Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.907 views

Hukum Melagukan Ayat Al Quran ketika Berkhutbah

 VOA-ISLAM.COM- ada satu hal yang menarik perhatian saya ketika mendengar khutbah jumat, yaitu ketika sebagian khatib berdalil menggunakan ayat dengan melagukan saat membacanya, walau yang dibaca hanya dua ayat atau kurang. Bahkan sebagian mereka ada yang tidak melewatkan satu ayat pun melainkan dilagukan. Pertanyaannya, apakah perbuatan ini ada dasarnya dari sunah nabi atau perbuatan sahabat?

Faktanya, berdasarkan pencarian saya yang terbatas, saya tidak menemukan dalil yang menunjukkan perbuatan ini, baik dari sunah nabi maupun perbuatan sahabat. Bahkan saya mendapatkan banyak hadist yang menyebutkan nabi berdalil dengan ayat Al Quran, namun tidak ada keterangan bahwa beliau melagukannya.

Sebagaimana diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim dalam shahih mereka masing-masing dari Abdullah bin Mas’ud yang berkata, “Tatkala turun firman Allah, orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan keimanannya dengan kezaliman (QS. Al An'am:82) para sahabat mereka keberatan. Mereka bertanya pada Rasululloh, Siapakah di antara kita yang tidak menzhalimi dirinya sendiri? Maka jawab Rasululoh “ bukan itu maksudnya, tidaklah kalian telah mendengar ucapan Luqman, seorang hamba Allah yang shaleh. “Wahai putraku, janganlah kamu berbuat syirik terhadap allah! Sebab sesungguhnya kesyirikan itu adalah kedzaliman yang besar (QS Luqman : 13) maka maksut kedzaliman adalah kesyirikan” (Shahih Al Bukhari dan shahih muslim)

Anda bisa lihat sendiri dalam hadist ini, tidak disebutkan bahwa nabi melagukan ayat yang beliau baca. Begitu juga Ibnu Mas'ud. Hal seperti ini banyak sekali di dalam sunah, sekiranya itu dilakukan nabi tentu telah dinukilkan kepada kita. Bahkan ada juga hadist-hadist yang menunjukkan bahwa nabi membaca potongan ayat dari Al Quran dalam kutbahnya. Diriwayatkan bahwa nabi di atas mimbar pernah membaca ; “dan mereka berseru” wahai malik” (shahih bukhari muslim)

Diriwayatkan pula secara shahih dari nabi bahwa beliau juga pernah membaca surat shad di atas mimbar (sunan abu dawud) Diriwayatkan secara shahih pula dari nabi bahwa beliau membaca surat Qaf di atas mimbar, sebagaimana tadi telah kita bahas ini secara khusus Di saat yang sama, orang orang yang meriwayatkan hadist hadist di atas tidak menyebutkan bahwa nabi melagukan ayat ayat beliau baca di atas mimbar, selain surat qaf.

Itupun menurut saya tidak masuk dalam masalah yang sedang kita bahas. Sebab beliau membacanya bukan dalam rangka mengambil dalil. Beliau membacanya satu surah penuh dan bersambung, yang seperti ini ada kemungkinan beliau membacanya secara tartil dan melagukannya.

Meski demikian, saya masih terus mencari secara serius untuk bisa sampai kepada kesimpulan yang meyakinkan terkait kata sebagian orang bahwa melagukan bacaan ketika berdalil dengan ayat itu bidah. Sulitnya memvonis bidah menjadikan saya tidak maksimal mencarinya.

Akan tetapi saya katakan bahwa perbuatan ini menyelesihi sunah nabi yang telah di ketahui melalui pengkajian, baik itu ketika beliau khutbah atau ketika bicara kepada para sahabat. Setelah mencari, saya tidak mengetahui ada dalil yang menunjukan bahwa beliau melagukan satu atau dua ayat ketika mengutip dalil wallhualam.

Catatan : barang kali ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya Alah taala memerintahkan nabinya agar membaca al Quran secara tartil (lihat Qs Al Muzamil ;4) dan perintah itu tidak terikat apakah harus lebih dua ayat atau semisalnya. Maka jawaban atas hal ini adalah perbedaan antara membaca Al quran dengan tartil dan melagukannya.

Jadi saya katakan, tidak mengapa khatib mengutip satu atau dua ayat sebagai dalil lalu membacanya secara tartil, karena keduanya ada perbedaan. Tartil sebagaimana di terangkan dalam An Nihayah adalah membaca secara perlahan lahan, berhati hati dan memperjelas huru harakat.

Ibnu Astir, An Nihayah fil gharib al hadist wal astar Adapun melagukanya, ada hadist shahih dalam riwayatnya al bukhari dan muslim yang menjelaskan, yakni bahwasanya Nabi bersabda “tidaklah Allah mendengarkan sesuatu melebihi mendengarnya dia terhadap nabi yang melagukan Al Quran dengan suara keras” (HR Bukhari Muslim)

As Safii berkata “ maknanya adalah memperindah dan memperlembut bacaan” Ibnu Kastir berkata mengenai firman allah ‘ dan bacalah al quran secar tartil” yakni bacalah Al quran perlahan lahan” Tafsir Al quran Al adhim Juz VIII H 250

Dari sini jelaslah sudah perbedaan antara melagukan dan membacanya secara tartil. Membaca ayat perlahan lahan dalam khutbah tidaklah mengapa. Lain halnya dengan melagukan, karena saya tidak menemukan perbuatan nabi yang menunjukan hal itu. Wallahualam.

Faedah : Syaikh Bakr Abu Zaid berkata : termasuk perkara baru yang di ada adakan oleh para penceramah dan khatib di zaman sekarang adaah mengubah suara ketika membaca ayat ayat Al Quran agar suara itu seirama dengan nasehat dan khutbahnya, Ini termasuk perbuatan yang tidak pernah dikenal di zaman salaf serta para imam yang menjadi panutan. Tidak juga kita jumpai ada ulama ulama besar zaman sekarang. Yang ada mereka justru menjauhinya, dan banyak para pendengar yang tidak menyukainya. Meskipun perasaan orang berbeda-beda, namun yang rusak tidak bisa dijadikan patokan. Sebagimana sesuatu yang menyelisihi jalan para pendahulu umat ini juga tidak bisa dijadikan patokan. Wallahualam. [Protonema/voa-islam] Disadur dari kitab Asy Syamil fi Fiqh Al Khatib wa Al Khutbah/ Dr Suud Bin Ibrahim Muhamad As Suraim

 
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Asosiasi Muslim Kanada Luncurkan Situs Web Baru Untuk Perangi Islamofobia

Asosiasi Muslim Kanada Luncurkan Situs Web Baru Untuk Perangi Islamofobia

Jum'at, 03 Dec 2021 21:15

Ilmuan Temukan Area Pertempuran Mohacs Di Hungaria

Ilmuan Temukan Area Pertempuran Mohacs Di Hungaria

Jum'at, 03 Dec 2021 20:45

Menko Polhukam Dijadwalkan Menjadi Narasumber di Muktamar IV Wahdah Islamiyah

Menko Polhukam Dijadwalkan Menjadi Narasumber di Muktamar IV Wahdah Islamiyah

Jum'at, 03 Dec 2021 16:24

Rusia Peringatkan 'Skenario Mimpi Buruk' Dari Konfrontasi Militer Di Eropa

Rusia Peringatkan 'Skenario Mimpi Buruk' Dari Konfrontasi Militer Di Eropa

Jum'at, 03 Dec 2021 16:15

Pengadilan Akhirnya Izinkan Saif Al-Islam Khadafi Ikut Pencalonan Dalam Pilpres Libya

Pengadilan Akhirnya Izinkan Saif Al-Islam Khadafi Ikut Pencalonan Dalam Pilpres Libya

Jum'at, 03 Dec 2021 15:15

Miras di Indonesia dan Cara Islam Memberantasnya

Miras di Indonesia dan Cara Islam Memberantasnya

Jum'at, 03 Dec 2021 14:53

Iman, Tak Kasat Mata Tapi Terasa Ada

Iman, Tak Kasat Mata Tapi Terasa Ada

Jum'at, 03 Dec 2021 14:42

Politisi PKS: Tak Impor Beras tahun 2021, Presiden Jokowi Kembali Lakukan Kebohongan Publik

Politisi PKS: Tak Impor Beras tahun 2021, Presiden Jokowi Kembali Lakukan Kebohongan Publik

Jum'at, 03 Dec 2021 09:16

Warga Jakarta Berlimpah Subsidi

Warga Jakarta Berlimpah Subsidi

Jum'at, 03 Dec 2021 08:54

Membangun Visi Pendidikan yang Benar

Membangun Visi Pendidikan yang Benar

Jum'at, 03 Dec 2021 08:39

Tak Sekadar Lolos ke Senayan, Partai Gelora Targetkan Menang Pemilu 2024

Tak Sekadar Lolos ke Senayan, Partai Gelora Targetkan Menang Pemilu 2024

Jum'at, 03 Dec 2021 08:22

Menilik Makna Ahlul Sunah Wal Jamaah Anti Radikalisme

Menilik Makna Ahlul Sunah Wal Jamaah Anti Radikalisme

Kamis, 02 Dec 2021 15:21

Pornografi Menghantui Generasi, Sampai Kapan?

Pornografi Menghantui Generasi, Sampai Kapan?

Kamis, 02 Dec 2021 15:03

Jurnalis Sebut Media Lakukan Bias dalam Pemberitaan Penjajahan Israel di Palestina

Jurnalis Sebut Media Lakukan Bias dalam Pemberitaan Penjajahan Israel di Palestina

Kamis, 02 Dec 2021 12:24

Pasukan Iran Terlibat Pertempuran Sengit Dengan Taliban Di Perbatasan

Pasukan Iran Terlibat Pertempuran Sengit Dengan Taliban Di Perbatasan

Kamis, 02 Dec 2021 12:15

Taliban Dan Junta Militer Myanmar Tidak Diizinkan Di PBB Untuk Saat Ini

Taliban Dan Junta Militer Myanmar Tidak Diizinkan Di PBB Untuk Saat Ini

Kamis, 02 Dec 2021 10:27

MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

MUI Teken MoU Pembangunan RSIH dengan Wali Kota Hebron

Kamis, 02 Dec 2021 02:14

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Sederet Manfaat Olahraga Bagi Lansia

Rabu, 01 Dec 2021 23:07

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Harga Minyak Goreng Kian Melambung, Politisi PKS: Rakyat Berkabung

Rabu, 01 Dec 2021 22:27

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik

Rabu, 01 Dec 2021 19:26


MUI

Must Read!
X