Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.163 views

Obama (Memang) Tak Pantas Dipatungkan di Indonesia

Jakarta (voice of al islam) - Peresmian patung Obama di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, hari Kamis (10/12) akhirnya menuai banyak kecaman masyarakat. Pembuatan patung masa kecil Presiden AS, Barack Hussein Obama dinilai  ada muatan politis. Bahkan terkesan berlebih-lebihan.

Pernyataan ini disampaikan sejarahwan Indonesia Prof Dr Anhar Gonggong, menyatakan keberadaan patung Obama di Menteng itu dinilai terlalu berlebihan. Anhar mengaku heran mengapa Obama terlalu didewakan di Indonesia?. Menurutnya, lagian kenapa harus patung Obama yang dipajang? Bukan pahlawan nasional yang berjasa kepada bangsa?

Obama bukan bagian dari Indonesia, dia bagian dari Amerika

"Kenapa bukan patung pahlawan Indonesia. Obama bukan bagian dari Indonesia, dia bagian dari Amerika, " ujarnya.  "Kenapa bukan patung Ki Hajar Dewantara," tambah Anhar.

Sementara itu, mantan Ketua YLBHI Munarman, SH menilai keberadaan patung itu tidak ada urgensinya sama sekali bagi bangsa Indonesia. Selain dalam Islam membuat patung macam itu adalah haram,  hal itu justru menandakan kalau bangsa Indonesia belum cerdas.

“Ini mungkin karena bangsa kita yang penjilat sehingga membuat hal-hal yang tak penting seperti itu. Bangsa yang terjajah memang begitu mentalnya," ujar dia.

“Ini mungkin karena bangsa kita yang penjilat sehingga membuat hal-hal yang tak penting seperti itu. Bangsa yang terjajah memang begitu mentalnya," ujar Munarman

Cerita Teman Masa Kecil Obama

Teman masa kecil Barack Obama menilai Presiden Amerika tersebut belum pantas dibuat patung di Indonesia. Bagaimana Obama bisa mendedikasikan dirinya untuk Indonesia, sementara Obama adalah Presiden Amerika.


"Kami bangga dia (Obama) menjadi Presiden Amerika, tetapi kalau mematungkan orang itu sumbangsihnya apa bagi negeri Indonesia??. Sedangkan dia (Obama) harus mendedikasikan untuk rakyat Amerika," ujar teman kecil satu kelas Obama di SDN Menteng I, Rully Dasaad, saat berbincang dengan detikcom melalui telepon, Selasa (15/12/2009).

Rully mengaku sangat mengagumi sosok Obama. Namun bukan berarti lantas Obama bisa dibuat patung di Indonesia.

Rully merasa heran mengapa Wakikota Jakarta Pusat dan Gubernur DKI Jakarta mengizinkan pembangunan patung Obama. Menurut Rully, pemerintah memiliki cara pandang berbeda terhadap pahlawan yang layak dipatungkan. "Di Indonesia menangkap koruptor saja susah, bagaimana mencari pahlawan untuk dipatungkan," keluh Rully.

Lebih dari itu, Rully menyayangkan si pembuat patung membawa embel-embel 'Friends of Obama' dalam patung tersebut. Rully merasa dirinya dan teman-teman kecil Obama lainnya tidak pernah memprakarsai pembuatan patung Obama.

"Kami tidak pernah memprakarsai pendirian patung Obama. Ron Muller mengaku Friends of Obama tetapi tidak pernah hidup bersama Obama," papar Rully.

"Perjalanan dia (Obama) masih panjang," cetusnya

10000 Penolak

Sementara itu, kecaman senada terus mengali di masyarakat. Pemasangan patung Barack Obama di Taman Menteng, Jakarta Pusat, mendapat kecaman dari para pengguna Facebook dan masyarakat umum. Sebuah kampanye bertajuk "Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng" menyebar situs jejaring sosial tersebut.

Menurut Heru Nugroho, penggagas kampanye  di halaman Facebook-nya, sejak berita masalah ini diturunkan,  sudah lebih 9.772 orang yang bergabung dalam kampanye virtual tersebut.

Para pengguna Facebook yang bergabung umumnya mempertanyakan visi dari pembangunan monumen Barack Obama dan manfaatnya bagi bangsa Indonesia.

Sebagaimana diketahui, patung setinggi satu meter terbuat dari perunggu menggambarkan Obama kecil saat tinggal di Jakarta. Patung buatan seniman Edi Chaniago ini menampilkan Obama tengah tersenyum dengan tangan dihinggapi kupu-kupu sebagai simbol pengharapan. (rojul/dbs/hidyth/foto:detk)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X