Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.054 views

Laporan HASI: Lembaga-lembaga yang berperan aktif di Suriah

Krisis Suriah masih belum menemukan titik terang, dua tahun lebih negara itu dicekam oleh perang, tentu kondisi ini kian hari kian memperburuk keadaan rakyat Suriah baik yang mengungsi ke negara tetangga maupun yang bertahan didalam Suriah namun mereka kehilangan tempat tinggal sehingga harus berlindung ke kawasan-kawasan yang aman, termasuk mereka yang masih terkepung oleh perang.

Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia memulai perannya dalam membantu rakyat Suriah setelah perang berkecamuk hampir satu tahun, lembaga-lembaga sosial kemanusiaan yang ada di negri ini mengambil peran aktif untuk membantu rakyat Suriah. Selain Hilal Ahmar Society Indonesia banyak lembaga-lembaga sosial kemanusiaan yang hingga kini aktif membantu rakyat Suriah. Berikut ini adalah lembaga-lembaga sosial kemanusiaan Indonesia yang hingga kini masih berperan aktif membantu rakyat Suriah dan kiprah mereka.

Sahabat Suriah, lembaga ini adalah lembaga yang pertama dari Indonesia berkiprah untuk membantu Muslim Suriah, tepatnya pada Juli 2012 tim Sahabat Suriah memulai kiprahnya dalam membantu rakyat Suriah dengan mengirimkan bantuan pendidikan bagi anak-anak Suriah yang mengungsi di kawasan perbatasan Turki, kemudian secara berkala Sahabat Suriah terus mengirimkan relawannya untuk mendistribusikan bantuan pangan maupun pendidikan ke beberapa kawasan di Suriah seperti Idlib, Aleppo, Homs, hingga bantuan didistribusikan sampai Damaskus. Terakhir lembaga sosial yang memang konsern memberikan bantuan pendidikan sejak awal di Suriah, memberikan bantuan ke sekolah Khaula binti Azur di Aleppo pada Maret 2013.

KISPA (Komite Indonesia Untuk Solidaritas Palestina), 3 Juli 2012 KISPA mengawali aksi nyata untuk rakyat Suriah, delegasi pertama KISPA ini langsung dipimpin oleh Ustadz Ferry Nur selaku Ketua KISPA, pada kunjungan pertama ini KISPA bekerjasama dengan IHH berkunjung ke camp pengungsi di kawasan Antakya dan menjumpai sejumlah ulama Suriah yang nyaris terbunuh diantaranya adalah Syaikh Usamah Rifa’i. KISPA kembali mengirimkan tim kemanusiaannya ke sejumlah wilayah di Suriah seperti Aleppo, Idlib dan Homs pada bulan Mei 2013. Hingga kini KISPA masih aktif mengirimkan bantuannya khususnya pengungsi Palestina yang bermukim di Suriah dimana hari ini mereka juga menjadi target pembantaian rezim Bashar Asad.

Aksi Cepat Tanggap (ACT), Lembaga kemanusiaan ACT  mengawali kiprah di Suriah dengan memberikan bantuan 1000 ton bahan pangan melalui program SOS Syria pada September 2012 di perbatasan Turki-Suriah tepatnya kota Gaziantep dan Killis, ACT bermitra dengan lembaga kemanusiaan Turki KimSe Yok Mu, selain itu ACT memberikan bantuan di camp pengungsi Suriah terbesar di Za’tari, Yordania. Sudah empat tim SOS Syria dikirim oleh ACT yang konsern pada bantuan pangan dan medis, setelah kunjungan terakhir pada September 2013 ke Aleppo, ACT akan membangun pabrik roti untuk rakyat Suriah di Aleppo.

Dompet Dhuafa, Lembaga Dompet Dhuafa juga tidak ketinggalan mengambil bagian dalam membantu rakyat Suriah, awalnya Dompet Dhuafa berangkat ke Suriah bersama tim kemanusiaan ACT pada Februari 2013, setelah melihat langsung kondisi pengungsi Suriah yang sangat mengenaskan, Dompet Dhuafa kembali mengirim tim pada September 2013 yang berkonsentrasi memberikan bantuan kepada para pengungsi di perbatasan Turki, Yordan, Irak dan Lebanon.

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Maret 2013 BSMI mengirimkan tim medis ke Aleppo Suriah, tim medis BSMI langsung bekerja di salah satu Rumah Sakit Lapangan Zarzur, Aleppo, selama dua pekan tim BSMI bertugas memberikan bantuan di kawasan yang tersebut yang menjadi salah satu titik peperangan hebat di utara Suriah. Sampai saat ini BSMI belum mengirimkan tim medisnya ke Suriah untuk kedua kalinya.

Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), mengawali kiprahnya di Suriah, PKPU bergabung bersama tim ACT memberikan bantuan di Gaziantep dan Killis, Turki, baru-baru ini PKPU juga ikut mendistribusikan hewan qurban yang mereka kumpulkan dari masyarakat ke camp Za’tari di Yordania.

Misi Medis Suriah (MMS), Misi Medis Suriah adalah gerakan kepedulian terhadap Suriah yang digerakkan oleh seorang anggota Pemuda Al Irsyad bernama Fathi Yazid Attamimi yang pertama kali pergi ke Suriah bersama dengan tim HASI. MMS kemudian menggalang dana bantuan dan memberangkatkan tim medis pertamanya pada 14 Juli 2013 dan bertugas di kawasan Idlib selama 1 bulan bersama salah satu faksi perlawanan Suriah Harakah Ahrar Syam. MMS juga telah mengirimkan tim medis keduanya pada 5 September 2013 dan menjalankan misi medis di beberapa tempat di Suriah diantaranya Aleppo, Idlib dan Jabal Akrod.

Radio Rodja, Radio dakwah ini termasuk yang terdepan menggalang bantuan dana untuk Suriah. Tim Radio Rodja bekerjasama dengan gerakan Peduli Muslim dibawah pimpinan Ustadz Abu Saad Muhammad Nur Huda mengirimkan bantuan ke Suriah, tercatat sudah tiga tim di bawah pimpinan Ustadz Abu Saad mengirimkan bantuan ke Suriah. Radio Rodja secara khusus mendapat ucapan terima kasih resmi atras bantuannya dari Katibah Al Faruq yang tergabung dibawah bendera Harakah Ahrar Syam. September 2013 tim Radio Rodja baru saja mengirimkan tim terkahirnya ke Suriah dan mereka berencana untuk terus mengirimkan tim bantuan ke Suriah sebagai bentuk implementasi ukhuwah sesama Muslim.

Tentunya ini semua merupakan hal yang menggembirakan kita khususnya kaum Muslimin Indonesia, dimana kita telah membuktikan sebagai naegara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, kita telah mengirimkan duta-duta kemanusiaan kita yang langsung mengantarkan bantuannya ke Suriah walaupun jarak yang sangat jauh memisahkan kita dan ancaman resiko yang begitu besar. Semoga Allah menyatukan langkah kita untuk terus peduli kepada saudara-saudara kita di Suriah.

 Hilal Ahmar Society Indonesia

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
DPP FPI: Semoga PKS Bisa Tegakkan Keadilan Sosial yang Terampas

DPP FPI: Semoga PKS Bisa Tegakkan Keadilan Sosial yang Terampas

Ahad, 29 Nov 2020 11:10

MER-C Sesalkan Sikap Wali Kota Bogor Intervensi Perawatan Habib Rizieq

MER-C Sesalkan Sikap Wali Kota Bogor Intervensi Perawatan Habib Rizieq

Ahad, 29 Nov 2020 08:00

Laporan: MBS Berencana Normalisasi Hubungan Saudi Dengan Israel Setelah Joe Biden Menjabat Presiden

Laporan: MBS Berencana Normalisasi Hubungan Saudi Dengan Israel Setelah Joe Biden Menjabat Presiden

Sabtu, 28 Nov 2020 22:25

Arab Saudi Secara Resmi Hentikan Impor Daging, Telur dan Produk Lainnya Dari Turki

Arab Saudi Secara Resmi Hentikan Impor Daging, Telur dan Produk Lainnya Dari Turki

Sabtu, 28 Nov 2020 22:06

Cermati Titik Kritis Kehalalan Obat Herbal

Cermati Titik Kritis Kehalalan Obat Herbal

Sabtu, 28 Nov 2020 21:56

SMP-SMA Luqman al Hakim Boarding School Surabaya Gelar Wisuda Tahfidz

SMP-SMA Luqman al Hakim Boarding School Surabaya Gelar Wisuda Tahfidz

Sabtu, 28 Nov 2020 20:47

Dewan Dakwah dan Baitul Mal Aceh Gelar Pendampingan Syariah Bagi Mualaf

Dewan Dakwah dan Baitul Mal Aceh Gelar Pendampingan Syariah Bagi Mualaf

Sabtu, 28 Nov 2020 19:55

Menyendiri atau Gaul, Mana Lebih Utama?

Menyendiri atau Gaul, Mana Lebih Utama?

Sabtu, 28 Nov 2020 19:17

Hadiri Munas ke V PKS, Anis Tegaskan PKS Siapkan Kontribusi Terbaik untuk Indonesia

Hadiri Munas ke V PKS, Anis Tegaskan PKS Siapkan Kontribusi Terbaik untuk Indonesia

Sabtu, 28 Nov 2020 19:13

Hassan Rouhani Salahkan 'Tentara Bayaran Israel' atas Pembunuhan Ahli Nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh

Hassan Rouhani Salahkan 'Tentara Bayaran Israel' atas Pembunuhan Ahli Nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh

Sabtu, 28 Nov 2020 17:15

Tutup Munas ke-10 MUI, Wapres Sampaikan 3 Pesan Penting

Tutup Munas ke-10 MUI, Wapres Sampaikan 3 Pesan Penting

Sabtu, 28 Nov 2020 13:13

Sampaikan Pidato Perdana, Ketua Umum Baru MUI: Mari Jaga Silaturahim

Sampaikan Pidato Perdana, Ketua Umum Baru MUI: Mari Jaga Silaturahim

Sabtu, 28 Nov 2020 13:10

Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Sabtu, 28 Nov 2020 12:05

Bulu Kucing Najis?

Bulu Kucing Najis?

Sabtu, 28 Nov 2020 11:15

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Sabtu, 28 Nov 2020 09:27

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Sabtu, 28 Nov 2020 08:59

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

Sabtu, 28 Nov 2020 07:53

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

Jum'at, 27 Nov 2020 23:06

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Jum'at, 27 Nov 2020 22:38

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Jum'at, 27 Nov 2020 21:45


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X