Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.457 views

Menakar Potensi Chaos Pasca Pengumuman Putusan MK

Oleh: Ahmad Khozinudin, S.H., Advokat,

Aktivis Hizbut Tahrir Kota Bekasi.

Sidang gugatan sengketa pemilu pilpres masih terus bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK). Selisih perolehan suara yang tidak signifikan nampaknya akan berpotensi membawa dampak pecahnya legitimasi publik. Pihak yang dianggap menang belum tentu mendapat kepercayaan untuk memimpin. Padahal, nyaris mustahil menegakandan menjaga bangunan kekuasaan minus penerimaan (ketaatan) dari rakyat yang dipimpin. Capres-cawapres yg memenangkan kontestasi suksesi politik, belum tentu mewarisi legitimasi politik dari para pemilih yg mendapati calonnya kalah. Jika demikian, tentu saja dapat dipastikan berimplikasi pada inefesiensi dan ketidakefektifan tata kelola pemerintahan, sebab akan banyak kebijakan yg tidak akseptable dan eksekusiable, baik karena keengganan, kemarahan, ketidak percayaan bahkan boleh jadi akan terjadi pembangkangan publik. 

Belum lagi tingkat golput yang tinggi dalam Pemilu Pilpres tahun ini melebihi angka golput Pemilu Pilpres tahun 2004 dan tahun 2009. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat angka golput tidak kurang 29,8% atau 56.732.857 suara yg memiliki hak pilih namun tidak menggunakan haknya. Angka tersebut jauh lebih besar ketimbang tingkat golput Pilpres 2009 yang mencapai 27,7%. Bahkan lebih buruk dibanding Pilpres 2004 yang hanya mencapai 24%. Total warga yang berhak menggunakan hak pilihnya dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilpres 2014 adalah 190.307.134. Namun yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 133.574.277 suara. Perolehan  suara Capres-cawapres pasangan Jokowi-JK: 70.997.833 suara (53,15 persen), selisih sedikit dengan perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta: 62.262.844 suara (46,85 persen), sementara Selisih suara keduanya hanya 8,421,389 suara atau 6,3 persen.

[http://www.harianterbit.com/read/2014/07/23/5622/26/26/Terburuk-Sepanjang-Sejarah-Golput-Pilpres-Capai-567-Juta]

Angka golput cenderung meningkat pada setiap hajatan pemilu legislatif maupun pilpres. Pilihan untuk tidak menggunakan hak pilih nampaknya bukan tanpa sebab, meski dengan latar belakang yg beragam. Ada yg memilih golput karena alasan tehnis administratif, karena alasan praktis pragmatis dan memilih golput karena alasan politis ideologis.

Pemilih golput dengan alasan tehnis administratif adalah orang-orang yg menjadi golput oleh sebab-sebab yg sifatnya tehnis dan administratif, seperti tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap, surat suara tidak diterima, surat suara rusak, saat pemilihan sedang diluar kota atau kendala tehnis lainnya.

Pemilih yang golput karena alasan praktis pragmatis adalah orang-orang yang memandang dengan terlibat atau tidak dalam pemilu tidak ada implikasinya terhadap kemaslahatan individual yg mereka rasakan. Mereka lebih memilih terus menjalankan usaha atau bekerja, ketimbang kehilangan waktu ber-antri ria di TPS. Sebagian yg lain memandang bahwa lebih baik berdiam diri dirumah bercengkrama bersama keluarga, atau sekedar jalan-jalan untuk menghilangkan kepenatan. Dalam bahasa serderhana, siapapun presidennya toh rakyat tetap saja kere (miskin).

Adapun mereka yg menjadi Golput karena faktor politis ideolodis, mereka terbagi menjadi dua kelompok. Pertama : mereka yang menjadi golput karena alasan politis, yg terkategori orang-orang dalam barisan sakit hati dan orang-orang yang anti kemapanan. Masuk barisan kelompok ini adalah orang-orang yang merasa tidak diberi ruang dalam kontestasi politik, atau mereka yang merasa dikerdilkan perannya dalam suksesi demokrasi. Pilihan golput sekedar manifestasi keengganan, kemarahan dan perlawanan terhadap marginalisasi politik yg dialaminya, baik dalam konteks sebagai bagian dari pelaku politik maupun hanya sekedar suporter politik. Kedua: mereka yang memilih golput sebagai bagian dari perjuangan dan perlawanan terhadap sistem eksisting. Mereka yang memandang kapitalisme sekular yang diterapkan di negeri ini adalah akar persoalan dari serangkaian kompleksitas problematika bangsa yang menghasilkan kemiskinan, kesenjangan, ketidakadilan, tirani, kerusuhan sosial, perampokan terhadap aset SDA indonesia, dekadensi moral, alienasi, keterpurukan ekonomi serta berbagai permasalahan multidimensi yang menimpa negeri ini. Mereka memandang bahwa sistem politik demokrasi adalahsistem politik untuk mengimplementasikan ideologi kapitalisme. Terjun dan bermain dalam demokrasi sama halnya dengan melanggengkan Kapitalisme dan sederet permasalahan yang mendera bangsa ini. Sementara mereka berkeyakinan, Kapitalisme sekulerisme adalah Ideologi global yang harus dilawan dengan ideologi global –bahkan tidak hanya sekedar itu- ideologi Kapitalisme harus dipandang sebagai ideologi Material yang terhadapnya harus dilawan dengan ideologi transenden, ideologi yang berasal dari Dzat yang maha pengatur, ideologi yang berasal dari dzat yang menciptakan manusia, alam semesta dan kehidupan. 

Hanya saja sampai hari ini belum ada satu lembaga survei maupun penelitian yang mencoba untuk menguak secara rinci Fenomena Golput dalam Pemilu serta kecenderungannya. Namun lepas dengan alasan apapun, baik karena alasan tehnis administratif, praktis pragmatis maupun politis ideologis, ketiganya berpotensi menimbulkan ketidakpercayaan pada presiden terpilih. Dengan demikian, potensi pemerintahan yang tidak memiliki legitimasi semakin besar. Kekuasaan yang demikian memerlukan entitas lain untuk menyokong dan mempertahankan legitimasi politik bagi pemerintahan terpilih dari potensi gerakan massa (People Power) atau bahkan gerakan massif dari kelompok kekuatan tertentu (Kudeta).

Anatomi dukungan dan kekuatan

Mahkamah Konstitusi –dengan putusan apapun- baik menerima maupun menolak gugatan yang diajukan Capres-cawapres prabowo-hatta, secara psikis relatif tidak memiliki beban politis. Karena kedua pasangan Capres-cawapres, sama-sama memiliki basis dukungan yang sama-sama kuat. Selisih perolehan suara yang hanya sekitar 6,3 % tidaklah terlalu signifikan jika harus dijadikan alat legitimasi politik, apalagi jika pasangan Capres-cawapres –dari kubu manapun- mampu menarik dan menjadikan pemilih golput sebagai bagian pendukung gerbong politiknya, maka selisih angka 6,3 persen tidak akan berarti jika dibandingkan angka golput yang mencapai 29,8%.

Hanya saja sejak awal MK harus berani menanggung resiko politik, sebab dengan putusan apapun maka sudah dapat dipastikan pihak yang dikalahkan akan menganggap MK tidak adil, memihak dan politis. Sejak awal resiko ini disadari MK, maka pada setiap kesempatan MK selalu menegaskan akan bersikap adil, independen, imparsial dan tidak memihak. [http://pemilu.metrotvnews.com/read/2014/07/19/267810/hadapi-gugatan-pilpres-mk-pastikan-hakim-independen].

Jika anatomi Dukungan kedua pasangan calon pada tataran elit, maka pasangan Prabowo-hatta sesungguhnya memiliki kepercayaan diri yang lebih. Suara gabungan PDIP 18,95%, PKB 9,04%, Nasdem 6,72%, dan Hanura 5,62%, hanya sebesar 39,97% dukungan. Sementara akumulasi suara Gerindra 11,81%, PAN 7,59%, PPP 6,53 %, PKS 6,79%, Golkar 14,75%, dan PBB 1,46%, adalah sebesar 48,93% dukungan. Dukungan partai politik dapat ditafsirkan sebagai dukungan elit politik. Kohesi internal dalam bangunan koalisi merah putih lebih banyak secara kuantitas baik dari politisi, birokrat, pengusaha, dan tokoh masyarakat seperti kalangan kiyai dan ulama. Sementara kubu Jokowi kuat di basis massa yang berasal dari partai inti pengusungnya PDIP, yang dikalangan akar rumput memiliki basis dukungan yang relatif dianggap militan dan loyal. Jika kalkulasi tersebut dihadap-hadapkan secara vis a vis, maka kekuatan kedua kubu relatif seimbang. Semuanyamemerlukan energi yang cukup besar untuk memenangkan pertarungan politik, baik pra putusan maupun pasca putusan MK, dan untuk merubah  bandul kesetimbangan politik, masing-masing harus mendapatkan dukungan politik dari unsur lain yang memiliki kekuatan, yaitu militer.

Kekuatan Militer dan kecenderungannya 

Tidak dapat dipungkiri kekuasaan dengan sistem apapun selalu ditopang oleh dua pilar utama, yaitu Rakyat dan Militer. Dukungan Rakyat saja tidak cukup untuk menjaga eksistensi apalagi melanggengkan kekuasaan. Sebaliknya, kekuasaan dengan dukungan militer berubah posisinya dari kekuasaan yang melayani menjadi kekuasaan yang memaksa (Diktator). Kekuasaan yang memaksa cenderung akan melemahkan dirinya sendiri, bahkan tidak jarang menyampaikannya pada ajal.

Militer tidak boleh dianggap remeh, bahkan militer adalah pilar kedua untuk menopang kekuasaan selain rakyat/umat. Suksesi politik yang mulus dengan jalan mencari dukungan umat, tidaklah cukup aman sebelum ia mendapatkan dukungan dan loyalitas dari militer. Kasus kekuasaan Ahmad Moursi di Mesir adalah contoh paling mutakhir tentang kekuasaan yang telah didapat dari umat/rakyat minus dukungan dan loyalitas militer. Hanya dalam waktu sekejap, militer dapat menumbangkan Moersi dan mengambil alih kekuasaan.

Peristiwa politik di Thailand dapat menambah gambaran yang utuh bagaimana peranan militer sangat signifikan dalam konteks suksesi politik. Di Thailand, Junta militer lebih banyak memainkan peranan untuk mendudukan atau menurunkan kekuasaan di Thailand. Contoh paling abadi dalam konteks pilar penyangga kekuasaan adalah pada saat rasulullah SAW hendak menegakan Daulah Islam yang pertama di Madinah. Rasulullah mengutus Mus’ab bin Umair untuk membina dan mempersiapkan rakyat (umat) di Madinah untuk menegakan kekuasaan islam, pada saat yang sama beliu meminta mus’ab bin umair meminta dukungan ahlul nusyroh (militer) yang  ketika itu terepresentasikan dalam suku Aus dan Khazrat. Setelah dua pilar diraih (Rakyat dan Militer) Rasululullah SAW melalui  duta beliau Mus’ab bin Umair, dapat menjalankan kekuasaan dan pemerintahan secara paripurna tanpa ada hambatan yang berarti.

Hanya saja betapapun strategisnya peran militer dalam mengambil alih atau mendudukan kekuasaan, militer indonesia memiliki kultur dan sejarah yang menjadikannya tidak pernah menggunakan kekuatannya untuk melakukan suksesi politik. Militer bangsa ini adalah anak bangsa yang lahir dari rahim umat yang memiliki akidah islam yang lurus, mereka adalah cucu-cucu jenderal Sudirman, seorang Jenderal sekaligus ulama yang sholih, penerus generasi  Hisbulloh, maka tidak aneh jika kultur kekerasan (kudeta) tidak  pernah diambil oleh militer bangsa ini karena bertentangan dengan syariah Islam. 

Posisi militer yang strategis dapat merubah bandul kesetimbangan politik yang amat signifikan, jika  militer menggunakan kekuatannya utuk merubah konstelasi politik. Hanya saja militer sebagai bagian dari anak bangsa akan menghitung secara cermat atas segala kemungkinan yang terjadi. Potensi gerakan People Power oleh massa salah satu pasangan calon akan mudah diredam oleh militer hanya dalam hitungan jari. Disamping itu, massa pendukung pasangan capres sebenarnya mayoritas adalah kalangan pragmatis yang dalam setiap mengambil tindakan akan selalu mempertimbangkan kemaslahatan pribadinya. Opsi untuk memberikan dukungan All Out kepada Capres-cawapres untuk mendudukan mereka di kursi kekuasaan bukanlah pilihan yang realistis.

Chaos sulit terjadi, peluang Revolusi Islam terbuka lebar

Rasanya agak sulit –jika tidak bisa dikatakan mustahil- kerusuhan massa dan chaos terjadi pasca pembacaan putusan MK. Massa yang tidak terlalu militan, latar belakang yang pragmatis, kecenderungan militer yang tidak mengambil inisiatif mengambil alih kekuasaan, politisi yang oportunis, perbandingan kekuatan antara kedua kubu capres-cawapres yang relatif seimbang, adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangannya.

Di negeri ini selain entitas politik yang berkecimpung dalam politik praktis, ada entitas politik lain yang memahami hakekat kerusakan yang terjadi sekaligus memiliki konsep alternatif untuk menawarkan solusi paripurna. Potensi untuk memainkan peranan (perubahan) diluar sistem sangat terbuka, apalagi pada kondisi munculnya ekspektasi publik yang anti klimaks terhadap politisi praktis yang masuk dalam sistem demokrasi.

Hizbut Tahrir adalah sebuah partai politik yang berideologi Islam. Politik merupakan kegiatannya, dan Islam adalah ideologinya. Hizbut Tahrir bergerak di tengah-tengah umat, dan bersama-sama mereka berjuang untuk menjadikan Islam sebagai permasalahan utamanya, serta membimbing mereka untuk mendirikan kembali sistem Khilafah dan menegakkan hukum yang diturunkan Allah dalam realitas kehidupan.

Hizbut Tahrir sangat berpeluang mempelopori perubahan (Revolusi) dengan terus menerus melakukan pembinaan umat dengan pemahaman syariah islam yang  menyeluruh dan memantik perasaan umat agar hanya ridlo diatur dengan syariah islam, bukan yang  lainnya. Pemahaman yang menyeluruh tersebut juga harus sampai pada kesimpulan bahwa penerapan syariah islam hanya bisa diterapkan secara sempurna dalam naungan Daulah Khilafah. Jika Hizbut Tahrir telah mampu mempersiapkan masyarakat dengan pemikiran yang islami, perasaan  yang  islami maka akan terciptalah sebuah masyarakat yang merindukan atas mereka diterapkan aturan yang islami. Kerinduan ini akan mendorong masyarakat  meminta “atau bahkan memaksa” penguasa yang ada untuk menerapkan syariah islam.

Tinggal satu kunci kekuasaan setelah umat, yaitu militer. Militer negeri ini adalah  militer yang lahir dan dibesarkan dari rahim umat. Mereka adalah putra-putra terbaik islam yang dalam dadanya terhujam mendalam akidah islam. Dari akidah yang menghujam terpancarlah kecenderungan untuk melakukan pembelaan dan pertolongan  terhadap islam. Pada saat yang sama, umat  ini (baik sipil maupun militer)  dapat mengindera dengan jelas dan dapat memaparkannya secara gamblang tentang banyaknya kerusakan yang ditimbulkan ideologi kapitalisme sekular yang diterapkan di negeri ini. Jika tidak segera menyelamatkannya dengan ideologi islam, maka disisi jalan yang lain ideologi sosialisme komunisme telah dengan sangat siap untuk memangsa umat dan menjadikannya harta rampasan perang (Ghanimah).

Hizbut Tahrir sendiri telah berulang kali menyeru kepada militer agar segera memberikan dukungan dan pertolongan kepada hizbut tahrir untuk mengambil alih kekuasaan –dengan kekuatannya- untuk menegkan Khilafah bersama Hizbut Tahrir.

[http://hizbut-tahrir.or.id/2014/07/21/hti-seru-militer-ambil-kekuasaan-untuk-tegakkan-khilafah/].

Hizbut Tahrir telah menyiapkan seluruh konsep dan pranata untuk menerapkan syariah islam dalam bingkai Khilafah. Hanya saja, apakah jenderal-jenderal militer sudah merasa harus mengambil tindakan Ekstra Ordinary untuk mengambil inisiatif melakukan “Operasi Politik Tanpa Kekerasan” demi menyelamatkan bangsa ini yang sudah sangat terpuruk? Apakah Hizbut Tahrir mampu meyakinkan umat dan militer untuk segera hijrah dari kapitalisme sekulerisme menuju islam serta segera mengambilalih kekuasaan untuk menegakan Khilafah? Apakah pasca pengumuman Putusan MK seluruh komponen umat, Militer dan Hizbut Tahrir menemukan momentumnya?

Wallahu ‘alam bi ash Showab.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X