Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.437 views

Berlian Sudirman, Pahlawan atau Justru Proklamasi?

Oleh: Engkus Munarman*

10 Desember silam terbetik berita, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melaporkan berlian yang diterimanya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tidak tanggung-tanggung, barang yang diduga gratifikasi itu nilainya mencapai Rp4 miliar. Atas ‘prestasinya’ itu,  Sudirman Said menyabet rekor sebagai pelapor gratifikasi kepada KPK dengan nilai tertinggi.

Keruan saja berita ini dianggap mendongkrak citra Sudirman Said. Publik disuguhi cerita sosok menteri yang ‘tidak doyan duit’ dan ‘anti sogokan’. Hiruk-pikuk berlian Rp4 miliar ini bagai mengubur ‘skandal’ suratnya tertanggal 7 Oktober 2015 kepada petinggi PT Freeport. Dalam surat itu dia mengisyaratkan jaminan perpanjangan kontrak karya. Padahal, dengan surat itu, sangat patut diduga Sudirman Said telah melanggar UU Minerba dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga atas PP No 23/2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Pemerintah telah meyakinkan PTFI, bahwa pemerintah akan menyetujui perpanjangan operasi paska 2021, termasuk kepastian hukum dan fiskal yang terdapat pada Kontrak Karya. Kami menyambut baik kelanjutan investasi Freeport di Papua yang akan meningkatkan perekonomian lokal dan nasional,” ujar Sudirman dalam suratnya kepada petinggi Freepost, seperti dimuat dalam siaran pers resmi yang bisa diklik di http://esdm.go.id/siaran-pers/55-siaran-pers/7770-pt-freeport-indonesia-dan-pemerintah-indonesia-menyepakati-kelanjutan-operasi-komplek-pertambangan-grasberg-pasca-2021.html, Jumat (9/10).

Kembali ke soal berlian tadi, apakah penyerahan berlian ke KPK itu telah melahirkan ‘pahlawan’ antikorupsi baru? Apalagi momentumnya memang dianggap pas. Penyerahan gratifikasi itu hanya sehari setelah peringatan hari antikorupsi yang jatuh tiap 9 Desember.

Tapi sampai di sini cerita tampaknya belum (bisa) berakhir. Masih ada sisa yang belum tuntas. Paling sedikit, sejauh ini Sudirman Said masih emoh membuka siapa pemberi gratifikasi. “Masih belum saatnya,” ujarnya kepada wartawan.

Mungkin hanya mantan akuntan itu dan Tuhan yang tahu motivasi sesungguhnya menutup jati diri si penyogok. Namun bagi publik, tentu saja, ini menimbulkan serangkaian pertanyaan. Misalnya, siapa sesungguhnya penyogok itu, kenapa tidak dibuka saja jati dirinya sekalian, kapan mau dibuka, apa yang ditunggu dari penundaan itu, dan lainnya.

Pertanyaan, “apa yang ditunggu dari penundaan itu” menjadi menarik. Mentamsil  cerita detektif, pengumuman yang setengah-setengah, terutama penundaan pengungkapan jati diri pelaku kejahatan, bisa memberi peluang kepada yang bersangkutan melarikan diri. Atau, minimal, berusaha menghilangkan barang bukti dan menyusun alibi.

Pada saat yang sama, penundaan pengungkapan pelaku juga memberi peluang terjadinya ‘kesepakatan’ dengan ‘korban’ (maksudnya, kalau Sudirman Said dalam hal ini dianggap sebagai korban penerima gratifikasi). Nah, peluang inilah yang bisa menjadi bola liar, dengan muara keuntungan salah satu atau kedua belah pihak.

Berliannya itu

Tapi, sudahlah, bukan area kita untuk bersibuk ria dengan motivasi Sudirman Said tidak mengungkap pemberi gratifikasi. Sejatinya ada yang luput dari perhatian publik. Berliannya, itu lho.

Kalau saya bermaksud merayu keponakan saya yang masih taman kanak-kanak (TK) agar mandi, misalnya, maka saya akan menyogok dia dengan permen. Dengan memberi gula-gula, saya berharap dia mau menuruti kemauan saya. Jadi, saya cukup menyogok anak TK itu dengan gula-gula. Beres.

Kalau saya berhubungan dengan pejabat di kantor kelurahan untuk mengurus KTP, maka saya cukup menyogok dengan beberapa lembar puluhan ribu rupiah. Katakanlah, paling banter cuma seratus-dua ratus ribu rupiah. Tuntas.

Nah, apa pertimbangan si penyogok memberi ratusan butir berlian senilai sekitar Rp4 miliar kepada Sudirman Said? Apakah memang ‘tarif’ sogokan ke Menteri ESDM itu memang dalam kisaran miliar?

Tidak gampang menjawab pertanyaan spekulatif dan nakal seperti ini. Bila dianalogikan dengan sogokan kepada anak TK agar mau mandi dan petugas kelurahan terkait KTP tadi, maka angka Rp4 miliar adalah masuk akal. Bahkan melihat penting dan strategisnya jabatan dan wewenang Menteri ESDM, Rp4 milliar adalah jumlah yang ecek-ecek belaka.

Tapi tunggu dulu, besar kecilnya sogokan ternyata tidak selalu berkorelasi dengan tinggi dan strategisnya jabatan seseorang. Masih ingat Gayus Tambunan? Itu lho, pegawai pajak Golongan III-B yang punya duit ratusan miliar (konon, bahkan triliunan) rupiah hasil pat gulipat dengan para pengemplang pajak. Nah, sebagai pegawai rendahan, Gayus bisa meraup jumlah yang amat fantastis.

Sebaliknya, di masa silam,ada juga pejabat penting selevel Menko yang tidak punya tarif sogokan. Padahal, jabatanya sangat mentereng. Menteri Koordinator Perekonomian. Tokoh yang satu ini dikenal tidak doyan sogokan. Dia bahkan sangat  keras dalam hal permufkatan jahat penguasa-pengusaha. Sejak mahasiswa, dia dikenal gigih menyuarakan keharusan negeri ini menerapkan sistem ekonomi konstitusi.  Itulah sebabnya sang Menko dikenal sebagai orang yang berdiri di garda paling depan dalam menentang ekonomi neolib yang berhamba pada pasar.

Kalau bicara soal tarif, barangkali pemberian berupa dasi atau sebatang pulpen kepada Menko ini sudah memadai. Apakah dasi dan pulpen itu gratifikasi? Wah, sulit menjawab. Pasalnya, sebelum KPK hadir, soal-soal seperti ini memang belum ada aturan mainnya.

Pastinya, rekam jejak sang Menko sampai hari ini bersih. Tidak ada secuil pun keputusan dan kebijakannya yang beraroma KKN. Pihak-pihak yang bergerilya atau berjibaku mencari celah permainan kekuasaan yang berujung pada KKN dari tokoh ini, bisa dipastikan akan sia-sia belaka.

Soal sogokan memang multi dimensi. Jumlah dan nilainya tergantung dari banyak faktor. Tentu saja, yang paling dominan adalah skala strategis dan pentingnya jabatan pejabat yang disogok. Tapi, faktor ‘biasanya’ tadi juga tidak bisa diabaikan. Contohnya ya itu tadi, ada pejabat tinggi selevel Menko yang cukup diberi puplen atau dasi. Itu pun statusnya adalah hadiah, bukan gratifikasi.

Jika pada kasus Sudirman Said ini termasuk ‘biasanya’, penyerahan berlian ke KPK tadi malah bisa jadi blunder. Pasalnya, secara langsung maupun tidak, bisa dipandang sebagai proklamasi. Seolah-olah ada teriakan,”... hi guys, saya tarifnya segini, lho....” atau, kalau menggunakan kata ganti orang ketiga, maka bunyinya menjadi, “... halo, tarif dia segitu, lho...”

Jadi, bagaimana dengan berlian yang diterima Sudirman Said? Apakah dengan berlian itu ujug-ujug, sim salabim, dia menjadi pahlawan antikorupsi? Atau, jangan-jangan malah proklamasi...? Ups, bukan nuduh, lho. Cuma sekadar bertanya. [syahid/voa-islam.com]

*) Direktur Eksekutif Pusat Kajian Energi dan Lingkungan (PKEL)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X