Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.001 views

Demokrasi, Biang Perpecahan dalam Memilih Pemimpin Muslim

Berdasarkan data tahun 2014 prosentase penduduk Jakarta yang beragama Islam sebesar 83% dari total populasi 10 juta jiwa. Sedang sisanya terbagi untuk penganut agama Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu dan juga aliran kepercayaan. (databoks.katadata.co.id, 6 September 2016). Dengan populasi yang demikian, andaikan umat Islam pada Pilgub Jakarta, 15 Februari 2017 lalu memilih Gubernur Muslim maka kekalahan ada di tangan Ahok. Tapi fakta tidak demikian.

Ahok sang penista Al Quran dan didemo oleh sekitar 4 juta muslim masih mampu meraih suara 40% lebih sehingga harus ada Pilgub putaran kedua. Bila kasus Pilgub putaran pertama ini tidak ingin terulang maka umat Islam harus mendulang kemenangan dengan memilih pemimpin yang seaqidah/seiman dengan mereka, bukan malah  memilih pemimpin yang menistakan kitab suci mereka.

Demokrasi Menjauhkan Umat dari Figur Pemimpin dalam Islam

Keberhasilan Ahok menjadi kandidat Calon Gubernur DKI adalah buah dari demokrasi. System demokrasi tidak mensyaratkan Islam sebagai agama bagi calon pemimpin. Bahkan dalam system ini pun tidak mensyaratkan harus laki-laki. Inilah demokrasi yang memberikan ruang kebebasan seluas-luasnya bagi setiap individu atas nama hak asasi manusia.

Konsep halal dan haram pun juga tidak dikenal dalam system ini, sehingga wajar jika dalam setiap moment pemilu praktek suap suara pemilih selalu ada. Segala cara akan ditempuh agar bisa meraih kekuasaan. Lagi-lagi uang memegang peranan vital. Sehingga bisa dikata siapa yang memiliki banyak uang maka ia yang akan menang. Dan ketika menjabat maka akan mencari balikan modal, bukan focus pada amanah jabatan tapi sibuk mengembalikan dana yang telah diinvestasikan dalam pemilu. Na’udzubillah.

Demokrasi yang lahir dari ide sekulerisme ini pula yang telah menjauhkan umat Islam dari pemahaman yang benar akan arti seorang pemimpin bagi mereka. Ide pluralisme yang telah dielu-elukan oleh kalangan liberal telah melekat disebagian kalangan umat Islam. Sehingga mereka tidak lagi berpandangan bahwa Islamlah satu-satunya agama yang benar, meski dirinya mengaku beragama Islam.

Adapun faktor lain yang menjadikan sebagian umat Islam tidak percaya dengan figur pemimpin muslim adalah adanya ulah politikus muslim yang tidak menunjukkan moral dan sikap amanah dalam menjalankan tugas kepemimpinannya. Beberapa skandal korupsi yang menimpa para politisi muslim telah menurunkan indeks kepercayaan rakyat terhadap politisi muslim. Sekali lagi inilah demokrasi, yang bisa membuat orang baik menjadi tidak baik dengan praktik materialismenya. 

...Demokrasi yang lahir dari ide sekulerisme ini pula yang telah menjauhkan umat Islam dari pemahaman yang benar akan arti seorang pemimpin bagi mereka...

Stop Perpecahan Umat: Pilih Pemimpin Muslim dan Terapkan Sistem Khilafah

Wajar jika pecahnya suara umat Islam dalam Pilgub Jakarta putaran pertama ini melahirkan rasa kecewa dan marah diantara umat Islam sendiri. Kekecewaan dan kekesalan itu memunculkan spaduk dibeberapa Masjid di Jakarta bertuliskan “Tidak akan mengurusi jenazah orang yang memilih penista agama”. Hal ini pun langsung mendapat respon dari Menteri Agama Bapak Lukman Hakim S dengan menjelaskan bahwa masjid atau rumah ibadah adalah tempat paling aman bukan tempat pemicu konflik. Kemarahan ini wajar mengingat beberapa kedholiman yang telah Ahok lakukan, sehingga umat Islam yang memilih Ahok dinilai oleh pihak muslim yang kontra Ahok sangat keterlaluan.

Perpecahan ini tidak akan terjadi andaikan seluruh umat Islam mengerti dan memahami agamanya. Alloh swt telah memerintahkan hambanya untuk tidak menjadikan orang kafir sebagai teman kepercayaannya. Alloh Swt berfirman, “Wahai orang-orang beriman, janganlah kalian menjadikan kaum kafir sebagai wali diluar kaum Mukmin” (TQS. An Nisa’: 144). Selain daripada itu keberadaan pemimpin dalam Islam bukanlah masalah yang sepele. Karena pemimpin dalam Islam memiliki dua tugas utama, yaitu menerapkan syariah Islam dan mengurusi urusan rakyat.

Tugas menerapkan syariat Islam ini tidak mungkin akan dilaksanakan oleh pemimpin yang bukan muslim. Sedangkan tugas mengurusi urusan rakyat juga tidak akan terlaksana dengan baik dalam system kapitalistik-materialistik seperti saat ini. Yang terjadi malah pengurusan kepetingan para pemilik modal dan pelayanan yang syarat bisnis dengan rakyatnya sendiri. Inilah demokrasi sekuler yang meletakkan dunia di tangan kanan sedang Tuhan di tangan kiri yang hanya diperlukan sebagai pemanis hasrat kekuasaan dihadapan rakyatnya.

Oleh karena itu sudah saatnya umat Islam menyatukan suara dan langkah untuk memilih pemimpin sesuai kriteria syara (muslim, laki-laki, baligh, berakal, tidak gila, mampu, adil dan bukan budak) dan  menuntut penegakan system Khilafah bukan demokrasi. Khilafah inilah yang akan menyatukan, menyejahterakan dan membawa rahmat bagi seluruh alam dengan penerapan syariah Islam dalam seluruh aspek kehidupannya.

Pemimpin terbaik adalah pemimpin yang taat pada Alloh dan RasulNya serta menerapkan syariah Islam dalam bingkai Kekhilafahan Islam. Nabi saw bersabda, “Pemimpin kalian yang terbaik adalah yang kalian cintai dan dia mencintai kalian, juga yang kalian doakan dan dia mendoakan kalian. Pemimpin kalian yang terburuk adalah yang kalian benci dan dia membenci kalian, juga yang kalian laknat dan dia melaknat kalian” (HR Muslim). Wallahua’lam. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Untuk pembelian tanah program wakaf produktif muallaf Bolaang Mongondow Sulawesi Utara masih dibutuhkan dana 214 juta rupiah. Ayo berwakaf Rp 15.000 per meter, agar harta kekal dan pahala terus...

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Dalam satu desa terdapat 53 muallaf hidup prihatin pra-sejahtera. Hanya dengan 15.000 rupiah kita bisa berwakaf tanah satu meter untuk rumah dan pekerjaan mereka. Total kebutuhan 70 rupiah....

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Anak yatim berprestasi ini selalu jadi juara sejak SD. Sang ayah hilang 9 tahun silam saat berdakwah ke luar kota. Terbelit kesulitan ekonomi, Ayu terbebani tagihan sekolah 8 juta rupiah....

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Yuhendra-Yuliani: Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha, Ayo Bantu!!!

Dalam iman, rumah tangga muallaf ini sangat bahagia. Namun dalam hal ekonomi, pasangan pengamen dan tukang ojek yang memiliki 3 yatim ini sangat dhuafa dan memprihatinkan....

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Ayo Waqaf: Harta Kekal Dibawa Mati, Pahala Terus Mengalir Jadi Investasi Abadi

Wakaf tidak menghabiskan harta, justru mengekalkan harta. Pahalanya terus mengalir tak terbatas usia, manfaatnya dirasakan umat seluas-luasnya dari generasi ke generasi...

Latest News
Yang Tuduh Ulama/Tokoh Islam Radikal dan Lakukan Persekusi Makin Minus Popularitas

Yang Tuduh Ulama/Tokoh Islam Radikal dan Lakukan Persekusi Makin Minus Popularitas

Jum'at, 19 Jan 2018 06:15

Kritik Nazarudin, Politisi Demokrat, Andi Arief

Kritik Nazarudin, Politisi Demokrat, Andi Arief "serang" Fahri Hamzah

Jum'at, 19 Jan 2018 05:15

Ulama Saudi Syaikh Abdul Muhsin Al-Tuwaijiri Meninggal Ditembak Saat Berdakwah di Guienea

Ulama Saudi Syaikh Abdul Muhsin Al-Tuwaijiri Meninggal Ditembak Saat Berdakwah di Guienea

Kamis, 18 Jan 2018 22:36

Gradasi dan Degradasi Filsafat Islam

Gradasi dan Degradasi Filsafat Islam

Kamis, 18 Jan 2018 22:25

Suriah Ancam Tembak Jatuh Jet Tempur Turki Jika Berani Serang Afrin dan Manbij

Suriah Ancam Tembak Jatuh Jet Tempur Turki Jika Berani Serang Afrin dan Manbij

Kamis, 18 Jan 2018 22:05

Pelecahan Seksual terhadap Muslimah di Solo Bagai Teror

Pelecahan Seksual terhadap Muslimah di Solo Bagai Teror

Kamis, 18 Jan 2018 21:56

Janji Jokowi Menata Kampung dan Becak Mulai Ditunaikan Anies-Sandi

Janji Jokowi Menata Kampung dan Becak Mulai Ditunaikan Anies-Sandi

Kamis, 18 Jan 2018 21:34

Jangan Pernah Berpikir bahwa dengan Kriminalisasi Ulama Ghirah Umat Islam Kendur

Jangan Pernah Berpikir bahwa dengan Kriminalisasi Ulama Ghirah Umat Islam Kendur

Kamis, 18 Jan 2018 21:29

Ide Radikal LGBT: Alat Politik Penjajah

Ide Radikal LGBT: Alat Politik Penjajah

Kamis, 18 Jan 2018 21:24

Ulama/Ustaz Diperiksa, Dewan Syuro PBB: Jangan Gentar, Kebatilan Pasti Tumbang

Ulama/Ustaz Diperiksa, Dewan Syuro PBB: Jangan Gentar, Kebatilan Pasti Tumbang

Kamis, 18 Jan 2018 21:03

Usai Diperiksa, Ustadz Zulkifli Diperbolehkan Pulang

Usai Diperiksa, Ustadz Zulkifli Diperbolehkan Pulang

Kamis, 18 Jan 2018 20:58

Militer Israel Keluarkan 1000 Lebih Perintah Penahanan Administratif Selama 2017

Militer Israel Keluarkan 1000 Lebih Perintah Penahanan Administratif Selama 2017

Kamis, 18 Jan 2018 20:45

Militer Filipina Peringatkan Masuknya Jihadis Asing ke Mindanao dengan Menyamar

Militer Filipina Peringatkan Masuknya Jihadis Asing ke Mindanao dengan Menyamar

Kamis, 18 Jan 2018 19:45

Ratusan Umat Islam Kawal Pemeriksaan Ustadz Zulkifli

Ratusan Umat Islam Kawal Pemeriksaan Ustadz Zulkifli

Kamis, 18 Jan 2018 16:45

FOTO: Ini Dia Suasana Dukungan Ustadz Zulkifli Ali sebelum diperiksa BARESKRIM

FOTO: Ini Dia Suasana Dukungan Ustadz Zulkifli Ali sebelum diperiksa BARESKRIM

Kamis, 18 Jan 2018 15:39

Ashraf Ghani Akui Militer Afghanistan Tidak Akan Bertahan Lebih Dari 6 Bulan Tanpa Bantuan AS

Ashraf Ghani Akui Militer Afghanistan Tidak Akan Bertahan Lebih Dari 6 Bulan Tanpa Bantuan AS

Kamis, 18 Jan 2018 15:30

[VIDEO-3] SOLUSI UI: Cerita Eep Dituduh Jatuhkan Jokowi Dengan Video Editan

[VIDEO-3] SOLUSI UI: Cerita Eep Dituduh Jatuhkan Jokowi Dengan Video Editan

Kamis, 18 Jan 2018 15:12

[VIDEO-2] Diskusi SOLUSI UI: Survei Cuma 30%, Perlu Tingkatkan Kualitas Parpol Islam

[VIDEO-2] Diskusi SOLUSI UI: Survei Cuma 30%, Perlu Tingkatkan Kualitas Parpol Islam

Kamis, 18 Jan 2018 15:08

[VIDEO-1] Diskusi SOLUSI UI 2018: Menakar Kekuatan Politik Islam 2018-2019

[VIDEO-1] Diskusi SOLUSI UI 2018: Menakar Kekuatan Politik Islam 2018-2019

Kamis, 18 Jan 2018 15:03

Ulama Kembali Dikriminalisasi, Forjim Ajak Jurnalis Muslim Lawan Diskriminasi Hukum

Ulama Kembali Dikriminalisasi, Forjim Ajak Jurnalis Muslim Lawan Diskriminasi Hukum

Kamis, 18 Jan 2018 14:31


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X