Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.005 views

Hegomoni Barat menimbulkan Ketidaksetaraan Posisi Kata 'Khalifah' dan 'Khilafah'

Oleh: Alfathyah Alkhoiry

“Khilafah” kata yang tak lebih familiar dibandingkan dengan khalifah, seakan menjadi kosakata baru dalam kehidupan saat ini. Padahal kata “khilafah” ini sama pentingnya dengan “Khalifah” dan saling berkaitan erat.

“Khalifah” sudah banyak yang mengenal kata ini karena dipelajari sepintas dari mulai Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi. Terlebih pada sosok-sosok khalifah yang sangat dikagumi seperti Khalifah Umar bin Khattab, Khalifah Abu Bakar Ash-Shidiq, Khalifah Ali bin Abi Thalib. Sosok-sosok yang terkenal lebih dari 14 abad.

Terkenal kisah Umar bin Khattab sebagai Khalifah yang selalu melakukan keliling dimalam hari untuk memastikan bahwa seluruh penduduknya tidak ada yang kelaparan. Maka ketika beliau tahu ada penduduknya yang kelaparan. Beliau rela membawakan sekarung gandum seorang diri sebagai perwujudan akan penembusan amanahnya yang tidak terpenuhi.

Kemampuan pemahaman kaum muslim yang sangat lemah dan jumud menjadikan Kisah Umar bin Khattab ra tersebut dibuat sebatas itu saja tanpa makna mendalam. Hal ini sesuai dengan harapan dan skenario Barat.

Pernahkah berpikir “Umar adalah sosok Khalifah dalam bentuk negara seperti apa?”. Jika tahu bahwa “Umar adalah sosok pemimpin negara yang menerapan sistem Islam” maka kata Sistem Islam dibenak kita akan otomatis menjadi sesuatu yang “cukup tahu, atau itu zaman dulu, atau hal yang mustahil ada kembali sistem Islam, atau cukup nikmati sistem negara seperti ini, bukan jamannya lagi menggunakan sistem Islam cukup jadi orang Islam yang shaleh saja”.

Padahal sistem Islam yang memiliki kata lain yaitu Khilafah. Adalah kepemimpinan umum kaum muslim yang menerapkan seluruh syariat Islam dalam seluruh aspek kehidupan dipimpin oleh seorang khalifah. Secara historis, Khilafah pernah berlangsung selama ± 1400 tahun.

Setelah Rasulullah meninggal bergantilah menjadi Khilafah Islamiyyah yang dipimpin oleh Khalifah Abu Bakar ra hingga Khalifah Abdul Majid. Turki adalah ibu kota terakhir Khilafah sebelum dilenyapkan oleh Mustafa Kemal pada tahun 1924 M. Negara Khilafah adalah Negara Adidaya mampu mengalahkan Barat dari berbagai aspek.

Khilafah adalah sebuah ancaman bagi hegemoni Barat. Salah satunya dalam bidang ekonomi karena khilafah akan mengelola sumber daya alam (miyak, gas, air, laut, tambang, dll) untuk seluruh rakyatnya yang muslim maupun non muslim hingga sulit dikuasai oleh kelompok tertentu.

Kemudian akan menjadi hambatan atas ghazul fikr yang dilakukan dengan “food, fun, fashion, and film” karena Khilafah akan melindungi aqidah dan akal umat. Khilafah menjadi lawan terkuat di garda terdepan atas perebutan tanah Palestina, penganiayaan muslim Rohingya dan Syuriah.

Maka cara yang dilakukan Barat adalah menghapus tanpa bekas dari benak umat mengenai sistem Islam, Khilafah dan segala hal yang berkaitannya. Upaya tersebut berhasil dari mulai ketidaksetaraan posisi antara kata “Khilafah” dan “Khalifah”. Kemudian ketika Khilafah yang berhasil Barat tenggelamkan muncul kembali.

Barat pun berupaya monsterisasi kata tersebut hingga kriminalisasi pengusung ide Khilafah. Sedangkan kata Khalifah pun mengalami penyempitan makna menjadi sekedar pemimpin dalam sebuah keluarga, desa, atau Negara tanpa syarat menerapkan aturan Islam.

Rasulullah saw bersabda “Siapa saja yang mati, sedangkan di lehernya tidak ada baiat (kepada imam/khalifah), maka ia mati jahiliah.” (HR Muslim). Memiliki seorang khalifah adalah sebuah kewajiban. Sebagaimana  “Para imam mazhab (yang empat) telah bersepakat bahwa Imamah (Khilafah) adalah wajib…” (Al-Jaziri, Al-Fiqh ‘ala al-Madzâhib al-Arba’ah, 5/416).

Memperjuangkan kembali khilafah merupakan kewajiban agung. Tegaknya adalah sebuah keniscayaan. “…. Setelah itu akan terulang kembali periode khilafah ‘ala minhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad saw diam.” (HR Ahmad; Shahih).

Wahai kaum muslim berjuanglah utuk memposisikan kata khalifah dan khilafah dengan tepat hingga terwujudnya opini umum dan kesadaran umum akan tegaknya Khilafah Islamiyyah ala manhaj nubuwwah. Wallahu’alam bi ash-shawab. [syahid/voa-islam.com] 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X