Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.362 views

Islamophobia, Virus Berbahaya

Sahabat VOA-Islam...

Lagi, untuk kesekian kali, publik dibuat kaget dengan temuan temuan baru. Sebanyak 41 dari 100 masjid di kantor pemerintahan seperti kementerian, lembaga negara dan BUMN sudah dinyatakan positif terindikasi sebagai tempat penyeberan paham radikal.

Temuan tersebut merujuk pada survei yang dilakukan Rumah Kebangsaan dan Dewan Pengawas Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) sepanjang 29 September - 21 Oktober 2017.

Menurut Agus Muhammad selaku Ketua Dewan Pengawas P3M, penilaian ini didasarkan pada konten khotbah Jumat. Diantaranya seperti ujaran kebencian, sikap negatif terhadap agama lain dan pemimpin perempuan/non-muslim, serta sikap positif terhadap Khilafah.

Lebih lanjut disampaikan oleh Direktur Rumah Kebangsaan Erika Widyaningsih, hasil temuan ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi lembaga pemerintah yang bersangkutan untuk segera bersih-bersih. Bukan sekedar reformasi birokrasi, tapi juga rumah ibadah.

Sebenarnya, tindakan semacam ini bukan kali pertama terjadi. Doktrin islamophobia/sikap anti terhadap Islam sudah kerap dijejalkan dengan masifnya pemberitaan berkonotasi negatif terhadap Islam dan segala atributnya. Islam garis keras - aliran sesat hingga teroris adalah label label yang ditempelkan pada sosok yang terindra terlalu religius.

Sebenarnya, gangguan psikologis ini bermula di Eropa pada tahun 80 an karena migrasi besar-besaran warga Timur Tengah sejak berakhirnya perang dunia ll. Kemudian dilanjut dengan serangan WTC 11/9, dimana tragedi tersebut justru menjadi pemicu ketertarikan orang orang Barat terhadap Islam.

Sebagai pengemban sejati kapitalisme, tentu Amerika menganggap fenomena ini sebagai ancaman yang bisa mengusik eksistensi keadigdayaan nya. Itu sebabnya, misi islamophobia digelontorkan.

Namun sayang, seiring berjalannya waktu, penyakit anti islam itu tak hanya menjangkiti orang orang non-muslim, tapi juga merambah pada diri seorang muslim. Kondisi ini tentu sangat berbahaya karena berpotensi sebagai penghalang bangkitnya kesadaran umat akibat ketakutan tak berdasar atas  agamanya sendiri.

Di samping itu, perang saudara akibat sikap saling curiga yang berlebihan terhadap sesama adalah hal yang tidak bisa dihindari. Lihat saja Indonesia! Sudah berapa banyak tindakan dan kebijakan yang dibuat untuk menyudutkan Islam? Tidak perlu berpikir jauh, survei oleh P3M ke sejumlah masjid pemerintah ini sudah cukup untuk membuktikan kronisnya virus ini.

Dalam skala yang lebih luas, dampak Islamophobia juga dirasakan oleh muslim yang tinggal di kawasan kawasan Eropa dan Amerika. Statusnya yang minoritas memaksa mereka tidak bisa berbuat banyak menghadapi diskriminasi dan perlakuan tidak manusiawi. Dan bukan perkara mustahil, tekanan tekanan ini akhirnya bermuara pada kemurtadan.

Oleh karena itu, perlu penyikapan yang tepat untuk menghentikan laju Islamophobia ini. Perang pemikiran antara dua ideologi besar, yakni kapitalisme dan Islam harus segera dimenangkan oleh Islam. Umat dituntut untuk cerdas dalam melakukan serangan balik atas opini buruk yang terlanjur dipropagandakan Barat.

Menjernihkan kembali pemikiran umat tentang kemuliaan Islam, tentang komprehensif nya Islam dalam memberikan solusi atas seluruh problematika, baik itu yang diidap oleh muslim, maupun non muslim. [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Maya, Gresik

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X