Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.382 views

Plin-plan Menentukan Harga Premium?

Oleh: Daaniyah Zahraa (Aktivis Dakwah)

Ketidakseriusan pemerintah dalam mengurussi rakyat tampak jelas lagi terlihat, plin plan dalam memutuskan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Padahal, pemerintah melalui Kementerian ESDM rencananya akan menaikkan harga premium pada (10/10) pukul 18.00 WIB. Namun dibatalkan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan satu jam setelah konferensi pers kenaikan digelar.(detik.com. Kamis, 11 Oktober 2018)

Plin-plan sekali bukan?. Baru saja diputuskan untuk menaikkan harga sekitar 7%, namun satu jam setelahnya dibatalkan. Ternyata, pembatalan ini disebut sebagai pencitraan di hadapan umat, dimana penguasa masih berhasrat untuk melanggengkan kekuasaannya.

Umat kembali ditipu dengan alasan pembatalan pemerintah yang pro rakyat kecil. Harusnya pemerintah memikirkan dengan matang untuk memutuskan apapun, termasuk menentukan harga premium. Dan tentunya secara maksimal dalam mengurus dan melayani rakyat, karena begitulah seharusnya seorang pemimpin.

Lalu bagaimana seharusnya pemimpin yang baik dalam Islam? Bisa kita lihat pada diri Rasulullah sebagaimana firman Allah swt, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (TQS Al-Ahzab: 21)

Maka dalam hal memimpin pun hendaknya melihat Rasulullah yang memiliki 4 karakter agar menjadi pemimpin yang baik.

Seperti karakter pertama, yakni Sidik. Sidik artinya benar. Untuk menjadi pemimpin yang baik haruslah terdapat kebenaran dalam dirinya, dari hatinya, ucapannya juga perbuatannya.

Jika sudah tertanam kebenaran dalam dirinya maka umat akan percaya bahwa yang dilakukan pemipin tersebut benar dalam bertindak, misalnya. Kebenaran tersebut menjadi penghubung dirinya pada Allah swt. Berbeda sekali dengan pemimpin sekarang yang kebanyakan hanya kata-katanya yang manis, namun ucapan dan perbuatannya berseberangan.

Yang kedua, amanah. Amanah artinya dapat dipercaya. Menjadi seorang pemimpin harus memiliki sikap dapat dipercaya, agar apa yang diucapkan dan dilakukan dipercaya akan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Sebagaimana Rasulullah sebelum diangkat menjadi Rasul pun sudah mendapat julukan Al Amin, yang artinya dapat dipercaya. Setiap ucapan dan perbuatan Rasulullah selalu berisi tentang kebenaran dan kejujuran, tidak dilebih-lebihkan ataupun dikurangi.

Rakyat akan senantiasa melihat apakah seorang pemimpin tersebut dapat dipercaya untuk mengurusi umat atau tidak.

Ketiga, Fathonah. Fathonah artinya cerdas. Tentu saja! Seorang permipin harus cerdas. Kecerdasan seorang pemimpin dalam mengurusi rakyat sangat dibutuhkan, dalam hal menyelesaikan permasalahan untuk rakyatnya.

Kita bisa lihat kembali kecerdasan Rasulullah yang tak dapat dipungkiri. Rasulullah mampu menerima dan menyampaikan kembali firman Allah, Al Qur’an yang berjumlah 6.236 ayat serta melanjutkannya dengan ribuan hadits, Masya Allah.

Saat pemimpin tidak memiliki kecerdasan, maka apa yang akan terjadi pada rakyatnya? Bisa jadi semuanya terbengkalai, tidak bisa menyelesaikan sebuah permasalahan dalam skala kecil maupun besar. Ingat bahwa setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.

Dan terakhir adalah Tabligh. Tabligh artinya menyampaikan. Karakter yang keempat ini tidak kalah penting, seorang pemimpin harus menyampaikan apa yang benar ataupun salah kepada rakyatnya. Sekalipun itu menyinggung dirinya atau keluarga terdekatnya, jadi standar dalam menyampaikannya pun haruslah Islam.

Nah, keempat karakter di atas bisa menjadi sebuah gambaran seorang pemimpin yang baik dengan melihat pada diri Rasulullah. Agar seorang pemimpin dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Hanya saja, semuanya memang takkan tercipta jika masih menggunakan sistem sekuler yang memisahkan agama dari kehidupan. Sehingga penguasa tidak menjadikan aturan Islam sebagai tolak ukur kebijakannya. Sehingga wajar jika melahirkan mental penguasa yang kering dari nilai Islam, bahkan mereka mengibiri ajaran Islam itu sendiri. Na'udzubillahi mindzalik.

Maka solusi satu-satunya hanya dengan menggunakan aturan Islam yang haq, yang menjadi rahmat bagi siapapun yang menerapkannya apalagi jika diterapkan dalam lingkup negara. Semuanya akan terjamin sebab berasal dari aturan pencipta manusia. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News

Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X