Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.381 views

Ironi Nasib Guru Honorer di Negeri Ini

Oleh: Amaleea

Tak berlebihan sebetulnya keinginan ribuan guru honerer pada saat mendatangi istana yaitu menanyakan bagaimana kejelasan status kepegawaian mereka. Mereka menginginkan adanya perubahan status dari guru honorer menjadi PNS.

Wajar karena mereka sudah bertahun tahun bahkan berpuluh tahun telah mengabdikan diri untuk pendidikan. Namun tak kunjung ada jaminan atas status meraka. Padahal guru adalah tonggak dalam kemajuan pendidikan sebuah bangsa.

Namun sayang dayung tak bersambut, alih alih ingin mengadukan nasibnya pada sang penguasa, guru honorer  yang datang dari berbagai daerah ini tak ditemui oleh siapapun. 

Bahkan mereka harus sampai bermalam di depan istana. Dengan alas tidur seadanya bahkan tanpa alas tidur mereka bertahan disana hanya untuk bisa bertemu Sang Presiden. Namun sampai pada akhirnya mereka harus pulang sambil gigit jari tak ada satupun yang bersedia menemui mereka.

Deputi IV kantor staf Presiden Eko Sulistyo menyarankan para guru honorer yang hendak bertemu dengan Presiden JokoWidodo untuk mengajukan surat permohonan, menurut dia, cara tersebut lebih efektif ketimbang melakukan aksi unjuk rasa di depan istana (tribun-timur.com), masih menurut beliau, tuntutan para guru honorer yang ingin di angkat menjadi PNS adalah masalah teknis, tidak perlubertemu dengan presiden langsung cukup bertemu menteri terkait.

Pihak istana sejatinya telah mengupayakan agar para guru honorer bisa bertemu menteri terkait. Namun sayang, para menteri terkait yaitu menteri hukum dan HAM, menteri keuangan dan kementrian PAN-RB tak ada yang bisa hadir saat itu.

Alhasil, para guru honorer yang berunjuk rasa hanya ditemui oleh perwakilan setneg dan KSP, namun tentu saja pihak setneg tidak bisa menjanjikaan apa apa karena meraka bukan pengambil keputusan. Sudah dapat ditebak akhirnya para guru honorer pulang tanpa membawa hasil apapun, ironi.

Berbeda dengan Moeldoko kepala staf kepresidenan (KSP) menanggapi unjuk rasa ribuan guru honerer  pada tanggal 31 oktober 2018, beliau mengatakan “bukan enggak mau nerima, sama sama padat semua kemarin ya” (liputan6. News). Masih menurutnya, pemerintah sudah menyiapkan solusi atas persoalan ini yaitu salah satunya adalah pekerja honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

Ya inilah potret kesemerawutan birokrasi di negeri tercinta ini. Coba kita bandingkan dengan kondisi pada saat kekhilafahan, betapa guru memiliki posisi yang sangat penting bahkan penghargaan terhadapnya sangat diperhatikan.

Karena negara menyadari bahwa pendidikan bagi seluruh warga negara adalah tanggung jawabnya. Kualitas bangsa sangat ditentukan oleh kualitas pendidikannya, tak heran jika pada saat islam berjaya jangankan harus berunjuk rasa, para guru lebih disibukkan untuk mencerdaskan bangsa tanpa harus dibuat pusing oleh kesejahteraannya.

Ini bukan sebuah utopis atau angan-angan, namun  ini contoh konkret barangsiapa menggunakan hukum allah dalam segala urusan insyaAllah bukan saja selesainya permasalahan namun keberkahan menyertainya. Walahu’allam. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam