Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.930 views

The Principle Thinking Like An Economis

Oleh: Ahmad Ghozi Abdullah

Manusia hingga saat ini hidup dengan berbagai keterbatasan di setiap aspek kehidupan. Sehingga dengan realitas keterbatasan tersebut manusia di tuntut untuk lebih keras lagi berusaha agar mencapai tujuan yang di pilihnya. Tentu setiap manusia diciptakan memiliki keinginan dan kebutuhan yang sifatnya tak terbatas.

Akan tetapi, sangat di sayangkan bahwa sumber daya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut tidak dapat mencukupi hal itu, jika sumber daya terus di ambil tanpa henti, maka hal tersebut akan menimbulkan kelangkaan.

Yang kemudian membuat manusia harus berpikir secara cerdas dan rasional dalam menentukan kebutuhan mana yang seharusnya menjadi prioritas utama. Kombinasi pilihan dan keputusan yang cerdas serta rasional akan menghasilkan sebuah efisiensi sumber daya.

Situasi kelangkaan yang dihadapi oleh masyarakat di seluruh belahan dunia tersebut kemudian mendasari munculnya sebuah disiplin ilmu ekonomi yang membahas secara khusus mengenai berbagai macam metode dan cara untuk memenuhi kebutuhan manusia secara optimal dengan memaksimalkan sumber daya yang ada secara efisien dan rasional. Karena dengan berfikir ekonomis masalah seperti kelangkaan bisa di atasi dengan beberapa sikap dari situasi yang ada.

Sebagai manusia yang berfikir ekonomis, efisiensi adalah hal pertama menjadi pertimbangan dari keputussan yang kita pilih. Efisiensi adalah sifat untuk bertindak dengan minimal biaya, usaha dan pemborosan. Econmists prihatin dengan efisiensi karena mereka prihatin dengan kelangkaan.

Dalam dunia sumber daya yang terbatas, tidak semua keinginan dapat dipenuhi, tetapi lebih efisien, kita bisa jika kita memilih, memiliki barang-barang material yang lebih tanpa bekerja lebih keras atau kita bisa memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai, seni, dan relatonships manusia tanpa menyerah materi barang. Apapun tujuan kita dalam hidup, kita tidak pernah bisa iri efisiensi dalam mengejar mereka.

Dalam masalah kelangkaan, kita selalu menghadapi pertukaran antara satu tujuan dengan tujuan lain. Jika kita menghabiskan belanja makan siang lebih sering, kita mungkin memiliki lebih sedikit untuk dibelanjakan pada makan malam. Jika kita hidup di negeri ini, kita mungkin harus bolak-balik jauh untuk bekerja.

Pada tingkat nasional, jika kita menghabiskan lebih banyak persediaan, program federal lainnya mungkin harus dipotong kembali. Tidak ada akhir untuk seperti pertukaran. Pada pertukaran yang di kenal akrab adalah antara pendidikan dan barang lainnya.

Dalam jangka panjang, mendapatkan pendidikan kolase dapat membantu Anda mencapai standar hidup yang lebih tinggi, namun dalam jangka pendek itu berarti pengorbanan. Anda mungkin harus menghabiskan tabungan Anda, menunda mendapatkan pekerjaan penuh-waktu, dan tinggal di sebuah apartemen sempit bukan rumah.

Pendidikan memerlukan pertukaran tidak hanya bagi individu tetapi juga bagi perekonomian secara keseluruhan. Sumber daya harus diserahkan ke perusahaan, bukan pabrik atau gedung konser. Fakultas dan staf digunakan untuk menghasilkan pendidikan tidak dapat memproduksi barang lain. Dan meskipun siswa akhirnya dapat memberikan kontribusi lebih terhadap perekonomian setelah mereka lulus,tetapi kontribusi mereka kurang saat mereka berada di sekolah.

Dalam berfikir ekonomis yang kedua adalah kita harus memperhatikan Biaya Kesempatan (Biaya Peluang). Biaya adalah konsep kedua pusat cara berfikir ekonomi. Dalam dunia kelangkaan. Sangat jarang untuk mendapatkan sesuatu untuk apa-apa. Biasayanya, kita harus menanggung biaya untuk memperoleh manfaat.

Dalam kepercayaan biasa, orang cenderung menggunakan istilah maka biaya yang agak longgar, ekonomi berbicara tentang apa yang mereka maksud dengan itu. Konsep biaya kunci dalam bidang ekonomi adalah kesempatan biaya-biaya melakukan sesuatu, yang di ukur dari segi nilai kesempatan yang hilang untuk mengejar aktivitas alternatif terbaik dengan waktu yang sama atau sumber daya.

Dalam banyak kasus, biaya kesempatan untuk melakukan sesuatu yang benar diukur dari segi uang. contoh, biaya kesempatan mengahabiskan satu dolar untuk hamburger adalah hilangnya kesempatan untuk menghabiskan dolar sama pada Pizza sebagai gantinya.

Dalam kasus lain, kegiatan yang tidak memiliki biaya, uang memiliki biaya kesempatan penting dalam hal waktu. Misalnya, 1 jam dihabiskan mempelajari ekonomi adalah 1 jam tidak tersedia untuk mempelajari biologi/perancis. Study kasus berikut menggunakan situasi akrab dalam rangka menggambarkan konsep biaya peluang.

Cara berfikir ekonomis yang ketiga adalah kita juga harus memperhatikan keputusan margin. Setiap kali ekonom berbicara tentang margin atau menggunakan kata sifat marjinal, mereka merujuk pada efek membuat sedikit peningkatan atau penurunan dalam beberapa kegiatan ekonomi.

Margin adalah sebuah konsep yang sulit untuk mendefinisikan secara abstrak tapi mudah untuk menggambarkan. Ketika kita berbicara tentang biaya marjinal dari produksi mobil di motor umum, kita menghubungkan dengan biaya tambahan memproduksi mobil yang lebih luar jumlah saat ini sedang diproduksi.

Ketika kita berbicara tentang manfaat marjinal dari pengolahan limbah di suatu daerah aliran sungai tertentu, berarti kita mendapat tambahan manfaat membuat peningkatan kecil dalam upaya pengendalian limbah di sana. Istilah-istilah dan beberapa orang lain menggunakan konsep marjinal akan didefinisikan lebih tepatnya di bab berikutnya. Untuk saat ini, meskipun, salah satu contoh akan memberikan gambaran umum tentang mengapa berpikir dalam hal margin penting.

Cara berfikir ekonomis yang ke empat adalah dengan memperhatikan Biaya Transaksi. Kita melihat bahwa efisiensi ekonomi yang sempurna diperlukan bahwa tidak ada cara untuk membuat satu orang lebih baik tanpa membuat setidaknya satu orang lain dirugikan.

Berikut bahwa di mana pun ada inefisiensi, harus ada kesempatan untuk transaksi yang saling menguntungkan antara dua orang atau lebih. Seperti transaksi meninggalkan setidaknya satu, dan biasanya yang kedua, pihak yang lebih baik tanpa merugikan pihak ketiga.

Peluang untuk transaksi yang saling menguntungkan akan hilang jika hanya efisiensi ekonomi yang sempurna yang dicapai untuk perekonomian secara keseluruhan. Setiap jenis inefisiensi ekonomi sehingga mewakili, dalam arti, ketidaksempurnaan dalam sistem pasar.

Pasar adalah sistem bersama-sama untuk mendapatkan orang untuk melakukan transaksi. Jika ada transaksi yang saling menguntungkan gagal dilakukan, pasar telah gagal melakukan tugasnya dengan sempurna. Ekonom sering mengacu kepada hambatan untuk transaksi yang saling menguntungkan sebagai biaya transaksi.

Dalam arti luas, istilah ini dapat diterapkan pada hampir semua kondisi yang membuat pasar bekerja dengan sempurna. Lebih umum, digunakan salah satu dari biaya yang spesifik yang dapat menghambat pelaksanaan transaksi yang saling menguntungkan.

Contoh yang diberikan untuk menggambarkan konsep efisiensi, biaya kesempatan, dan margin telah menyatakan dengan jelas bahwa berbagai keputusan ekonomi semua memiliki unsur yang sama. Unsur-unsur umum adalah tujuan, kegiatan alternatif, dan kendala. Tujuan ekonomi umumnya terdiri dari memaksimalkan atau meminimalkan sesuatu.

Perusahaan bisnis secara tradisional dianggap memaksimalkan keuntungan. Konsumen mencari kepuasan maksimum kebutuhan mereka diberikan pendapatan mereka yang terbatas. Kedua perusahaan dan konsumen bertindak untuk meminimalkan biaya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Selain memiliki sebuah tujuan, setiap situasi menyerukan pilihan ekonomi memiliki dua atau lebih kegiatan alternatif dengan cara yang tujuannya dapat dikejar. Untuk perusahaan, kegiatan mungkin memproduksi produk alternatif atau menggunakan teknik alternatif untuk menghasilkan produk tertentu. Untuk berbelanja di supermarket, kegiatan alternatif mungkin membeli berbagai jenis makanan. Untuk manager lalu lintas kereta api, kegiatan mungkin memilih cara yang berbeda rute kereta.

Apapun keterangan, tugas dari pembuat keputusan adalah memilih pola kegiatan yang terbaik melayani tujuan di tangan. Akhirnya, di samping tujuan kegiatan dan alternatif, keputusan ekonomi selalu melibatkan kendala.

Kegiatan konsumsi rumah tangga yang dibatasi oleh ukuran anggaran rumah tangga. Kegiatan perusahaan manufaktur yang dibatasi oleh teknologi yang tersedia untuk mengubah input menjadi output. Kendala mewakili unsur kelangkaan selalu hadir dalam kehidupan ekonomi. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Pejabat Hamas: Hubungan Dunia Maya Israel-Arab Akan Jadi Bencana Bagi Timur Tengah

Pejabat Hamas: Hubungan Dunia Maya Israel-Arab Akan Jadi Bencana Bagi Timur Tengah

Kamis, 02 Feb 2023 16:14

MUI: Politik Praktis Enggak Jelek, Kita Tak Bisa Hindari

MUI: Politik Praktis Enggak Jelek, Kita Tak Bisa Hindari

Kamis, 02 Feb 2023 14:35

Ukraina Tenggelamkan Lima Kapal Rusia Yang Membawa Tim Pengintai Dan Sabotase

Ukraina Tenggelamkan Lima Kapal Rusia Yang Membawa Tim Pengintai Dan Sabotase

Kamis, 02 Feb 2023 12:37

Israel Lakukan 700 Serangan Terhadap Warga Palestina Pada Bulan Januari

Israel Lakukan 700 Serangan Terhadap Warga Palestina Pada Bulan Januari

Kamis, 02 Feb 2023 11:45

Dokumen Inggris Ungkap Bush Perintahkan CIA Untuk 'Mengganti' Arafat Selama Intifada Ked

Dokumen Inggris Ungkap Bush Perintahkan CIA Untuk 'Mengganti' Arafat Selama Intifada Ked

Kamis, 02 Feb 2023 10:42

Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Rabu, 01 Feb 2023 16:03

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Rabu, 01 Feb 2023 13:36

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Rabu, 01 Feb 2023 10:25

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 31 Jan 2023 18:00

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

Selasa, 31 Jan 2023 17:13

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Selasa, 31 Jan 2023 15:30

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Selasa, 31 Jan 2023 15:00

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Selasa, 31 Jan 2023 14:46

Adab Saat Menguap

Adab Saat Menguap

Selasa, 31 Jan 2023 13:00

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Selasa, 31 Jan 2023 12:55

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Selasa, 31 Jan 2023 12:05

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

Selasa, 31 Jan 2023 11:00

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

Selasa, 31 Jan 2023 10:05

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Selasa, 31 Jan 2023 09:13

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Senin, 30 Jan 2023 19:43


MUI

Must Read!
X