Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.346 views

'Tol Langit'

Oleh: M Rizal Fadillah

Cawapres Ma'ruf Amin menyampaikan "prestasi" Jokowi yang bukan saja membuat tol darat dan tol laut, tetapi juga tol langit. Yang dimaksud tentu jalur bebas hambatan jaringan internet seluruh Indonesia melalui proyek Palapa Ring.

Kontan saja istilah "tol langit" menjadi bahan komentar di medsos ada yang serius ada yang nyinyir ada juga yang lucu lucuan. Yang paling serius adalah klaim proyek jaringan sinyal serat optik "Palapa Ring" sebagai prestasi dan gagasan pemerintahan Jokowi, padahal proyek ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Yang nyinyir mengingatkan bahwa dari mana gerbang mulai masuk jalan tol langit dan langit adalah space yang asasinya memang "tanpa hambatan". Yang lucu lucuan diantaranya tol langit adalah jalan Jokowi menuju "langit" ilahi. Jalan bebas hambatan menuju kematian. Lalu setelah tol langit akan dibuat tol bawah tanah, kuburan!

Internet adalah realitas zaman, jaringan yang luas tentu membangun kesempatan untuk ikut maju ke ruang peradaban. Namun seperti ilmu dan alat lain, media yang menggunakan internet tidak bebas nilai. Bisa memberi manfaat atau merusak.

Sangat tergantung pada siapa yang menggunakan. Internet tell us how to heal and how to kill. Generasi tanpa nilai akan merusak atau dirusak atau dijerat oleh jaringan internet. Karenanya tetap perlu pembinaan dan bimbingan. Bebas dari hambatan nilai (value free) adalah bahaya besar bagi bangsa dan negara.

Jagat raya atau langit "as samawat" itu milik Allah. Ada tujuh lapis langit. Manusia kalau mampu dipersilahkan mengolahnya. Meski diingatkan tingkat kesulitan untuk "menguasainya". Pandangan melihat "langit" semata sebagai materi tidak akan mampu menembus keagungan Allah SWT.

Langit harus dimaknai utuh tidak hanya dimensi materiel, tapi juga sebagai jalan spritual untuk neningkatkan keimanan. Allah lah "dzil ma'arij" yang punya tangga naik ke langit. Shalat itu "mi'rajul mu'minin" naiknya mu'min ke langit. Tol langit adalah pengabdian total kepada Allah tanpa kepentingan "duniawi" yang menghambatnya.

Jabatan Presiden adalah "tol langit" jika jabatan itu ditunaikan sebagai amanah. Membawa rakyat pada kebaikan untuk menjadi manusia yang taat agama serta berkotribusi bagi sesama.

Ambisi ingin jadi Presiden karena kekayaan, kebanggaan, atau jaminan kesejahteraan keturunan adalah hambatan dari pengabdian. Apalagi pakai bumbu bohong dan kepura puraan pasti jadi benturan. Melawan jalan "syari'at" dengan curang, zalim, dusta, menyandera ataupun korupsi adalah jalan tol untuk jatuh meluncur dari langit.

Tak perlu tertalu tinggi bermain-main dengan tol langit baik pemimpin negeri atau kyai jika fakta yang ada adalah semata mengejar kekuasaan dunia. Sebab ada kalanya Allah beri amanat sederhana tapi hendak memuliakan hamba-Nya.

Namun ada pula yang Allah SWT beri jabatan tinggi "setinggi langit" untuk menghinakan dirinya dengan kejatuhan dari ketinggian itu. Naudzu billahi min dzalik.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X