Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.061 views

Islam, Niat, dan Keridhoan Allah

SAHABAT muslim-muslimah, sadarkah kita bahwa Islam, sebuah agama yang paripurna, telah mengajarkan kita secara langsung maupun tidak langsung untuk hidup dalam keteraturan. Dalam teori, Islam mengajarkan kedisiplinan memanfaatkan waktu yang akan menjadi salah satu poin penting dalam mengajari manusia tentang keteraturan hidup. Berharganya waktu diajarkan oleh Allah pada hambanya salah satunya dalam surah al-Asr.

Selain itu, keteraturan hidup juga diajarkan Allah melalui “niat” yang setiap harinya meliputi kehidupan manusia mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Di dalam Islam, niat bukan sekedar masalah hati, tapi juga lisan dan perbuatan. Segala perbuatan kita, baik itu perbuatan sehari-hari, maupun ibadah mahdhoh, Allah mengajarkannya untuk dimulai dengan niat. Sholat wajib lima waktu misalnya, dalam sholat wajib 5 waktu ini, kaum muslimin memulainya dengan niat. Meski ada berbeda pendapat terkait dengan apakah niat sholat harus dikeraskan melalui lisan ataukah cukup di hati saja, namun keduanya sama-sama menghadirkan niat di awal sholatnya.

Hal lain yang bisa kita renungkan adalah tidur. Saat hendak tidur, memang tidak ada bacaan “niat” untuk tidur, namun ketika kita berniat tidur, maka Allah ajarkan doa-doa pengantar tidur. Bahkan Allah juga memerintahkan hambaNya untuk berwudhu lalu membersihkan terlebih dahulu tempat tidurnya. Bagi sebagian orang, apalagi jika mata sudah benar-benar mengantuk, “ritual” berwudhu, membersihkan tempat tidur, lalu membaca doa yang tidak sedikit (membaca doa sebelum tidur, surah al-ikhlas, surah an-nas, surah al-falaq, dan ayat kursi) adalah “ritual” yang sulit sekali dilakukan. Sebab mata seolah sudah tidak bisa diajak kompromi. Lebih enak langsung menuju tempat tidur dan segera terlelap.

Seolah menjadi hal yang simpel, remeh, tak perlu direnungkan. Apalah itu, hanya sekedar masalah tidur sesuai aturan Allah atau tidak. Toh jika tidak dilakukan, tidak akan sampai jatuh pada dosa. Ya, mungkin tidak akan sampai jatuh pada dosa, namun berbeda halnya dengan barokah dan ridho Allah.

Sengaja Allah ajarkan ditiap perbuatan, kita butuh niatkan dengan benar. Agar apa-apa yang kita laksanakan berbuah kebaikan dan ridho-Nya. Kita diajarkan kedisiplinan di setiap sendi kehidupan. Niat tidur untuk memberikan hak istirahat pada tubuh karena tubuh pun tidak boleh dizhalimi akan berbeda dengan niat tidur hanya sekedar karena mengantuk.  Kecil kemungkinan seseorang yang sudah meniatkan tidur untuk memberi hak istirahat pada tubuhnya agar ia tidak menzhalimi dirinya sendiri akan memulai tidurnya tidak sesuai dengan aturan yang Allah ajarkan. Karena yang dikejar adalah ridho Allah dan barokahnya setiap aktivitas hidupnya.

Sholat maupun tidur, keduanya masih dalam sekup kehidupan pribadi. Dan ternyata Allah mengajari kita tentang niat benar dalam beraktivitas agar mendapat ridho Nya tidak hanya untuk masalah pribadi semata. Allah juga ajarkan hal itu di masalah kehidupan bermasyarakat. Dalam urusan memimpin  masyarakat misalnya, jika seorang pemimpin telah berniat memimpin suatu negeri untuk mendapatkan ridho Ilahi, ia pasti akan memimpin sesuai dengan aturan yang Allah ajarkan. Namun sebaliknya, jika seorang pemimpin dari awal tidak ada niatan memimpin suatu negeri untuk mendapatkan ridho Nya dan mendapatkan barokahnya kehidupan berupa kesejahteraan rakyatnya, tentu ia tidak akan memilih aturan Allah dalam aktivitas dan kebijakan-kebijakannya.

Rasul pernah mencontohkan pada perang Khondaq. Perang yang persiapannya berada di bulan Ramadhan dan tepat pada masa paceklik. Haus, lapar, kekeringan, dan segala macam yang tidak menyenangkan diri ada di bulan itu. Namun pada bulan itulah kaum muslimin harus menggali parit yang panjang, lebar, dan dalam di tanah penuh bebatuan. Tapi niat ikhlas lillah mengalahkan segala ketidaknyamanan yang mereka peroleh di dunia pada saat itu. Parit pun selesai dalam jangka waktu relatif singkat. Itulah kekuatan niat yang benar, ikhlas karena Allah dalam perbuatan serta mengharap ridhoNya.

Pun demikian yang terjadi di masa paceklik Umar. Umar hanya makan roti kasar beroleskan zaitun dan menolak makanan apapun selainnya sebelum rakyatnya bisa makan enak. Karena Umar telah meniatkan diri untuk menjadi pemimpin yang bisa mensejahterakan rakyatnya demi menggapai ridhoNya.

Berbalik dengan rata-rata yang terjadi pada dunia saat ini. Di saat banyak rakyat belum mendapatkan kesejahteraan, solusi solutif yang berasal dari Allah tidaklah digubris. Selain mendapat ridho Allah, pemimpin yang baik juga akan mendapat ridho rakyatnya. Begitu pula sebaliknya, jika seorang pemimpin tidak sesuai dengan aturan Allah, maka ridho Allah tidak bisa didapat begitu pula dengan ridho rakyatnya.

Beberapa waktu lalu telah viral video bapak-bapak yang memposting dirinya menaiki sebuah pesawat hanya sendirian, tidak ada penumpang lain selain dia. Berbagai komentar netizen pun bermunculan. Tak sedikit dari mereka yang berkomentar terkait dengan kemungkinan yang terjadi itu dikarenakan harga tiket yang beberapa waktu lalu lepas landas terbang ke atas. Hingga kini harganya belum juga mendarat dengan solusi yang tepat.

Jika Rasul bisa memimpin pembangunan parit untuk perang Khondaq dengan waktu yang begitu singkat karena ini menyangkut kehidupan masyarakat, maka begitu pula dengan pemimpin-pemimpin saat ini, seharusnya mereka menyegerakan terselesaikannya seluruh permasalahan rakyat dalam jangka waktu yang cepat agar rakyat tidak berlama-lama dalam ketidaksejahteraan.

Ada niat, ada usaha, ada jalan. Jika seorang manusia berniat untuk mengejar ridho-Nya, melaksanakan segala macam usaha untuk mendapat ridho-Nya, pasti Allah akan menolong. Jika para pemimpin mengharap ridho-Nya, menyelesaikan permasalahan dan memimpin masyarakat sesuai dengan aturanNya, pasti Allah akan memudahkannya dalam mensejahterkan rakyatnya. Hidup berkah, hidup sejahtera dalam kasih sayang Nya.*

Novia

Lingkar Studi Perempuan dan Paradaban

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Dewan Da'wah: Masa Depan Kejayaan Pendidikan Indonesia di Tangan Pesantren

Kamis, 22 Oct 2020 06:53

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

25 Pasukan Keamanan Afghanistan Tewas Dalam Penyergapan Taliban di Provinsi Takar

Rabu, 21 Oct 2020 21:15

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Suriah Tuntut Keringanan Sanksi dan Penarikan Pasukan AS Untuk Pembebasan Tawanan Amerika

Rabu, 21 Oct 2020 21:05

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

Rabu, 21 Oct 2020 19:15

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Pimpinan Ponpes Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Rabu, 21 Oct 2020 19:06

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Turki Akan Kirim Bantuan ke Warga Sipil Azerbaijan Terdampak Pertempuran di Nagorno-Karabakh

Rabu, 21 Oct 2020 18:55

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Dilihat Sebagai Oposisi Terkuat, KAMI Akan Ditekan Terus

Rabu, 21 Oct 2020 17:45

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Hatice Cengiz Gugat Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Rabu, 21 Oct 2020 14:05

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Warga Tolak Pendirian Gereja Jemaat Allah Mojolaban Sukoharjo

Rabu, 21 Oct 2020 09:58

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Indonesia Rekor Utang Terbanyak, DPR: Lewati Batas Aman yang Direkomendasikan IMF

Rabu, 21 Oct 2020 09:29

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Ulama dan Pemimpin Muslim Filipina Kecam Rencana Militer Untuk Mengawasi Madrasah

Selasa, 20 Oct 2020 22:35

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Kemunafikan Eropa: Kata-kata Kosong Untuk Palestina, Senjata Mematikan Untuk Israel

Selasa, 20 Oct 2020 22:15

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Kepala Mossad Sebut Israel dan Arab Saudi Pelihara Hubungan Perdamaian Tidak Resmi

Selasa, 20 Oct 2020 21:15

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

AS Cantumkan Pebisnis Batu Permata Di Australia Dalam Daftar Teroris yang Ditunjuk Global

Selasa, 20 Oct 2020 20:45

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Koalisi Advokat Bersiap Somasi Menteri Kesehatan

Selasa, 20 Oct 2020 19:41

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

PKS: Setahun Jokowi, Semua Ambyar!

Selasa, 20 Oct 2020 17:59

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Satu Tahun Pemerintahan Jokowi, Anis: Kinerja Bidang Ekonomi Belum Memuaskan

Selasa, 20 Oct 2020 17:26

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Hasil Survei: 40% Gen-Z Inginkan Jaringan Stabil

Selasa, 20 Oct 2020 09:33

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Mau Tanya, Video Kawal Jogging dan Helikopter Itu Hoax Apa Tidak?

Selasa, 20 Oct 2020 07:02

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Menteri Toleransi UEA Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Inggris

Senin, 19 Oct 2020 21:43


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X