Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.617 views

Budaya Valentine's Day.. Budaya Penyesatan Aqidah, Alias Hari Seks Bebas

[Suara Pembaca]

Sahabat Voa Islam,

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan agar remaja Indonesia menolak merayakan hari kasih sayang atau hari valentine yang akan jatuh pada 14 Februari mendatang.

Sebab, valentine dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma negara dan agama. (Republika.co.id, 05/02/2015). Tanggal 14 Februari merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh kaum remaja atau kaum muda mudi untuk memadu cinta kasih bersama pasangannya.

Bahkan pada hari tesebut, biasanya ditandai dengan hari untuk membagi-bagikan cokelat, bunga mawar serta menjadikan kata Love sebagai icon pada hari itu.

Tidak hanya itu, di Indonesia sendiri tidak sedikit orang menyelipkan kondom kedalam bungkusan cokelat atau benda-benda lain yang identik dengan hari tersebut untuk dibagi-bagikan kepada pengemudi dijalan raya bahkan ada yang sampai menjualnya di swalayan.

Budaya dengan berbagai macam cirri khasnya itu dinamakan “valentine’s day”. Sudah tidak asing lagi kata “valentine’s day” terdengar di telinga kita karena budaya ini sering diperingati bahkan diikuti oleh orang-orang yang notabene mereka adalah muslim.

Menurut HJ. Irena Handono (Islampos.com, 12/02/2014), di Indonesia sendiri kata LOVE menjadi ciri khas valentine’s day. Beliau mengatakan: “Valentine’s Day disebut ‘Hari Kasih Sayang’, disimbolkan dengan kata ‘LOVE’. Padahal kalau kita mau jeli, kata‘kasih sayang’ dalam bahasa inggris bukan ‘love’ tetapi ‘Affection’.

Tapi mengapa di negeri-negeri muslim seperti Indonesia dan Malaysia, menggunakan istilah Hari Kasih Sayang. Ini penyesatan. Makna ‘love’ sesungguhnya adalah sebagaimana sejarah LUPERCALIA pada masa masyarakat penyembah berhala, yakni sebuah ritual seks/perkawinan. Jadi Valentine’s Day memang tidak memperingati kasih sayang tapi memperingati love/cinta dalam arti seks.

Atau dengan bahasa lain, Valentine’s Day adalah HARI SEKS BEBAS. Dan pada kenyataannya tradisi seks bebas inilah yang berkembang saat ini di Indonesia

Atau dengan bahasa lain, Valentine’s Day adalah HARI SEKS BEBAS. Dan pada kenyataannya tradisi seks bebas inilah yang berkembang saat ini di Indonesia. Padahal di Eropa sendiri tradisi ini mulai ditinggalkan. Maka, semua ini adalah upaya pendangkalan akidah generasi muda Islam.

Sudah sering kajian keislaman, imbauan, media tulisan bahkan MUI pun mengopinikan untuk tidak mengikuti budaya tersebut. Budaya valentine’s day merupakan budaya yang lahir dari keyakinan agama selain Islam.

Hal itu berarti umat muslim haram untuk mengikutinya seperti yang disabdakan oleh rasulullah SAW: “ Barangsiapa yang meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut (HR.At-Tirmidzi). Menurut Ibnu Qayim Al-Jauziyah, “memberikan ucapan selamat terhadap acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka telah disepakati bahwa perbuatan tersebut adalah haram”.

Mengucapkan kata “selamat” saja sudah dilarang, apalagi ditambah dengan kata “love” bahkan dirayakan sambil makan cokelat, memberi bunga mawar, lalu berciuman dan setelah itu diikuti dengan hal lain seperti pezinahan yang jauh lebih mengerikan dan tentunya dilarang oleh syariat islam. Nau’dzubillah..

Budaya valentine’s day yang diikuti oleh kaum remaja atau kaum muda mudi di Indonesia merupakan bagian dari permasalahan umat muslim saat ini. Hal ini disebabkan karena tidak terjaganya lingkungan dari pegaruh liberalisasi budaya.

Indonesia merupakan negara yang mayoritas muslim, namun hal ini bukan berarti mereka aman dari pengaruh budaya-budaya selain islam untuk mempengaruhi mereka karena meskipun mayoritas muslim, jika tidak ada aturan yang mengikatnya untuk tunduk pada aturan islam dan menolak aturan lain maka wajar saja banyak orang muslim yang dengan sengaja maupun tidak disengaja mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang lahir dari keyakinan agama lain.

Wajar jika saat ini kita saksikan umat muslim mengikuti budaya valentine’s day karena kebebasan yang dilegalkan di Indonesia merupakan awal mulanya penyebabnya.

Wajar jika saat ini kita saksikan umat muslim mengikuti budaya valentine’s day karena kebebasan yang dilegalkan di Indonesia merupakan awal mulanya penyebabnya. Kebebasan ini lahir dari akidah sekulerisme yang memisahkan agama dengan kehidupan sehingga kehidupan pun tidak diatur dengan aturan islam.

Kebebasan atau liberalisasi merupakan gawangnya budaya-budaya yang bukan berasal dari islam masuk kedalam lingkungan umat muslim serta mempengaruhi akidah mereka dan menjadikan suatu kebiasaan ditengah-tengah mereka.

Padahal hal ini jelas bertentangan dengan syariat Islam ketika umat muslim mengikuti budaya-budaya itu. Selain itu, pergaulan bebas, media yang tidak diatur, pendidikan yang sekuler, peran orangtua yang terabaikan dalam mengedukasi anak-anaknya dan segudang permasalahan lainnya yang merupakan faktor-faktor pemicu adanya budaya valentine’s day.

Semua faktor tersebut tidak lain berasal dari kebebasan yang diterapkan dalam sistem demokrasi saat ini. Kebebasan demokrasi yang lahir ari akidah sekulerisme inilah menyebabkan aturan kehidupan jauh dari syariat islam sehingga permasalahan demi permasalahan terus terjadi baik menimpa kalangan tua, remaja bahkan anak-anak.

Budaya valentine’s day merupakan budaya penyesatan akidah yang menimpa kaum remaja atau kaum muda mudi. Maka sudah saatnya kaum muslim untuk mencegahnya dengan menerapkan kembali aturan islam ditengah kehidupan saat ini melalui tegaknya daulah Khilafah ‘ala minhaji nnubuwwah.

Wallahu ‘alam bisshowab…

Oleh: Nurhayati/ jurusan pendidikan agama islam /fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X