Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.188 views

APEC Ajang Lelang Indonesia ke Asing

Oleh: Febrina. C.Rosidha (Mahasiswa UIN SUKA Yogyakarta/Aktivis MHTI)

Kehadiran presiden Jokowi ke KTT APEC di Beijing bukanlah dalam agenda untuk kepentingan rakyat. Lebih tepatnya untuk menghadiri acara lelang di depan para pemodal Asing.

Sekilas bagi masyarakat awam yang tidak jeli memahami, presentasi presiden Jokowi dihadapan para investor Asing disederhanakan seperti memperkenalkan Indonesia ke dunia.

Padah lebih dari pada itu, Jokowi telah menyerahkan “pembuluh nadi Indonesia”. Pengamat ekonomi Ichsanuddin Noorsy menyatakan dengan membuka peluang sebesar-besarnya terhadap asing Jokowi sama saja menyerahkan pembuluh darahnya kepada asing.

"Sama saja Anda memberikan pembuluh darah kepada orang lain yang kapan saja bisa diambil," katanya (www.republika.co.id).

Lebih lanjut Noorsy mengkritik rencana Jokowi yang akan membangun tol laut menggunakan bantuan dana dari Asing, menurutnya hal itu akan mempermudahkan pihak asing mengambil kekayaan Indonesia di laut.

"Ini sama saja mempermudah mereka berdagang di sini," katanya.(www.republika.co.id)

Kemudahan para pemodal asing berinvestasi di Indonesia adalah dampak dari keikutsertaan Indonesia dalam arus pasar bebas dunia. Padahal jelas dengan adanya pasar bebas justru membuat Indonesia tidak mandiri.

Atas nama investasi, Asing mudah menjajah perekonomian Indonesia. Semua dapat melihat dampaknya, mulai dari pengerukan SDA di Indonesia oleh Asing.

SDA milik rakyat justru Asing yang menikmati. Dan pemerintah mencoba melepas diri dari pengurusan terhadap kepentingan rakyatnya. Pemerintah lebih senang melayani pemodal Asing.

Dampak lainnya adalah banyaknya perusahaan-perusahaan besar Asing yang ada di Indonesia kian mempersempit gerak pengusaha kecil. Tentu Asing sebagai pemiliki modal besar lebih menguasai Indonesia dibandingkan rakyanya sendiri.

Menurut Syekh Abdul Qadim Zallum bahwa tujuan utama dari liberalisasi perdagangan tidak lain agar negara-negara bekembang diseluruh dunia dapat membuka pasar terhadap barang dan investasi negara maju yang memiliki superioritas atas negara berkembang.

Akibatnya negara berkembang akan terus menjadi konsumen utama dari komoditas dan investasi negara-negara maju. Di sisi lain kebijakan tersebut membuat negara berkembang semakin sulit dalam membangun pondasi ekonomi yang tangguh sebab mereka terus bergantung kepada negara-negara industri.

Sudah saatnya masyarakat cerdas dan membuka mata serta bersikap tegas terhadap pemerintah untuk berlepas diri dari cengkeraman negara kapitalis. Sudah banyak kerugian yang harus ditanggung rakyat.

Karena sejatinya ideologi Kapitalis yang diterapkan di Indonesia dan memihak kepada Asing adalah alat penjajahan. Sudah saatnya pemerintah menjadi pelayan umat. Sebagaimana Islam memiliki konsep untuk menjamin itu.

Bahwa kepemilikan umum dan negara harus berada ditangan pemerintah yang dikelola untuk kemaslahatan rakyat. Bukan dengan ekonomi kapitalis tetapi dengan ekonomi Islam. [syahid/voa-islam.com

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X