Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.890 views

People Power Konstitusional

Oleh: M Rizal Fadillah

Sebagaimana diketahui people power terbagi dua inkonstitusional dan konstitusional. Yang inkonstitusional bolehlah disebut makar. Nah people power konstitusional tentu absah secara hukum dan menjadi real power dalam politik.

Rakyat cerdas tentu akan mengambil langkah konstitusional dalam menyampaikan pandangan atau kritiknya. Dalam kaitan Pemilu kini yang betul betul menjadi sorotan masyarakat atau rakyat, maka persoalan aspirasi ini tak bisa begitu saja diabaikan. Kekecewaaan atas pengabaian akan menyebabkan terjadinya  gumpalan dalam gelombang people power konstitusional. 

Pertama, soft people power. Ini adalah aksi-aksi publik yang ditujukan pada penyelenggara Pemilu. Demonstrasi atau aksi yang mungkin ditujukan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atau kepada Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU).

Langkah efektif dini tentu adalah desakan agar BAWASLU Pusat khususnya, Daerah pada umumnya, melakukan tindak lanjut atas pengaduan, temuan, atau informasi adanya kesalahan yang terjadi. Apakah masuk kualifikasi kecurangan atau tidak. Kecurangan tersebut terstruktur, sistematis, dan masif atau tidak. Kualifikasi ditetapkan setelah melakukan pemeriksaan seksama. Transparansi proses dan langkah BAWASLU sangat diperlukan. 

Kedua, hard people power. Ini diarahkan pada penanggungjawab proses Pemilu sebagai pelaksanaan asas demokrasi. Pemerintah harus bertanggungjawab. Aksi atau demonstrasi atau penyampaian aspirasi bisa ditujukan kepada lembaga perwakilan rakyat DPR atau MPR. DPR dapat didesak untuk membentuk Pansus atau memanggil komponen Pemerintahan yang berkaitan dengan Pemilu.

MPR, bila sampai pada kategori pertanggungjawaban Presiden. Ini mengingatkan pada aksi Reformasi 1998 dimana MPR didesak untuk memproses dugaan kekeliruan Presiden yang menyebabkan krisis politik dan krisis ekonomi. Ujung proses reformasi ini adalah Presiden mengundurkan diri dan Wakil Presiden menjadi Presiden. 

Baik soft maupun hard people power bergerak dijalur konstitusi. Pemerintah dan aparatnya tak bisa melarang. Yang dapat dilakukan adalah menjaga keamanan agar tidak chaos atau bagian dari "people" yang menyuarakan pandangan dan aspirasinya tidak melakukan tindakan kriminal. 

Semua proses aksi dilakukan prosedural seperti adanya penanggungjawab, pemberitahuan, dan waktu aksi. Melarang aksi atau melarang berkumpul bermusyawarah, seperti kasus larangan Ijtima Ulama III adalah sikap otoriter, anti demokrasi, dan mau menang sendiri. 

Aksi atau demonstrasi dalam skala besar yang disebut people power tentu bisa dicegah jika semua elemen, khususnya penyelenggara pemilu menunjukkan kinerja yang serius, cepat mengoreksi kesalahan, transparan mengenai sumber perangkaan, serta membuang kecurigaan dengan tidak melambat-lambatkan penghitungan.

Prosentase yang bergerak dinamik sesuai input, tidak terkesan menciptakan kondisi yang tetap tak berubah sama sekali. Wajar jika terjadi prasangka. Buktikan kejujuran dan keadilan sebagai asas pokok Pemilu kita. Tak ada hukum manusia dan Tuhan yang dapat dielakkan dari perilaku nekad, menyimpang, dan melempar tanggungjawab. Pemilu menyangkut suara-suara rakyat yang tak bisa dan boleh dimain-mainkan.

Mari kita cegah bersama people power dengan transparansi, kejujuran, dan keadilan. Independen dan berhakim pada hati nurani yang bersih. Atau masa bodoh saja dan siap berhadapan dengan people power. Itu tentu wujud dari sikap yang sangat bodoh. Sangat bodoh. [syahid/voa-islam.com] 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X