Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.145 views

Catatan Pelajaran dari Warga Terkepung Aleppo

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Pertempuran besar yang dilancarkan pejuang oposisi Suriah untuk memecahkan pengepungan kota Aleppo telah berlangsung sejak Ahad (31/7/2016) lalu. Kota Aleppo, kota terbesar Suriah yang pernah menjadi pusat bisnis sebelum perang berlangsung, terbagi menjadi 2 bagian antara yang dikuasai oposisi dan rezim teroris Assad.

Luasnya kota ini menjadikan menjadikannya sebagai pertempuran kota terbesar yang pernah dilalui pejuang oposisi dan juga rezim Assad tentunya selama 5 tahun konflik di Suriah.

Di beberapa bagian front Aleppo ada kemajuan yng cukup signifikan yang dicapai oposisi meski di bagian lain pertempuran sengit untuk membebaskan wilayah-wilayah Aleppo dari cengkraman rezim teroris Assad terus berlangsung.

Seorang aktivis dan pengamat perang Suriah, Julian Ropcke, membuat catatan yang dikutip kantor berita Orient News, tentang kondisi warga sipil di lingkungan terkepung Aleppo di tengah pengepungan dan ofensif yang sedang berlangsung, yang menurut pendapatnya masih mampu bertahan ditengah kondisi sulit, demikian pula tidak segan untuk terlibat membantu mujahidin semampu yang mereka bisa dalam pertempuran yang bisa jadi "menentukan" nasib seluruh penduduk di wilayah timur Aleppo yang terkepung total kelak di kemudian hari, baik jika mujahidin memenangkan epik tersebut atau bahkan justru gagal. Berikut penuturannya;

Selama beberapa hari terakhir, saya berbicara dengan banyak orang di kota Aleppo timur, yang dikepung oleh Assad dan sekutunya, terutama Syi'ah Iran dan Komunis Rusia, sejak 7 Juli lalu. Apa yang saya dengar dari mereka dan lihat di video dan gambar-gambar memberi kesan dan memberi saya arti bahwa meskipun semua kesedihan dan kekurangan, orang-orang masih bisa kuat dan terus bersama-sama.

Selain itu, saya yakin bahwa apa yang mereka jalani sekarang dapat menjadi contoh yang terang dan khususnya peringatan bagi kita semua. Poin-poin berikut menunjukkan apa yang bisa kita pelajari dari mereka yang terkepung di Aleppo timur tersebut.

Peduli satu sama lain

Meskipun benar-benar dikepung sejak lebih dari 3 minggu, 250,000-300,000 orang di bagian timur dari Aleppo belum sebegitu menderita sebanyak orang yang bisa bayangkan - terutama ketika kota itu sedang diserang dan banyak dihancurkan oleh serangan udara Assad dan Putin selama lebih dari 5 tahun.

Ketika saya berbicara dengan seorang perawat laki-laki dan bertanya apakah orang-orang mulai kelaparan di kota yang terkepung itu, dia mengatakan kepada saya mengapa hal ini tidak terjadi sejauh ini: "Ya, kami lapar", katanya. Namun sejauh ini, orang-orang berbagi apa yang mereka miliki dan memberikan persediaan makanan mereka yang tidak mencukupi kepada orang lain di lingkungan dan komunitas mereka. "Ini menyelamatkan kita dari kelaparan sampai hari ini", katanya.

Pada saat yang sama banyak orang mengeluh di media lokal bahwa beberapa pengusaha kaya yang tidak berbagi persediaan makanan mereka dan tidak akan membuka depot suplai mereka. Pejuang oposisi Suriah melakukan "intervensi" dan menjaga toko-toko roti dan air untuk memastikan orang yang termiskin mendapatkan beberapa perlengkapan untuk menjaga standar hidup minimum mereka.

Sisi kemanusiaan tersisa

Apa yang mengesankan saya juga adalah gambar orang memberi makan anjing liar dan kucing liar. Jika kita melihat kembali ke kampanye kelaparan lain oleh rezim genosida - seperti satu di Leningrad oleh Nazi, Sarajevo oleh rezim Serbia pada saat itu atau bahkan di Madaya Suriah awal tahun ini - kita telah melihat bahwa sebagai upaya terakhir, orang-orang dipaksa bahkan makan hewan peliharaan dan segala sesuatu yang bisa dimakan - bahkan daun-daun pepohonan. Sementara ini mungkin juga bisa terjadi di Aleppo, jika pengepungan terus selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, orang-orang yang dilanda perang di daerah itu sejauh ini membuktikan bahwa sisi kemanusiaan mereka tetap ada, juga terhadap hewan, adalah mungkin - bahkan di bawah kondisi-kondisi mengerikan sekalipun.

Jangan menyerah

Gambar yang paling mencolok selama hari-hari terakhir adalah orang-orang dan anak-anak membakar ban di jalan-jalan Aleppo untuk membuat tabir asap terhadap serangan pesawat-pesawat tempur Rusia dan rezim Assad. Sementara warga sipil - dan bahkan pejuang oposisi - di dalam Aleppo timur tidak mampu meluncurkan serangan apapun untuk memecahkan pengepungan, mereka menunjukkan bahwa mereka masih tidak menyerah dan tidak menyerah kepada rezim genosida yang mencoba untuk membunuh mereka semua. Sebaliknya, mereka menaruh kepercayaan dan harapan mereka - setelah semua mereka ditinggalkan setelah diabaikan oleh dunia selama bertahun-tahun - pada mereka pasukan oposisi Suriah, yang berusaha untuk mematahkan pengepungan Aleppo dari luar - yang kalah jumlah dan persenjataan oleh pasukan rezim dan sekutu mereka di tanah dan di udara.

Tidak bergantung pada "masyarakat internasional"

Hal terakhir yang kita dapat pelajar dari mereka adalah pengakuan murung, terutama bagi saya sebagai orang Jerman pro-Eropa dan pro-aliansi internasional. Ini adalah pengakuan bahwa yang disebut "masyarakat internasional" telah gagal untuk berdiri dengan kewajiban memproklamirkan diri untuk "tidak pernah lagi" memungkinkan genosida seperti yang pernah terjadi di Srebrenica atau Rwanda.

Orang-orang di Aleppo tahu sekarang bahwa mereka tidak bisa mengandalkan siapa pun kecuali diri mereka sendiri. Apa yang kita harus belajar dari situasi di Suriah dan terutama di Aleppo adalah bahwa ini adalah kenyataan pahit.

Dua hari yang lalu, saya berbicara dengan seorang warga Aleppo, yang menyimpulkan seluruh bencana sebagai berikut: "Sejak bulan Maret 2011, rezim dan pemerintah Rusia menewaskan sejumlah warga sipil setiap hari. Dan masyarakat internasional bahkan (tidak melakukan apapun) kecuali kecaman dan pidato.. jadi ... Kami tidak mengharapkan apa-apa dari dunia (Internasional)." (st/JR/Orient)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X