abad pertengahan."

"Hanya melalui perubahan mentalitas ini bahwa kesenjangan antara Muslim dan Kristen bisa dijembatani." Kalta menekankan, meskipun kekhawatiran di pihak Kristen Mesir dan laporan yang mengkhawatirkan penganiayaan di media, Mesir tidak akan pernah pecah, tegasnya.

"Mesir selalu bersatu secara geografis, politik, dan agama. Belum pernah ada perang sipil di Mesir sepanjang sejarahnya dan ini membuktikan Mesir yang  stabil, dan bagaimana  semua bisa hidup berdampingan secara damai di Mesir", tambahnya.

Sebagai anggota Majelis Konstituante, Kalta mengatakan bahwa orang Kristen ingin konstitusi baru, lebih menekankan Mesir menjadi model atau bercorak negara sipil dan melindungi hak minoritas. "Saya berharap tidak akan ada menyebutkan negara agama dalam konstitusi, tetapi mayoritas Muslim bersikeras, kami tidak akan memulai konflik tentang hal itu", tambahnya.

Memang kelompok Katolik dan Koptik, menentang sangat keras dimasukkan di dalam konstitusi yang baru Mesir, di mana menyebutkan syariah Islam menjadi sumber  hukum tertinggi. Katolik dan Koptik sangat menentang adanya klausul atau fatsal yang menyebutkan tentang syariah Islam menjadi sumber hukum dalam konstitusi itu.

Kalta menjelaskan bahwa Pasal 2 dalam konstitusi, yang mengatakan bahwa Islam adalah agama negara dan syariah Islam sumber utama perundang-undangan, harus tetap sama seperti dalam konstitusi 1971, mengacu pada kontroversi tentang mengganti kata "prinsip-prinsip "dengan" hukum "dan yang risiko penerapan "hudud, "hukuman keras atas kejahatan tertentu". Inilah yang tidak disukai Katolik dan Koptik. Mereka ingin hidup seenaknya.

"Konstitusi baru juga mencakup beberapa pasal yang melindungi orang-orang Kristen dan memberi mereka hak untuk mempraktekkan iman mereka dan  kitab suci mereka dalam hal-hal tertentu." Namun, ia menambahkan, penting bagi orang Kristen untuk mencapai kesepakatan, dan  tidak mengkhawatirkan jika Syariah (hukum Islam) diterapkan.

"Kami membutuhkan bentuk baru dari hukum Islam yang membahas isu-isu kontemporer dan menghilangkan klausul yang membagi Muslim-Kristen atau Timur-Barat, sehingga baik umat Kristen ataupun liberal takut menerapkan hukum Islam."

Mengenai kekhawatiran saat ini tentang keamanan Kristen di Mesir, Kalta mencatat bahwa itu adalah kurangnya keamanan yang menimbulkan ancaman terbesar.

"Meskipun upaya-upaya pada bagian dari Kementerian Dalam Negeri untuk memulihkan hukum dan ketertiban, desa-desa dan kota-kota kecil masih menderita, akibat kurangnya keamanan dan dalam banyak kasus para korban adalah orang Kristen."

Meskipun penyusunan konstitusi telah memicu pertengkaran perselisihan, Kalta menunjukkan, Majelis Konstituante telah memberikan Muslim dan Kristen kesempatan lebih dekat. "Anggota Ikhwanul Muslimin menyadari bahwa orang Kristen tidak jahat dan bahwa mereka adalah warga negara Mesir biasa. Saya juga telah melihat cara berpikir kelompok Kristen dan Katolik mengalami beberapa perubahan. "

Kalta menekankan keyakinannya dalam dialog sebagai cara terbaik untuk draf peraturan bahwa hibah Kristen hak-hak mereka. "Kami tidak akan pernah melakukan konfrontasi atau bahkan demonstrasi."

Kalta mengatakan ia yakin Presiden Mohamed Mursi menjadi seorang bijak."Dia ingin melakukan sesuatu untuk Mesir, tapi ia masih tidak yakin bagaimana untuk memulai."

Katolik dan Koptik masih takut dan was-was dengan perubahan politik di  Mesir, dan ini tidak pernah mereka prediksi, kekuasaan itu akan jatuh ke tangan Islamis. Tetapi, kalangan Islamis justeru memberikan jaminan kehidupan mereka, selama mereka tidak membuat konspirasi dan perang terhadap Muslim, serta tunduk semua aturan dan hukum Islam. mh.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X